1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. 7 Manfaat Kuliah Sambil Kerja, Jadi Incaran Perusahaan...
Info Kampus | Info Kerja

7 Manfaat Kuliah Sambil Kerja, Jadi Incaran Perusahaan Gede

435   |   Posted by Fadhol   |   27 October 2020

Yey, akhirnya masuk kampus juga. Kamu juga ngerasa gak, kalau jadi mahasiswa itu seneng banget, ya secara dalam dunia pendidikan hal yang paling dibanggakan adalah ketika sudah menjadi mahasiswa. Rasanya sangat beruntung banget gitu ketika bisa menghantarkan pendidikan sampai ke tingkat akhir.

Ada kebanggaan tersendiri, karena tidak semua orang bisa beruntung ada di posisi itu. Namun, terkadang ada yang kuliah dibiayain orang tua atau keluarga, ada juga dibiayain pemerintah karena prestasi, dan ada yang biaya kuliah sendiri sambil kerja.

Saya pribadi sangat bangga dengan teman-teman di luar sana yang bisa mandiri karena bisa biayain kuliah sambil kerja, begitu juga yang kuliahnya dibantu orang tua, namun tetap mencari pekerjaan sampingan.

Artinya hal itu sedikit bisa membantu meringankan beban orang tua apalagi jika semua anggota keluarga memilih untuk sekolah semua, sementara latar belakang ekonomi keluarga tidak semuanya mampu dalam hal biaya sekolah.

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Ada beberapa manfaat kuliah sambil bekerja yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu memaksimalkan dua kesempatan ini, maka kamu bisa menjadi orang yang memiliki kemampuan lebih.

Hal ini tentu saja meningkatkan kualitas diri anda, sehingga berpotensi diincar oleh perusahaan-perusahaan besar jika sudah menyelesaikan studi. Beberapa manfaat kuliah sambil bekerja itu di antaranya:

1. Lebih pintar mengatur waktu

Kamu menjadi lebih disiplin mengatur waktu dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya, secara kamu harus mengatur jadwal kuliah dan kerja kamu. Kebiasaan ini akan menjadikan kamu lebih pintar dalam mengatur waktu sehingga selalu produktif dan terbiasa untuk tepat waktu.

Baca juga: Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

2. Selangkah lebih maju

Kuliah sekaligus bekerja membuat kamu satu langkah lebih maju. Walaupun masih menjadi mahasiswa tapi kamu sudah memiliki pengalaman di dunia kerja.

Sehingga nantinya saat kamu lulus, kamu tidak lagi jadi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman apa-apa. Kamu akan jadi fresh graduate yang siap kerja dan berkompetisi. Mantapo!

3. Punya jaringan yang luas

Dengan menjalani kegiatan di dua tempat (kantor dan kampus) sekaligus membuat kamu mudah bergaul dengan banyak orang. Tak heran jika kamu memiliki jumlah relasi dan jaringan yang luas. Ini sangat berguna untuk karirmu lho!

Baca juga: Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Wajib Tahu

4. Kemampuan lebih beragam

Kamu terbiasa mengikuti berbagai jenis kegiatan, sehingga kemampuan kamu akan lebih beragam. Seperti kemampuan public speaking dan presentasi, kemampuan bidang profesi yang digeluti, manajemen tim, dan lain sebagainya.

Hal ini belum tentu bisa dikuasai bagi mereka yang hanya fokus berkuliah saja dan belum merasakan dunia kerja.

5. Mengaplikasikan ilmu kuliah langsung ke lingkungan kerja

Untuk kamu yang melanjutkan studi dari D3 menuju S1, lalu, S1 ke S2, dan seterusnya, ilmu yang didapatkan di bangku kuliah secara otomatis bisa diaplikasikan langsung ke dunia kerja. Jadi, kamu pun akan lebih mengerti dan maksimal mempelajarinya.

6. Meningkatkan Kualitas Diri

Jika kamu memilih kuliah sambil bekerja kamu akan menambah kualitas dirimu, seperti menambah wawasanmu menjadi lebih luas, lebih mandiri, dewasa, dan juga memiliki pandangan yang lebih maju kedepan.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

7. Siap diincar Perusahaan-perusahaan Besar

Karir setiap orang tentu bersifat dinamis alias berpindah-pindah mengikuti pengalaman yang peningkatan kemampuan yang ada. Oleh karenanya, salah satu manfaat kuliah sambil bekerja yang satu ini bisa membuat anda berpotensi diincar perusahaan besar.

Alasanya, selain memiliki syarat lulus kuliah (memiliki gelar), perusahaan-perusahaan besar juga mengharapkan kandidat atau calon pekerja sudah memiliki pengalaman di bidang kerja yang dilamar. Sehingga jika kamu berniat untuk pindah kerja namun di bidang yang sama sekaligus sambil bekerja, maka kamu akan lebih berpotensi diterima kerja di berbagai perusahaan setelah lulus kuliah nanti.

Kuliah sambil kerja kaya akan ilmu pengetahuan dan pengalaman apalagi jika dalam kuliahnya mengambil program studi dari pekerjaannya. Di kampus mendapatkan teori, sedangkan ditempat kerja mempraktikkan teori tersebut begitu pun sebaliknya.

Biasanya lembaga yang membutuhkan sumber daya manusia akan lebih tertarik dengan pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja sesuai dengan background pendidikan pelamar. Di situlah nilai tambahannya yang belum tentu bisa didapat oleh pelamar reguler.

Namun hal ini tidak berarti semua mahasiswa yang dibiayain orang tua atau keluarga tidak hebat atau susah dalam mendapatkan pekerjaan. Tidak sama sekali, karena semua itu tetap tergantung dari usaha dan kerja keras masing-masing individu. Tetap semangat sobat maukuliah.

Nah, apakah Kamu sudah memiliki universitas idaman saat ini? Semoga bermanfaat. Kamu bisa cari kampus idamanmu di: maukuliah.id

Untuk mengetahui tips Kerja sambil Kuliah? Memang Bisa? kamu bisa ikuti: maukuliah.id/edufair

edufair

 

Tags tidak ada

Komentar Anda