1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Hindari 3 Kesalahan ini Saat Persiapan Masuk PTN
Info Mahasiswa | Tips & Trik

Hindari 3 Kesalahan ini Saat Persiapan Masuk PTN

Hindari agar tidak gagal masuk PTN
6   |   Posted by Seprila Mayang   |   10 August 2021

Sudahkah kamu tahu? Saat ini ada tiga jalur masuk ke perguruan tinggi, yaitu jalur masuk Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta jalur masuk melalui Mandiri. Bagi calon mahasiswa baru, kamu wajib mengetahui jalur masuk tersebut. 

Meskipun jalur masuk ke perguruan tinggi berbeda, namun sebagai calon mahasiswa kamu harus tetap siap dan mampu menyiapkannya dengan baik ya. Dengan menyiapkan dirimu sebaik mungkin, kamu akan lebih siap dan percaya diri saat masuk ke perguruan tinggi. 

Perlu kamu tahu nih, banyak calon mahasiswa gagal masuk PTN karena kesalahan yang kerap kali dilakukan. So, biar kamu tetap sukses melakukan pendaftaran masuk PTN kamu bisa menghindari 3 hal berikut. 

Baca juga: Gagal Masuk PTN? Kuliah di PTS Aja, Ini 5 Kelebihan PTS dibandingkan PTN

1. Baru belajar UTBK-SBMPTN setelah tak lolos SNMPTN

Karena terlalu yakin dengan hasil SNMPTN, kamu jadi gak belajar dengan materi SBMPTN. Akibatnya, kamu gak siap sama sekali saat menghadapi tes UTBK-SBMPTN. 

Belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapan untuk masuk ke perguruan tinggi. Kesiapan yang kurang akan menghambat kamu lolos masuk ke perguruan tinggi.

2. Belum tahu mau ambil jurusan apa

Sebelum memasuki proses seleksi masuk PTN, kamu wajib mengetahui jurusan yang akan kamu pilih ya. Apalagi buat kamu yang ingin lintas jurusan nih, kamu harus mengetahui jurusan apa yang bisa kamu ambil selama masuk ke perguruan tinggi. Jangan sampai kamu gak tahu harus ambil jurusan apa mendekati pendaftaran. 

3. Salah pilih metode belajar

Setiap orang, proses belajarnya tidaklah sama. Ada orang yang suka belajar dengan mengamati, mendengarkan ada juga yang melakukan belajar dengan cara menulis dan merangkum. 

Namun, ketika mengikuti tes masuk SBMPTN, kamu harus lebih banyak belajar dengan melakukan latihan soal. Semakin banyak latihan soal yang kamu kerjakan, maka semakin banyak pula kamu mendalami materi yang sudah kamu pelajari. Terlebih soal matematika dan TPA, kamu harus belajar lebih mendalam agar semua materi yang ada bisa kamu pahami dengan baik. 

Baca juga: Lima Tips Hadapi Gagal SBMPTN dari Ketua LTMPT

Biar kamu semakin siap masuk ke perguruan tinggi, kamu wajib menghindari 3 hal tersebut ya. Jangan sampai kamu melakukannya dan bikin gagal masuk ke perguruan tinggi idaman kamu. Nah, melalui laman maukuliah.id, kamu bakal lebih siap dalam melakukan persiapan masuk ke perguruan tinggi. Tunggu apalagi, buruan yuk kepoin maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda