1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Mau Masuk ITB? Berikut Adalah Jalur Masuknya
Info Jurusan

Mau Masuk ITB? Berikut Adalah Jalur Masuknya

324   |   Posted by Seprila Mayang   |   04 March 2021

Institut Teknologi Bandung atau biasa lebih dikenal dengan ITB. Merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Gak memungkiri kalau alumni ITB banyak yang sudah sukses berkarya di seluruh negeri, bahkan di luar negeri. 

That’s why, masuk ITB itu gak mudah untuk dilalui. Persaingannya amat sangat ketat. Jadi, sobat Miku butuh effort semaksimal mungkin. 

Nah, untuk membantu sobat Miku biar bisa lolos masuk ITB. Hari ini kita bakal kasih informasi ke kamu seputar jalur masuk ITB. Hm, penasaran ya? Kira-kira di ITB ada jalur apa aja sih? Yuk simak baik-baik jalur masuknya. 

1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seperti perguruan tinggi pada umumnya, jalur SNMPTN merupakan salah satu jalur yang bisa kamu pilih untuk masuk ke ITB. Namun sayang, jalur SNMPTN ini gak bisa diikuti oleh seluruh siswa. Karena setiap sekolah biasanya hanya diberikan jatah dengan kuota maksimal 50% siswa. 

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jika kamu gagal masuk SNMPTN, coba deh kamu pilih jalur yang satu ini. Yaps, jalur SBMPTN adalah salah satu jalur masuk PTN yang bisa diikuti oleh seluruh lulusan SMA hingga alumni dengan maksimal dua tahun kelulusan. 

Bedanya, di jalur masuk ini nih, kamu harus mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Jadi, sobat Miku wajib nyiapin materi dan mental biar bisa lolos masuk ITB. 

3. Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB)

Wah, ternyata di ITB juga ada jalur mandiri lho. Jadi buat sobat Miku yang belum beruntung di kedua jalur sebelumnya, kamu bisa nyobain peruntungan di jalur ini. Jalur masuk yang satu ini, biasanya juga disediakan untuk kelas paralel dan kelas internasional juga lho. 

Tips masuk ITB

Sebenarnya tips yang kamu lakukan sama aja sih dengan masuk perguruan tinggi lain. Bedanya, kalau kamu di ITB kamu harus bener-bener siap dan ready dengan segala tes yang ada. 

Nah, di sini kita juga bakal ngasih tau kamu lho sedikit tips biar bisa lolos ITB. Kuy, simak baik-baik yah.

  1. Belajar secara berkala
  2. Siapkan mental dan fisik
  3. Perhatikan baik-baik jadwal seleksinya.

Itu tadi jalur masuk dan sedikit tips yang bisa kita kasih buat kamu sobat. Semoga apa yang sudah kamu usahakan untuk menggapai mimpi bisa berbuah manis yah. Good luck sobat!

Eits, tapi buat kamu yang masih merasa gundah gulana. Yuk siap-siap pantengin website maukuliah.id. Di sini kamu bakal menemukan referensi seputar masuk perguruan tinggi impianmu.  

Tags tidak ada

Komentar Anda