1. Home
  2. /
  3. Kampus Terbaik
  4. /
  5. Mau Jadi Guru? Ini 7 Universitas Keguruan Terbaik...
Info Kampus | Kampus Terbaik

Mau Jadi Guru? Ini 7 Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

uny kampus
9   |   Posted by M. Fadholi   |   10 September 2021

Hayoo siapa sobat miku yang punya cita-cita menjadi guru? Pasti, saat ini kamu lagi sibuk memilih akan kuliah di perguruan tinggi mana setelah lulus, apalagi belum banyak yang bahas terkait kampus keguruan. Benar gak?

Sebenarnya, di Indonesia sendiri ada banyak kok universitas-universitas terbaik pencetak guru yang berkualitas, baik itu universitas negeri atau swasta.

Di perguruan tinggi ini juga memiliki program studi pendidikan untuk menjadikan mahasiswanya guru yang bermutu. Nah, cocok banget untuk kamu yang bercita-cita menjadi guru dan ingin masuk program studi keguruan, yuk kita lihat daftar universitas keguruan negeri terbaik di Indonesia versi Kemendikbud 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penilaian ini dibagi menjadi beberapa kluster sesuai indikator penilaian yang digunakan. Penilaian yang dilaksanakan Kemendikbud pada tahun ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Hasil klusterisasi tersebut akan digunakan menjadi landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perbaikan terus-menerus yang bertujuan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Baca juga : 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Kamu Siap?

Penyusunan klusterisasi ini memakai empat jenis sumber data. Keempatnya ialah sebagai berikut:

– Data dari Pangkalan Data Dirjen Pendidikan Tinggi (PD Dikti)
– Data yang tidak tercakup di PD Dikti tetapi merupakan hasil penilaian dari unit kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
– Data yang belum tercakup di PD Dikti tetapi dikumpulkan secara terstruktur oleh unit kerja dan sangat relevan dengan klusterisasi perguruan tinggi.
– Data dari eksternal Kemendikbud tetapi sudah mapan dan dapat menggambarkan kualitas perguruan tinggi, yakni data akreditasi, kinerja penelitian, inovasi, data pengabdian masyarakat, dan data publikasi terindeks Scopus
– Kemendikbud memberlakukan empat indikator penilaian, yakni Input, Proses, Output, dan Outcome. Masing-masing indikator ini terdiri atas sejumlah kriteria penilaian.

Input

Indikator Input meliputi persentase dosen berpendidikan doktor (S3), persentase dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di industri.

Proses

Indikator proses meliputi akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi (BAN-PT), akreditasi program studi BAN-PT, pembelajaran daring, kerja sama perguruan tinggi, kelengkapan laporan PD Dikti, jumlah program studi yang bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

Output

Indikator Output meliputi jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian, kinerja kemahasiswaan dan jumlah program studi yang terakreditasi atau bersertifikasi internasional.

Outcome

Sedangkan indikator Outcome terdiri atas kinerja inovasi, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Baca juga : 100 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021

7 Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
2. Universitas Negeri Malang (UM)
3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
5. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
7. Universitas Negeri Makassar (UNM)

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menempati peringkat pertama dalam daftar Universitas berbasis Keguruan terbaik di Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta baiasa dikenal dengan UNY, merupakan salah satu universitas favorit di daerah Yogyakarta. Wajar saja sih, Universitas ini mempunyai 9 fakultas dan 102 program studi. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNY telah ditetapkan sebagai universitas dengan akreditasi A.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan satu dari sekian perguruan tinggi favorit di kota Malang. Universitas Negeri Malang didirikan pada tahun 2008. Universitas ini juga masuk dalam kampus terbaik versi Kemenristekdiki dan memiliki 8 fakultas dan 108 program studi. UM juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang lebih dikenal UPI adalah kampus berbasis keguruan yang berlokasi di Kota Bandung, kampus ini menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi (Jawa Barat dan Banten). UPI sendiri memiliki 8 fakultas dan memiliki program pascasarjana. UPI juga tela mendapat akreditasi A dari BAN-PT

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang atau UNNES terdiri dari 13 fakultas dan 91 program studi. Bahkan, 56 program studi di kampus ini juga sudah terakreditasi A, lho. Keren ya? Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang, sementara kampus lainnya terletak di Ngaliyan, Kelud dan Kemandugan, Tegal, Jawa Tengah.

Baca juga : 10 Kampus Terbaik di Indonesia Berdasarkan Kinerja Penelitian

5. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas yang lebih akrab disebut dengan UNESA ini berdiri pada 19 Desember 1964. Pada awalnya Unesa bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya dan statusnya berubah meningkat menjadi Universitas secara resmi pada 1999. UNESA memiliki 7 fakultas dan 89 program studi. Bahkan sejak tahun 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di UNESA sudah memiliki 4 program studi yang telah melaksanakan program kelas internasional. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNESA telah mendapatkan akreditasi A.

6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Peringkat ke-6 diisi oleh Univeristas Negeri Jakarta (UNJ), berlokasi di ibu kota negara Indonesia, kampus ini terkenal memiliki reputasi yang baik dan menjadi favorit di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dijuluki sebagai kampus pergerakan, sejauh ini UNJ telah memiliki 8 Fakultas dan 58 jurusan. UNJ telah mendapatkan akreditasi Unggul setara A dari Ban-PT.

7. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar disingkat UNM merupakan kampus berbasis Pendidikan terbaik di wilayah Indonesia Timur. UNM adalah universitas yang mempunyai berbagai fasilitas umum yang bisa dibilang sudah cukup lengkap untuk mendukung perkuliahanmu. Beberapa di antaranya antara lain Poliklinik, Auditorium, tempat ibadah, asrama mahasiswa, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, toko, koperasi, dan sebagainya. Universitas ini memiliki 14 fakultas dan 84 program studi dengan akreditasi A.

Selain kampus 7 diatas sebenarnya masih banyak juga kampus negeri dan swasta yang tidak kalah bagus, seperti, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ataupun kampus IKIP yang lain.

Baca juga :  10 Kampus Terbaik di Indonesia 2021 Versi QS WUR

Itulah beberapa kampus keguruan yang terkenal bagus untuk jadi tempat kamu menjadi guru yang hebat. Jadi, kamu mau memilih universitas mana nih untuk menjadi pengajar yang berkualitas?

Oh iya, sebelum memilih, ketahui terlebih dahulu kurikulum dari tiap kampus di atas ya agar kamu tidak salah pilih. Psst, untuk mengetahui informasi detail kampus dan jurusan, kamu juga bisa cek langsung di maukuliah.id, yang siap membantu kamu menemukan kampus keguruan yang cocok.

Tags tidak ada

Komentar Anda