1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. Mau Kuliah Sambil kerja? Begini Tipsnya
Info Kampus | Info Kerja

Mau Kuliah Sambil kerja? Begini Tipsnya

142   |   Posted by Fadhol   |   13 April 2021

Hallo sobat Maukuliah? Apakah kamu lagi persiapan daftar di pendidikan tinggi, namun ekonomi keluarga terbatas? Atau mungkin, orang tuamu mewajibkan untuk mandiri ketika masuk universitas? Tak perlu khawatir; kamu bisa kok, kuliah sambil kerja.

Kuliah sambil bekerja, Meski tidak mudah menjalani hal itu, kelak kamu akan merasakan manfaatnya. Nah, supaya antara kuliah dan pekerjaan tetap seimbang, simak tips-tips berikut ini.

Tips Kuliah Sambil Kerja

1. Kuatkan Mentalmu

Bisa kamu bayangkan, mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, main, berorganisasi, atau bersenang-senang. Sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja.

Saat itulah mentalmu diuji, kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, kamu bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut.

2. Pilih Pekerjaan Freelance, Agar Tak Mengganggu Waktu Kuliah

Tips kedua, pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance. Kamu tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

Baca juga : 7 Manfaat Kuliah Sambil Kerja, Jadi Incaran Perusahaan Gede

3. Jangan Pernah Menunda Tugas Kuliah

Lelah seusai bekerja, sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menunda tugas kuliah. Kalau kamu belum bisa mengerjakannya sepulang kerja, cobalah menuntaskan di pagi hari. Karena kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

4. Manfaatkan Kesempatan Bekerja untuk Mencari Relasi

Manfaatkan semua untuk mencari relasi, karena kamu tidak akan pernah tahu, sosok yang menjadi rekan bisnis di masa depan. Bisa jadi, mereka adalah orang tua murid lesmu, kawan selama di tempat kerja, atau justru klien yang kamu layani. Jadi, selagi ada kesempatan, carilah relasi sebanyak-banyaknya.

5. Bangunlah Hubungan Baik dengan Bosmu

Ini juga penting, walaupun jarang bertemu dengan bosmu, cobalah untuk berkomunikasi. Ceritakan tentang kuliah atau kondisi kamu selama ini. Mungkin, ada sedikit kelonggaran manakala bekerja di sana.

Semisal, tiba-tiba kamu harus terlambat bekerja, bosmu tidak akan marah. Pasalnya, ia bisa memahami hal yang menjadi alasanmu.

Baca juga : Apakah IPK Berpengaruh Dalam Dunia Kerja?

6. Meski Bekerja, Bukan Berarti Kamu Mengabaikan Organisasi

Bagi sebagian mahasiswa yang kuliah sambil kerja, ikut organisasi adalah hal mustahil. Padahal, itu bisa diatasi dengan membagi waktu secara seimbang. Semisal, dari hari Senin sampai Kamis kamu harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut. Mudah, kan?

7. Tetap Jaga Kesehatan, Walaupun Jadwalmu Padat

Saat menjalani kuliah sambil bekerja, kamu mungkin mengalami kelelahan. Itu hal biasa, selagi tidak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan berpikir positif, rajin olahraga, dan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang.

Itulah tips kuliah sambil kerja yang bisa kamu terapkan. Intinya kamu harus mempunyai niat yang kuat, mental yang kuat dan manejeman waktu yang baik, serta menjaga kesehatan kamu. Semoga bermanfaat, ya. Untuk sobat-sobat yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Untuk mengetahui tips Kerja sambil Kuliah? Memang Bisa? kamu bisa ikuti: maukuliah.id/edufair

edufair

 

Tags tidak ada

Komentar Anda