1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. SNBT 2023 Akan Digelar, Harus Siapin Apa Aja...
Info Pendaftaran

SNBT 2023 Akan Digelar, Harus Siapin Apa Aja ya?

Tips SNBT 2023
29   |   Posted by Seprila Mayang   |   20 January 2023

Maukuliah.id– Halo sobat Miku, sudah siap kah mengikuti SNBT 2023?  Meski tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya (dulu SBMPTN, kini SNBT), kalian harus tetap  fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian ya.

Sobat tau gak nih apa itu SNBT? Jadi, SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Tes. SNBT 2023 akan lebih fokus pada pengujian penalaran dan pemecahan masalah.

Lalu sobat tau gak sih apa saja persiapan yang perlu disiapkan SNBT tahun ini? Yuk simak baik-baik penjelasannya, ya!

6 Tips Jitu Siap SNBT 2023

Persiapan SNBT di tahun ini gak bisa dianggap sepele. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar kamu siap mengikuti SNBT 2023.

1. Ketahui Jenis Soal dan Format Ujian

Ketahui jenis soal yang akan diberikan. Gak cuma itu, kamu juga harus mengetahui format ujian yang akan digunakan. Ini akan membantu sobat Miku saat melengkapi seluruh kebutuhan SNBT 2023. 

Selain itu, format dan jenis ujian ini juga akan membantu sobat Miku dalam manajemen waktu saat ujian nanti.

2. Belajar Secara Teratur

Tips berikutnya yaitu buat jadwal belajar agar sobat bisa belajar secara teratur dan efektif. Jadi kamu akan mengeksekusi soal yang kamu kerjakan biar ga buang-buang waktu deh. 

Oh iya, sobat Miku bisa menyusun rencana studi yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, ya. Pastikan bahwa kamu belajar sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Yang paling penting nih, jangan menunda-nunda belajar dan usahakan belajar secara rutin dan teratur. Hal ini akan membuat kamu lebih siap dan percaya diri saat menghadapi ujian.

3. Rajin Mengikuti Try-out

Step ini penting banget untuk mengukur pemahaman sobat tentang SNBT 2023. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengerjakan soal-soal try out. Nah, try out ini bisa mengasah kemampuan kamu dalam mengerjakan berbagai jenis soal. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri saat mengerjakan soal tersebut. Dengan sering mengikuti try out tersebut, maka diharapkan  sobat  akan lebih siap dan percaya diri saat mengikuti tes SNBT nanti.

4. Kumpulkan bahan referensi materi Tes SNBT

Nah, step selanjutnya yaitu mengumpulkan referensi terkait materi SNBT yang diuji. Adapun referensi tersebut seperti buku, artikel, atau situs web terpercaya. Ini akan membantu sobat mendapatkan wawasan dan meningkatkan kepercayaan diri sobat dalam menjawab pertanyaan ujian.

5. Review materi

Selanjutnya sobat bisa nih buat review materi. Sobat bisa menggunakan metode deliberate practice. Sobat tau ga nih seperti apa metode deliberate practice? Singkatnya deliberate practice merupakan metode belajar dengan menekankan materi secara terus menerus. Contohnya, ketika sobat menerapkan metode ini saat melakukan persiapan SNBT dengan cara yang bena maka sobat akan lebih mudah menguasai konsep SNBT. Sehingga kamu gak bakal kesulitan dalam mengerjakan soal soal SNBT nantinya.

6. Evaluasi Kelemahan

Tips yang terakhir yaitu evaluasi kelemahan. Setelah sobat mengikuti try out pasti sobat tau materi apa yang menjadi kelemahan sobat . Dari situ, sobat bisa melakukan identifikasi materi yang membuat skor turun. 

Jika sudah mengetahui kelemahan tersebut, kamu bisa pelajari kembali materi tersebut sampai sobat menguasai materi tersebut. Namun, apabila dirasa kurang bisa, ada baiknya tidak kamu kerjakan saat ujian berlangsung. 

Jadi, itu tadi tips yang bisa kamu lakukan sobat. Gimana nih? Udah siap belum ikut SNBT 2023? Untuk mendapatkan informasi lain terkait SNBT 2023, langsung aja cek di maukuliah.id

Ditulis oleh:  Salsabilla Tri Andini

Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda