logo

S1 - Hukum tata negara

Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Hukum tata negara di Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

Bidang studi HTN berfokus pada pembelajaran hal ihwal pranata hukum kenagaraan yang merujuk kepada sumber dari segala sumber hukum yaitu undang-undang dasar. Bidang studi HTN menawarkan mata kuliah-mata kuliah yang terkait dengan hukum kenegaraan atau constitutional law yaitu antara lain asas-asas hukum tata negara, lembaga-lembaga negara di Indonesia, lembaga kepresidenan, lembaga perwakilan rakyat, kekuasaan kehakiman dalam perspektif hukum tata negara, peradilan konstitusi, pemilihan umum, negara dalam perspektif hukum islam, dan lainnya.

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Sosial, Hukum dan Politik
Ilmu Politik
Ilmu Politik adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari sistem politik, kebijakan publik, proses pengambilan keputusan politik, serta berbagai fenomena politik di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional. Ilmu Politik mempelajari cara-cara di mana kekuasaan didistribusikan dan dilakukan dalam masyarakat, termasuk struktur politik, partisipasi politik, ideologi politik, dan interaksi antara individu, kelompok, dan lembaga politik. Ilmu Politik melibatkan analisis mendalam terhadap berbagai aspek politik, termasuk pemilihan umum, sistem pemerintahan, hubungan internasional, kebijakan publik, partai politik, gerakan politik, konflik politik, dan dinamika kekuasaan. Disiplin ini memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kekuasaan dan kebijakan publik memengaruhi masyarakat, serta dampaknya terhadap kehidupan politik dan sosial secara keseluruhan. Beberapa sub-bidang penting dalam Ilmu Politik meliputi politik komparatif, politik internasional, teori politik, studi kebijakan publik, politik identitas, teori demokrasi, politik ekonomi, serta metodologi penelitian politik. Para ahli Ilmu Politik melakukan penelitian, analisis, dan penulisan teoritis untuk memahami dan menjelaskan perilaku politik, dinamika kekuasaan, serta perubahan politik di berbagai tingkatan dan konteks politik. Tujuan utama dari Ilmu Politik adalah untuk memahami prinsip-prinsip dasar politik, mengkaji berbagai sistem politik yang berbeda, dan memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi struktur politik dan pengambilan keputusan dalam masyarakat. Ilmu Politik juga memberikan dasar penting untuk menganalisis tantangan politik kontemporer dan untuk mengembangkan solusi yang efektif terhadap isu-isu politik yang kompleks di tingkat lokal, nasional, dan global.
major
Ilmu Sosial, Hukum dan Politik
Hukum Lingkungan
Jurusan Hukum Lingkungan adalah program studi yang menekankan pada aspek hukum yang terkait dengan perlindungan lingkungan dan keberlanjutan. Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk memahami kerangka hukum yang mengatur masalah lingkungan, konservasi sumber daya alam, perlindungan ekosistem, dan dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan. Mahasiswa yang belajar dalam jurusan Hukum Lingkungan akan mendapatkan pemahaman tentang peraturan lingkungan yang ada, peran lembaga pemerintah dan non-pemerintah dalam perlindungan lingkungan, serta implementasi kebijakan hukum yang terkait dengan isu-isu lingkungan. Mereka juga akan mempelajari masalah hukum global terkait dengan perubahan iklim, keanekaragaman hayati, polusi, serta pengelolaan limbah dan sumber daya alam. Program ini biasanya mencakup studi tentang hukum lingkungan internasional, hukum lingkungan nasional, peraturan perlindungan alam, kebijakan publik terkait dengan lingkungan, penegakan hukum lingkungan, dan advokasi hukum untuk perlindungan lingkungan. Mahasiswa juga dapat terlibat dalam studi kasus dan proyek penelitian yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan kontemporer. Lulusan dari jurusan Hukum Lingkungan sering bekerja sebagai pengacara lingkungan, penasihat kebijakan lingkungan, pejabat pemerintah yang terlibat dalam pembuatan kebijakan lingkungan, konsultan hukum lingkungan, atau ahli hukum yang berfokus pada isu-isu perlindungan lingkungan dan keberlanjutan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang kerangka hukum lingkungan, lulusan ini dapat berkontribusi dalam perlindungan lingkungan secara luas baik di tingkat lokal maupun global.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat