logo

Universitas Gajah Mada

Lokasi Kabupaten Sleman
Jenis Negeri
Akreditasi Unggul

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan, di antaranya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten, yang disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit.

Lihat Lokasi

Kontak Kampus

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Universitas Gajah Mada.

Pengelolaan Hutan

Program studi D4 Pengelolaan Hutan berfokus pada pengetahuan dan keterampilan praktis terkait pengelolaan sumber daya hutan. Mata pelajaran dapat mencakup ekologi hutan, kebijakan lingkungan, reboisasi, pemantauan lingkungan, dan manajemen kehutanan secara umum. Program ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pemahaman mendalam tentang cara berkelanjutan dalam memanfaatkan dan melindungi hutan. Didukung sarana & prasarana termasuk Lab. Konservasi Sumber daya Hutan, Lab. Manajemen Hutan, Lab. Silvikultur Intensif, Lab. Budidaya Hutan, Lab.Teknologi Hasil Hutan, Lab. Komunikasi dan Informasi Kehutanan. Lulusan D4 Pengelolaan Hutan memiliki berbagai peluang karir, termasuk sebagai ahli kehutanan, manajer hutan, konsultan lingkungan, pejabat kebijakan lingkungan, atau peneliti dalam bidang kehutanan.

Lihat Detail

Akuntansi Sektor Publik

Jurusan Akuntansi Sektor Publik sama halnya dengan jurusan akuntansi pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah pada prodi akuntansi sektor publik, cenderung berfokus pada akuntansi sektor publik atau pemerintahan. Pada program D4 (Sarjana Terapan), akan didominasi oleh aktivitas praktik dibanding teori. Melalui program Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik, berorientasi pada persiapan lulusannya terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang unggul. Jika kamu tertarik dengan aktivitas hitung-hitungan serta mengatur keuangan di bidang pemerintahan, maka program studi D4 Akuntansi Sektor Publik bisa menjadi pilihan yang ideal untuk kamu. Pada program ini kamu akan mempelajari tentang keuangan negara, akuntansi, manajemen, perpajakan, dan sebagainya. Beberapa keahlian atau kemampuan yang diperlukan yakni kemampuan mengelola keuangan, analisis laporan, pemecahan masalah, serta akuntansi. Lulusan D4 Akuntansi Sektor Publik dapat berkarir di berbagai sektor seperti Pemerintahan, Kantor Akuntan Publik, BPK RI, dan sebagainya.

Lihat Detail

Teknologi Rekayasa Elektro

Teknologi Rekayasa Elektro merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan berbagai prinsip rekayasa dan penerapan teknologi khususnya di bidang elektronika dan listrik. Beberapa aspek pada bidang ini meliputi perancangan dan pembuatan perangkat elektronik, kendali otomatis, sistem tenaga, komunikasi, hingga pengembangan perangkat lunak untuk aplikasi di bidang elektro.Jika kamu tertarik di bidang rekayasa yang berfokus pada aplikasi elektronika, listrik, dan sistem kontrol, maka progran studi D4 Teknologi Rekayasa Elektro bisa menjadi pilihan yang ideal untuk kamu. Pada program D4 Teknologi Rekayasa Elektro, kamu akan dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi pembangkitan sehingga kamu dapat menguasai penyaluran dan instalansi pemanfaatan energi listrik, pengoperasian dan pengendalian mesin, serta analisis yang dilakukan dengan berbasis praktek. Program ini berlangsung selama 4 tahun dengan mata kuliah yang ditawarkan meliputi Mesin Listrik, Teknik Digital, Teknik Tenaga Listrik, Praktikum, Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Proteksi Tenaga Listrik, Sistem Pembangkit, dan sebagainya. Setelah menyelesaikan program ini, kamu dapat bekerja di berbagai sektor seperti instansi pemerintah (LIPI dan Kementrian ESDM), BUMN, serta Wirausaha di bidang kelistrikan.

Lihat Detail

Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak merupakan suatu didiplin ilmu yang erat kaitannya dengan proses pengembangan perangkat lunak dengan melibatkan perancangan, implementasi, pengujian, pemeliharaan, dan manajemen proyek perangkat lunak. Jika kamu tertarik untuk mendalami dan meningktakan keterampilan mu pada disiplin ilmu Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, maka program D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak bisa menjadi pilihan yang ideal untuk kamu, Pada program sarjana terapan ini, kamu akan mengikuti perkuliahan yang berupa pratek dan teori, namun didominasi oleh perkuliahan teori. Program ini berlangsung selama 4 tahun yakni 8 semester dengan beban studi 145 sks. Beberapa mata kuliah yang memungkinkan untuk kamu tempuh yakni Pengantar Teknologi Informasi, Matematika Teknik dan Diskrit, Aljabar Vektor dan Matriks, Pemrograman Berorientasi Objek, Basis Data, Metode dan Model Pengembangan Perangkat Lunak, Analisis dan Desain Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Manajemen Proyek, Praktikum, dan lain sebagainya. Nah, kurikukulm yang dibangun mendukung sertifiasi di bidang Programming, Darabase Administrastor, dan Android Developer. Jika kamu memilih D4 TRPL UGM, kamu eberkesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke China dan Korea. Seru, kan? Setelah lulus dari program ini kamu dapat berkarir di Instansi Pemerintah, Startup Teknologi, dan Teknopreneur.

Lihat Detail

Teknologi Rekayasa Mesin

Teknologi Rekayasa Mesin merupakan bidang keilmuan dan teknologi yang erat kaitannya dengan aktivitas perancangan, pengembangan, produksi, serta pemeliharaan sistem mesin. Jika kamu tertarik dengan desain mesin, pemilihan material, otomasi, dan aspek lain yang berkaitan dengan teknik mesin, maka program studi Teknologi Rekayasa Mesin merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat memulainya dengan mengambil program D4 Teknologi Rekayasa Mesin. Program D4 Teknologi Rekayasa Mesin bertujuan mempersiapkan dan menghasilkan sarjana terapan teknik mesin yang berkompeten dan menguasai perancangan komponen serta alat mekanikal dengan didukung software yang memiliki standarisasi. Umumnya, mahasiswa program ini akan mempelajari mengenai dasar-dasar rekayasa mesin, desain mesin, manufaktur dan produksi, pemeliharaan sistem, otomasi dan kontrol, dan sebagainya. Sebagai salah satu syarat lulus dari progra D4 Teknologi Rekayasa Mesin kamu dituntut menyelesaikan proyek akhir. Setelah menyelesaikan program ini kamu dapat berkarir dan berperan sebagai Teknisi Rekayasa Mesin, Perancang Mesin, maupun dapat terlibat pada aktivitas yang berkaitan dengan manufaktur dan produksi.

Lihat Detail

Manajemen Informasi Kesehatan

Manajemen Informasi Kesehatan merupakan program studi yang bertujuan mendidik dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang Manajemen Informasi Kesehatan, meliputi klaim asuransi kesehatan, pengelolaan data pasien, sistem informasi kesehatan, kebijakan privasi, dan integrasi teknologi informasi dalam konteks layanan kesehatan. Secara umum, pada program studi D4 Manajemen Informasi Kesehatan akan mempelajari beberapa topik seperti Sistem Informasi Kesehatan, Manajemen Informasi Pasien (mengelola dan melindungi informasi pasien sesuai dengan standar etika dan hukum), K3, Farmakologi, Epidemiologi, Sistem Pembiayaan Kesehatan, Audit Rekam Medis, dan sebagainya. Mengingat program ini merupakan program Diploma IV, maka kurikulum penbelajaran didominasi oleh aktivitas praktek sebesar 60% dan teori 40%. NaSehingga mahasiswa program ini nantinya akan mengikuti berbagai praktikum yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Setelah menyelesaikan progam D3 Manajemen Informasi Kesehatan, lulusannya dapat berkarir di berbagai fasilitas layanan kesehatan sebagai Tenaga Rekam Medis, Lembaga Jamsos (BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan), maupun pada perusahaan IT yang bergerak di bidang Kesehatan.

Lihat Detail

Bisnis Perjalanan Wisata

Bisnis Perjalanan Wisata merupakan bidang studi yang berfokus pada aspek manajemen dan operasional industri perjalanan dan pariwisata. Program studi D4 Bisnis Perjalanan Wisata dibentuk dengan tujuan menghasilkan SDM yang profesional dan berkompeten di bidang perjalanan wisata baik dari segi perencanaan, komunikasi, teknologi, pelayanan, maupun kewirausahaannya. Mahasiswa pada prodi ini akan dibekali pengetahuan, softskills, dan hardskills yang dibutuhkan pada masa kini dan masa mendatang di bidang pariwisata. Tersedianya sarana dan prasarana berupa Laboratorium Ticketing dan Tourism Product Development Center diharapkan dapat menjadi penunjang dalam pembelajaran. Adapun mata pelajaran umum yang akan dihadapi mahasiswa meliputi Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Pemasaran Pariwisata, Keuangan Bisnis Perjalanan, E-Tourism dan Teknologi Informasi dalam Pariwisata, Manajemen Operasional Bisnis Pariwisata, serta Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Industri Pariwisata. Kamu juga berkesempatan mengikuti praktikum dan magang. Lulusan Program D4 Bisnis Perjalanan Wisata dapat berkarir sebagai manajer perjalanan, spesialis pemasaran pariwisata, atau administrator destinasi.

Lihat Detail

Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

Program Studi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi merupakan program sarjana terapan yang dibentuk dengan tujuan menghasilkan lulusan yang dapat menguasai pengelolaan, preservasi, serta pemanfaatan arsip sebagai suaru sumber informasi dan pengetahuan dalam bentuk arsip digital maupun konvensional. Adapun pengelolaan arsip dan rekaman informasi meliputi kebijakan pengelolaan arsip, teknologi informasi terkait pengelolaan rekaman, standar keamanan informasi, serta aspek hukum dan etika yang terkait dengan pengelolaan informasi. Pada program ini kamu akan menempuh beban studi sebesar 150 sks yang berlangsung selama 4 tahun. Nah, sebagai mahasiswa program D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi dibutuhkan beberapa kemampuan yang membuat kamu berhasil melewati program studi D4 ini, meliputi: 1) Pemahaman Manajemen Informasi. 2) Kemampuan dalam mengelola dan mneggunakan teknologi informasi terkini yang berhubunngan dengan pengelolaan, manajemen, dan rekaman arsip serta informasi. 3) Mampu menyusun dan memelihara arsip. 4) Memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. 5) Kemampuan untuk menganalisis kebutuhan pengguna informasi dan merancang sistem pengelolaan arsip yang sesuai. Lulusan program D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi dapat berkarir di berbagai sektor seperti Lembaga Kearsipan, Sekretariat Negara, dan BUMN.

Lihat Detail

Bahasa Inggris

Program D4 Bahasa Inggris merupakan program perguruan tinggi tingkat Diploma yang berfokus pada pemahaman mendalam di bidang bahasa Inggris dengan keterampilan komunikasi dan pengajaran Bahasa Inggris, khususnya di bidang Public Relations digital guna membangun hubungan internal dan eksternal melalui relasi media, serta aplikasi teknologi dan IT. Pembelajaran dilakukan dengan metode project-based learning. Nah, program ini berlangsung selama 4 tahun atau 8 semester dengan mata kuliah terdiri dari Tata Bahasa Inggris Dasar, Pengantar Komunikasi dan Humas, Bahasa Inggris Lisan, Hubungan Internal dan Eksternal, Membaca Ekstensif, Praktikum, Pemasaran Digital, Humas Digital, dan lainnya. Selama masa studi, mahasiswa diberi kesempatan mengikuti pertukaran pelajar dan magang di berbagai perusahaan Multinasional atau luar negeri. Setelah menyelesaikan program D4 Bahasa Inggris, kamu dapat berkarir di bidang kehumasan pada perusahaan swasta nasional dan internasional, konsultan agensi kehumasan, serta lembaga pemerintah dan kementrian.

Lihat Detail

Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografi merupakan bidang studi yang fokus mempelajari tentang ilmu, teknologi, serta metodologi terapan dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan hardware dan software guna mengelola, menganalisis, serta menyajikan berbagai informasi geografis. Pada program ini mahasiswa akan diajarkan penggunaan berbagai aplikasi sistem informasi geografi lintas bidang seperti Smart City, Analisis Rute dan Logistik, serta Pertanahan dan Tata Ruang. Beberapa mata pelajaran utama yang akan kamu tempuh diantaranya dasar-dasar SIG, analisis ruang, manajemen proyek GIS, pemodelan digital terrain, penginderaan jauh dan interpretasi citra satelit, pengembangan aplikasi SIG, dan sebagainya. Pada progran sarjana terapan Sistem Informasi Geografi, terdiri dari pembelajaran teoritis dan praktek, namun 60% didominasi oleh praktek. Program ini melibatkan praktikum dan proyek lapangan untuk memberikan pengalaman langsung dalam penggunaan teknologi SIG di lapangan. Untuk membantu kamu melewati masa studi ini dan menjadi profesional di bidang SIG maka beberapa kemampuan ini harus kamu miliki seperti mampu mengembangkan aplikasi SIG, memahami pemrograman dan pengembangan web GIS, mampu menganalisis data spasial dan pemodelan data geografis, memahami prinsip manajemen proyek sebagai konteksi SIG, serta ketermapilan lain yang relevan. Setelah menyelesaikan program ini kamu akan memperoleh gelar S.Tr.Geo.yang dapat berkarir sebagai Spesialis SIG, Analis Data Geospasial, dan Konsultan SIG.

Lihat Detail
Halaman 1 dari 3

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat