Dunia Mahasiswa | Info Kuliah | Kuliah Online | Tips & Trik

5 Tips Persiapan Pembelajaran Blended Learning 2021

245   |   Posted by Seprila Mayang   |   23 December 2020

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai izin pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Tahun Akademik 2020/2021 di masa pandemi akhirnya diumumkan. Jadi, pada tahun 2021 pemerintah sudah memberikan wewenang penuh kepada kampus untuk mengadakan pembelajaran secara tatap muka. 

Usut punya usut nih, kampus akan mengadakan metode  blended learning dalam pembelajaran tersebut. Nah, apa sih metode blended learning itu? Blended learning merupakan metode pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran online dan offline. Metode ini mungkin dibilang masih sangat baru, sehingga beberapa mahasiswa masih banyak yang merasa bingung dengan metode yang satu ini. 

Biar gak bingung lagi, yuk kita siapkan 5 tips persiapan pembelajaran blended learning

1. Pelajari materi sebelum diterangkan

Pembelajaran online terkadang terkesan suka bikin mahasiswa menyepelekan materi yang akan diampu. Jangan salah ya guys, meskipun begitu kamu wajib untuk menyiapkan materi yang akan disampaikan.

Terlebih ketika kampusmu sudah menerapkan metode blended learning. Kamu harus memanfaatkan semaksimal mungkin. Terutama saat kamu menghadiri perkuliahan offline. 

Baca juga: Keren! 10 Kampus yang Menerapkan Sistem Blended Learning

2. Biasakan diri dengan teknologi yang tersedia

Metode blended learning selalu lekat dengan teknologi. Sebagai mahasiswa yang baik, kamu harus membiasakan diri dengan teknologi yang digunakan oleh dosenmu. Dengan demikian, kamu akan dengan mudah mengikuti pembelajaran yang ada. 

3. Aktif di kelas

Selama melakukan perkuliahan, alangkah baiknya jika kamu selalu aktif dan inovatif di dalam kelas. Kamu bisa menanyakan materi yang kiranya kurang dipahami. Dengan demikian, kamu akan dengan mudah mendalami materi yang disampaikan oleh dosen.

4. Atur manajemen waktu dengan baik

Belajaran dengan metode blended learning memang tidak sepadat seperti perkuliahan pada biasanya. Ini bisa jadi akan membuatmu terlena melakukan kegiatan lain. Ujung-ujungnya justru kamu lupa jika ada jadwal perkuliahan online.

Untuk mengantisipasinya, coba deh atur manajemen waktu dengan baik. Buat jadwal sesuai dengan jadwal perkuliahan. Sehingga kegiatan lain bisa berjalan tanpa mengganggu jadwal perkuliahan.

Baca juga: Cari Kampus yang Menerapkan Kuliah Online di Maukuliah.id

5. Ulangi materi setelah disampaikan

Pembelajaran dengan metode blended learning memang gak sama seperti perkuliahan tatap muka pada umumnya. Makanya, setelah mengikuti rangkaian perkuliahan ulangi materi yang sudah disampaikan oleh dosenmu. 

Dengan demikian, kamu akan memahami betul tentang materi apa saja yang sudah kamu tempuh. Nanti ketika ujian pun kamu udah gak bingung lagi belajar mengenai materi tersebut. 

Itu tadi 5 tips pembelajaran menggunakan blended learning. Nah, daripada liburan tahun baru gak ngerti mesti ngapain. Makanya, yuk coba aja siapin dirimu buat perkuliahan di tahun depan. Kalau mau tau informasi lebih seputar perkuliahan, langsung aja cek di maukuliah.id. Pertanyaan seputar kampus bakal kamu temukan di sana. 

Tags tidak ada

Komentar Anda