logo

D3 - Operasi Pesawat Udara (OPU)

AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Operasi Pesawat Udara (OPU) di AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

Program studi ini mungkin mencakup pelatihan dalam perencanaan dan pelaksanaan operasi penerbangan. Mahasiswa dapat mempelajari bagaimana mengelola jadwal penerbangan, merencanakan rute, dan memastikan efisiensi operasional. Mahasiswa dapat mempelajari tindakan darurat dan prosedur keselamatan penerbangan. Ini melibatkan pelatihan dalam mengatasi situasi darurat dan memastikan keamanan dan kesejahteraan penumpang serta awak pesawat.

Deskripsi: Program Studi Diploma III Operasi Pesawat Udara merupakan sekolah kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan dengan Total Beban SKS sejumlah 108 SKS yang dibagi atas 41 sebaran mata kuliah. Perkuliahan Program Studi Diploma III Operasi Pesawat Udara ditempuh dengan masa studi 3 Tahun dengan profil lulusan yang memiliki 5 kompetensi sebagai berikut:

  1. Flight Operation Officer;
  2.  Dangerous Goods;
  3. Aviation Security;
  4. Apron Movement Control;
  5. Aircraft Marshalling.

Visi:

Visi Program Studi : Menjadi Program Studi Operasi Pesawat Udara yang unggul, dan profesional, serta berdaya saing tinggi di wilayah Asia Pasifik.

Misi:

Misi Program Studi :

Menyelenggarakan pendidikan Operasi Pesawat Udara yang unggul, dan profesional, serta berdaya saing tinggi di wilayah Asia Pasifik;

Menyelenggarakan penelitian untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada Program Studi Operasi Pesawat Udara;

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat;

Mengembangkan kerjasama dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri;

Meningkatkan tata kelola program studi mandiri, transparan,akuntabel efisien;

Kompetensi:

Kompetensi

  1. Flight Operation Officer;
  2. Dangerous Goods;
  3. Aviation Security;
  4. Apron Movement Control;
  5. Aircraft Marshalling.

Capaian Pembelajaran:

  1. Sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Pengetahuan menguasai konsep teoretis sains alam, matematika terapan secara umum; menguasai konsep teoritis dan terapan operasional penerbangan dalam ilmu Aeronautika; menguasai konsep teoritis dan terapan pengangkutan barang berbahaya sesuai peraturan perundang-undangan di bidang penerbangan nasional dan internasional dengan mendalam; menguasai konsep teoritis dan terapan pemanduan parkir pesawat dengan prinsip dan prosedur baku sesuai dengan ketentuan nasional dan internasional; menguasai konsep teoritis dan terapan pengawasan ketertiban pergerakan orang, pesawat udara, dan kendaraan/peralatan di wilayah apron bandar udara; menguasai pengetahuan teoritis dan factual dalam bidang keamanan bandar udara; menguasai pengetahuan tata Kelola operasi penerbangan pada suatu maskapai penerbangan dan ground handling agent sesuai dengan prosedur operasional baku.
  3. Keterampilan Khusus mampu mengkaji dan menyusun rencana pengoperasian pesawat udara, melepas dan memonitor pesawat udara dalam setiap penerbangan dengan selamat, aman, nyaman, dan efisien. mampu melaksanakan penanganan pengangkutan barang berbahaya dan pengelolaan kargo mulai dari penerimaan, pengemasan, dan pengecekan dokumen terkait barang berbahaya. mampu menerima, menyimpan dan menempatkan barang berbahaya dan kargo sesuai prosedur yang berlaku; mampu menerapkan prosedur pemanduan pemarkiran pesawat udara. mampu menerapkan prosedur pengawasan ketertiban pergerakan orang, pesawat, dan kendaraan/peralatan di wilayah apron bandar udara. mampu melaksanakan prosedur pengamanan terhadap orang dan barang dalam kegiatan penerbangan. mampu berkoordinasi antar unit di bandar udara sesuai dengan prosedur komunikasi penerbangan dengan efektif dan efisien; mampu membuat prosedur baku untuk mengatasi permasalahan operasional dalam meningkatkan kinerja organisasi. mampu melakukan penanganan dalam keadaan darurat dan menuangkan dalam laporan sesuai dengan prosedur operasi baku. mampu merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan aktivitas terkait dengan persiapan operasi penerbangan untuk memastikan kesesuaian dengan peraturan keselamatan penerbangan, kebijakan dan prosedur di dalam perusahaan;

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat