logo

Universitas Haji Sumatera Utara

Lokasi Kota Medan
Jenis Swasta
Akreditasi Baik Sekali
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Setelah diresmikannya Rumah Sakit Haji Medan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1992, yang masa itu ketua umum panitia pembangunan rumah sakit haji medan adalah Raja Inal Siregar (alm), yang juga Gubernur Sumatera Utara pada masa jabatannya,seiring telah dibukanya rumah sakit haji medan para pendiri terutama bapak Raja inal siregar (aml) berkeinginan membuka Sekolah Akademi Keperawatan (AKPER) dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan para perawat (SPK) yang ada di Rumah Sakit Haji Medan pada khususnya dan perawat (SPK) Sumatera Utara pada umumnya.

  Untuk mendirikan suatu sekolah harus mempunyai lembaga yang berbentuk yayasan, sedangkan Rumah Sakit Haji Medan belum berbentuk yayasan namun masih panitia pembangunan. Atas izin dan instruksi Raja Inal Siregar (aml), pada tahun 1994 dibentuklah Yayasan Akademi Perawat Rumah Sakit Haji Medan oleh Notaris Ny. Chairani Bustami, S.H dengan Akte Nomor. 118 Tanggal 28 Juni 1994 tentang YAYASAN AKADEMI PERAWAT RUMAH SAKIT HAJI MEDAN dengan susunan pengurus sebagai berikut:

  Setalah berdirinya Yayasan Akademi Perawat Rumah Sakit Haji Medan dan di bentuknya Akademi Keperawatan Rumah Sakit Haji Medan dengan izin pertama melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan Nomor: HK.00.06.1.1.3056 pada tanggal 19 Juli 1994 yang ditanda tangani oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Drs. Noegroho Imam Santoso, SKM.

  Tahun 2002, Yayasan Akper RS Haji Medan menambah satu program studi yaitu Akademi Kebidanan dengan izin Mendiknas Nomor 179/D/O/2002. Pada tahun 2003. Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa institusi kesehatan harus berada dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), oleh sebab itu pada tahun 2003 Yayasan Akper RS Haji Medan melaksanakan alih bina dari Departemen Kesehatan (DepKes) ke Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
  Yayasan akper RS Haji Medan telah mengelola 2 institusi yang berbeda yaitu, akademi keperawatan dan akademi kebidanan, dimana keduanya berada dibawah Yayasan Akper RS Haji Medan, dan atas konsolidasi yang dilakukan sudah tidak sesuai nama yayasan tersebut. Untuk itu, pada tahun 2005 dilakukan perubahan nama yayasan dari Yayasan Akper RS Haji Medan menjadi Yayasan Pendidikan RS Haji Medan.

  Pesatnya perkembangan pendidikan kesehatan pada masa itu dan banyaknya peminat masyarakat dibidang kesehatan membuat yayasan termotivasi untuk menambah program studi pada bidang kesehatan dengan merubah bentuk dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan dengan Nomor izin SK 252/D/O/2008 yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti dengan menambah 2 program studi baru, dimana terjadi perubahan nama program studi, sebagai berikut :

Akademi Keperawatan menjadi Program Studi D.III.Keperawatan
Akademi Kebidanan menjadi Program Studi D.III.Kebidanan
Sebagai tambahan, Program Studi Ilmu Keperawatan (strata sarjana), dan
Program Studi D.IV Bidan Pendidik

Selanjutnya pada tahun 2013 diterimanya SK profesi Ners dengan Nomor 529/E/O/2013.

  Sesuai dengan Surat Edaran Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.15 Tahun 2017, bahwasanya penamaan program studi D.IV Bidan Pendidik harus diubah menjadi Program studi Sarjana Sains Terapan Kebidanan. Dengan demikian Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara melakukan perubahan nama program Studi D.IV Bidan Pendidik menjadi Program Studi Sarjana Sains Terapan Kebidanan dengan Nomor: 764/KPT/I/2018.

  Sesuai dengan Peraturan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penggabungan dan Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta, maka Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara melakukan penggabungan STIKes Nurliana kepada STIKes RS Haji Medan sekaligus melakukan perubahan bentuk menjadi Universitas dengan nama Universitas Haji Sumatera Utara dengan Nomor 382/M/2020, Tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan di Kota Medan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurliana Medan di Kota Medan menjadi Universitas Haji Sumatera Utama di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara Yang diselenggarakan Oleh Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara.

  Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara menambah 3 program Studi Baru, yaitu; Program Studi Hukum, Manajemen dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dengan demikian Universitas Haji Sumatera Utara mengelola 2 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ekonomi, Sosial dan Pendidikan dengan 10 Program Studi, yaitu :

Program Studi Ilmu Keperawatan (Strata 1)
Program Pendidikan Ners,
Program Studi Sarjana Kebidanan (Strata 1)
Program Studi Farmasi (Strata 1)
Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Strata 1)
Program Studi Hukum (Strata 1)
Program Studi Ekonomi Manajemen (Strata 1)
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (Strata 1)
Program Studi DIII Kebidanan dan
Program Studi DIII Keperawatan.

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Universitas Haji Sumatera Utara.

Keperawatan

Jurusan Keperawatan adalah salah satu program pendidikan tinggi yang mempersiapkan individu untuk menjadi perawat. Perawat adalah profesional kesehatan yang memberikan asuhan langsung kepada pasien dalam berbagai setting, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya. Beberapa program keperawatan juga menawarkan opsi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjutan, seperti spesialisasi dalam bidang tertentu atau memperoleh gelar master atau doktor dalam keperawatan. Lulusan jurusan keperawatan memiliki peluang karir yang luas dan dapat bekerja di berbagai setting kesehatan, termasuk rumah sakit, klinik, puskesmas, industri, dan lembaga pendidikan. Peran perawat sangat penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memberikan dukungan kepada pasien untuk mencapai pemulihan optimal.

Lihat Detail

Kebidanan

Jurusan Kebidanan adalah salah satu disiplin ilmu dalam bidang kesehatan yang fokus pada pemahaman, pencegahan, dan penanganan permasalahan kesehatan reproduksi pada wanita, terutama selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas. Para profesional kebidanan, yang disebut sebagai bidan, memiliki peran penting dalam menyediakan perawatan kesehatan reproduksi dan maternal. Mahasiswa kebidanan juga belajar tentang etika profesi, hak pasien, dan tanggung jawab moral dalam memberikan pelayanan kesehatan. Setelah lulus, lulusan jurusan kebidanan dapat bekerja di berbagai setting, termasuk rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas, maupun praktik swasta. Profesional kebidanan memegang peran penting dalam memastikan kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi selama periode kritis kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan.

Lihat Detail

Artikel

Baca tips dan berita seputar perkuliahan untuk mendukung persiapan kuliahmu

article
WORKSHOP PENYUSUNAN SOAL OSCE PERAWAT DAN BIDAN
Medan, 18/12/2023 | UNHAJNEWS – Kampus UNHAJ Harmonis - Amanah - Jujur - Inovatif. Universitas Haji Sumatera Utara Kampus Terbaik. Workshop Penyusunan dan Review Soal Osce Program Studi Keperawatan dan Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Haji Sumatera Utara. Kegiatan dibuka oleh Rektor UNHAJ Prof. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph.D. Pembahasan mengenai Soal Osce Keperawatan dipandu oleh fasilitaor Yetti Fauziah, S.Kep, Ns, M.Kep dan Pembahasan mengenai Soal Osce Kebidanan dipandu oleh fasilitator Lolita Nugraeny, SST, M.Keb, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Selepas Ishoma peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dari program studi keperawatan dan kebidanan guna membuat soal-soal osce sesuai dengan panduan dan ketentuan dan sekaligus mereview soal dengan diskusi dan tanya jawab. Peserta Workshop berasal dari Universitas Haji Sumatera Utara Medan dan STIKes Flora Medan. Dalam sambutannya Rektor UNHAJ mengucapkan terima kasih atas keikut sertaan STIKes Flora dan mengucapkan terima kasih kepada Seluruh Panitia. "Dengan Workshop ini saya berharap kepada bapak ibu agar pertemuan hari ini bisa menghasilkan soal-soal yang bagus sesuai yang kita harapkan bersama. Semoga acara ini membawa berkah bagi kita semua", Ucap Rektor. Acara dipandu oleh MC Riski Novianti, SST, M.Kes, diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars UNHAJ, Kata Sambutan dari Ketua Pelaksana, Kata Sambutan dan Acara Pembukaan oleh Rektor UNHAJ dan Pembacaan Doa.
Baca Selengkapnya

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat