logo

Institut Desain dan Bisnis Bali

Lokasi Kota Denpasar
Jenis Swasta
Akreditasi Baik
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Rapat kerja kurikulum nasional bidang desain menyimpulkan bahwa terdapat empat hal pokok yang diperlukan lembaga pendidikan tinggi untuk penyiapan tenaga terampil yang siap pakai. Pertama, kurikulum pendidikan yang tepat untuk setiap kualifikasi yang ditargetkan. Dalam hal ini perbandingan prosentase mata kuliah praktek dan teori akan sangat menentukan kualifikasi keahlian lulusannya. Disamping itu juga jenis mata kuliah, jumlah sks, sebaran dan course content nya, juga perlu mendapat perencanaan yang sangat cermat. Kedua, kemampuan sumber daya manusia. Harus ada komposisi yang seimbang antara akademik dan praktik handal. Ketiga, tersedianya fasilitas pendidikan yang cukup yang haruslah mutakhir dalam bidang desain. Keempat, kesempatan untuk mengadakan latihan kerja, workshop, kerja praktek, kunjungan dan lain-lain yang cukup, untuk mendekatkan hubungan lembaga pendidikan sebagai pemasok tenaga kerja dengan lembaga penerima kerja.Berdasarkan sejumlah lulusan perguruan tinggi yang menganggur dan semakin meningkat dari tahun ke tahun, demi mengantisipasi sedini mungkin setiap perubahan yang timbul akibat era globalisasi, usaha IDB Bali di sektor pendidikan dan masa depan yang lebih baik. Maka, IDB Bali berkomitmen untuk menciptakan generasi yang maju dan ahli dalam bidang desain dan bisnis.IDB Bali memiliki pedoman untuk terlaksananya komitmen tersebut:

not-found
Belum ada info Program Studi
Sayang sekali, saat ini belum ada info Program Studi yang tersedia di Institut Desain dan Bisnis Bali.

Bingung memilih jurusan kuliah?

Temukan rekomendasi jurusan yang sesuai
kepribadianmu dengan Tes Minat Bakat.
Mulai Tes Sekarang

Rekomendasi Kampus

Ingin tahu kampus lainnya yang cocok untukmu? Cek rekomendasi kampus lainnya, yuk!

university
Swasta
logo
STKIP Taman Siswa Bima
STKIP Taman Siswa Bima terinspirasi dari pengalaman panjang sang Pendiri (pemilik) Yayasan Drs. H Sudirman yang sejak tahun 1980-2002 mendirikan dan mengelola sekolah-sekolah menengah, termasuk Lembaga-lembaga kursus. Di dukung oleh latar belakang pendidikannya sebagai guru (pengajar) lahirkan tekad dan semangat dengan daya juang tinggi untuk mendirikan dan mengelola perguruan tinggi dan perguruan tinggi tersebut bernama STKIP Taman Siswa Bima. Dengan visi, misi dan rencana strategis (renstra) yang terukur dan dengan dukungan tenaga pengajar / dosen yang telah memiliki jabatan fungsional dan kepangkatan akademik, STKIP Taman Siswa terus membuktikan eksistensinya, hal itu terlihat dari dosen STKIP Taman Siswa yang tengah studi lanjut (S2 dan S3) di perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Saat ini seluruh prodi tersebut telah terdaftar di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal tersebut menandakan bahwa kami telah menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar nasional. Adapun visi misi STKIP Taman Siswa Bima adalah sebagai berikut: Visi : Menghasilkan Sarjana Pendidikan yang BERADAB dengan keunggulan Kewirausahaan yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2029. Misi : 1. Menyelenggarakan tridarma untuk memenuhi tuntutan masyarakat atau pengguna lulusan Pendidikan Tinggi. 2. Menyiapkan Lulusan atau Ilmuwan dibidang Kependidikan yang memiliki kemampuan, keahlian Akademik dan ketrampilan menuju manusia yang beradab dan berdaya saing. 3. Menyelenggarakan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional. 4. Menyelenggarakan penerapan kurikulum kewirausahaan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional. Tujuan : 1. Meningkatkan keunggulan institusi dan program studi dalam peringkat nilai akreditasi dan pengembangan sumber daya manusia yang Beradab. 2. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang profesional, kreatif, inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. 3. Mengembangkan kurikulum pendidikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa yang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 4. Meningkatkan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional 5. Meningatkan kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional dalam pengembangan ipteks dan riset.
university
Swasta
logo
STKIP Agama Hindu Amlapura
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura secara historis tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu swasta di bawah naungan (PGAHN ) yang ada sejak tahun 1968. Pada tahun 1968 ada tiga PGAH Negeri di Indonesia yaitu PGAHN Denpasar, PGAH Singaraja, PGAHN Mataram, dan ada 12 buah PGAH swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Karangasem. Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan, dikeluarkanlah UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam UU RI tersebut diisyaratkan bahwa seorang guru Agama harus berpendidikan tinggi minimal setingkat Diploma 2 (D2) untuk guru-guru SD dan Diploma 3 (D3) untuk guru-guru SLTP. Sejak tahun ajaran 1990-1991, PGAH tidak diperkenankan lagi menerima siswa baru karena akan dialihfungsikan menjadi lembaga pendidikan tinggi. Berdasarkan situasi yang demikian, melalui Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar Yayasan Perguruan Parisada Amlapura pada tahun 1984 mengusulkan, berdirinya lembaga pendidikan Tinggi Hindu yang disebut Akademi Pendidikan Guru Agama Hindu (APGAH), selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Agama Hindu Amlapura, yang disingkat STKIP Agama Hindu Amlapura. Tahun 1986 keluar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 0814/0/1986 tertanggal 19 November 1986.SK Mendikbud tersebut merupakan dasar hukum eksistensi STKIP Agama Hindu Amlapura Jenjang SI. Oleh karena itu, sejak tahun 1986 STKIP Agama Hindu Amlapura hanya mengelola jenjang strata 1 (S1) dengan Progran Studi Pendidikan Agama Hindu, dan tahun 2010 menambah lagi satu Prodi yaitu : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu (Kosentrasi Bahasa Bali). STKIP Agama Hindu Amlapura telah terkareditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1608/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 30 Mei 2017. Pada tahun 2018 ini, STKIP Agama Hindu Amlapura kembali mengembangkan program studi, yakni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 39 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 9 Mei 2018. Sementara itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 37 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Bahasa Inggris pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 2 Mei 2018.
Lihat Kampus Lainnya
Menu
Profil
Riwayat Tes