logo

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Lokasi Kabupaten Sumedang
Jenis Negeri
Akreditasi B
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetisi, berkarakter, dan berkepribadian.

Lihat Lokasi

Kontak Kampus

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Praktik Perpolisian Tata Pamong

Jurusan Praktik Perpolisian Tata Pamong adalah program pendidikan tinggi yang mempersiapkan individu untuk menjadi petugas kepolisian yang berkualitas, terampil, dan berdedikasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Pembelajaran tentang dasar hukum yang mengatur tugas dan tanggung jawab kepolisian, serta pemahaman terhadap peraturan hukum yang berkaitan dengan tugas-tugas kepolisian. Jurusan Praktik Perpolisian Tata Pamong mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi petugas kepolisian yang efektif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Lulusan dari program ini diharapkan memiliki keterampilan investigasi yang baik, kemampuan berkomunikasi yang efektif, serta pengetahuan yang komprehensif tentang hukum dan tata pamong. Mereka dapat mengejar karir di berbagai bidang dalam kepolisian, termasuk patroli jalan raya, investigasi kriminal, unit anti-narkoba, penegakan hukum cyber, dan keamanan publik. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat menjadi agen perubahan positif dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengedepankan pelayanan yang profesional dan bertanggung jawab.

Lihat Detail

Keuangan Daerah

Jurusan Keuangan Daerah adalah program pendidikan tinggi yang fokus pada pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip keuangan dalam konteks pemerintahan daerah, termasuk pengelolaan anggaran, perencanaan keuangan, dan manajemen risiko di tingkat lokal.Pembelajaran tentang konsep dasar keuangan publik, termasuk peraturan, prinsip-prinsip akuntansi, dan kebijakan keuangan yang berlaku di tingkat daerah. Jurusan Keuangan Daerah mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif. Lulusan dari program ini dapat mengejar karir sebagai analis keuangan daerah, manajer anggaran, auditor pemerintah, konsultan keuangan daerah, atau pejabat keuangan daerah. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat berperan dalam meningkatkan tata kelola keuangan yang baik, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat daerah.

Lihat Detail

Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil

Jurusan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola data kependudukan dan catatan sipil suatu negara. Jurusan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir sebagai petugas administrasi kependudukan, pejabat catatan sipil, analis data kependudukan, manajer layanan publik, atau ahli kebijakan di pemerintah pusat, daerah, atau lembaga swadaya masyarakat. Lulusan program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan infrastruktur administrasi publik, meningkatkan kualitas layanan publik, dan memastikan integritas data kependudukan dan catatan sipil.

Lihat Detail

Administrasi Pemerintahan Daerah

Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah adalah program pendidikan tinggi yang menitikberatkan pada pemahaman tentang administrasi, manajemen, dan kebijakan pemerintahan di tingkat daerah atau lokal. Fokus utamanya adalah untuk menghasilkan tenaga kerja yang mampu mengelola sumber daya dan kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien dalam lingkup pemerintahan daerah. Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir sebagai administrator pemerintahan daerah, analis kebijakan publik, manajer proyek pembangunan daerah, konsultan pemerintah daerah, atau peneliti di lembaga riset yang berfokus pada urusan pemerintahan lokal. Lulusan program ini diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, mengelola sumber daya dengan efisien, serta memperkuat tata kelola yang baik dalam konteks pemerintahan daerah.

Lihat Detail

Politik Indonesia Terapan

Jurusan Politik Indonesia Terapan adalah program pendidikan tinggi yang menekankan penerapan konsep politik dalam konteks Indonesia. Fokusnya adalah pada pemahaman tentang dinamika politik, sistem politik, dan proses politik yang terjadi di Indonesia, serta aplikasi konsep politik dalam berbagai bidang praktis. Penerapan konsep komunikasi politik dan analisis media massa dalam konteks politik Indonesia, termasuk peran media dalam membentuk opini publik. Jurusan Politik Indonesia Terapan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di berbagai bidang yang berkaitan dengan politik, seperti kebijakan publik, konsultan politik, analis kebijakan, jurnalis politik, dan advokat hak asasi manusia. Lulusan dari program ini diharapkan dapat memahami kompleksitas politik Indonesia, berkontribusi dalam pembangunan demokrasi, serta mempromosikan prinsip-prinsip keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Lihat Detail

Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Jurusan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan adalah program pendidikan tinggi yang menggabungkan elemen teknologi informasi dengan prinsip-prinsip pemerintahan dan administrasi publik. Pembelajaran tentang sistem informasi, basis data, pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, keamanan informasi, dan teknologi terkini dalam konteks pemerintahan. Jurusan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang dapat mengintegrasikan teknologi informasi dengan operasi pemerintahan, membangun solusi teknologi yang inovatif, dan memimpin transformasi digital di sektor publik. Lulusan dari program ini dapat mengejar karir sebagai analis sistem, pengembang perangkat lunak, administrator jaringan, manajer proyek teknologi, atau konsultan e-government di berbagai instansi pemerintahan, lembaga internasional, atau sektor swasta yang berhubungan dengan layanan publik. Melalui kombinasi keterampilan teknis dan pemahaman yang kuat tentang pemerintahan, lulusan diharapkan dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih efisien, inklusif, dan berbasis teknologi.

Lihat Detail

Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jurusan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat adalah program pendidikan tinggi yang menggabungkan prinsip-prinsip ekonomi dengan penekanan pada pengembangan masyarakat, pembangunan berkelanjutan, dan pemberdayaan komunitas. Pembelajaran tentang teori dan praktik pembangunan ekonomi, analisis pertumbuhan ekonomi, distribusi pendapatan, ketimpangan ekonomi, dan strategi pembangunan berkelanjutan. Jurusan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin dan praktisi dalam bidang pembangunan ekonomi dan sosial. Lulusan dari program ini diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada keadilan sosial. Mereka dapat mengejar karir di lembaga pemerintah, organisasi non-profit, lembaga riset, lembaga pembangunan internasional, perusahaan swasta yang berorientasi pada tanggung jawab sosial, serta sebagai konsultan pembangunan. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat berperan aktif dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Lihat Detail

Studi Kebijakan Publik

Jurusan Studi Kebijakan Publik adalah program pendidikan tinggi yang menawarkan pemahaman mendalam tentang proses pembuatan kebijakan, analisis kebijakan, dan evaluasi kebijakan dalam konteks pemerintahan dan masyarakat. Jurusan Studi Kebijakan Publik mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di berbagai sektor, termasuk pemerintah, lembaga non-profit, organisasi internasional, dan sektor swasta yang terlibat dalam pembuatan dan implementasi kebijakan publik. Lulusan dari program ini dapat mengejar berbagai posisi, seperti analis kebijakan, manajer program publik, konsultan kebijakan, penasihat politik, atau pejabat pemerintah. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat berperan dalam menciptakan perubahan positif, memperbaiki tata kelola pemerintahan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan yang efektif dan responsif.

Lihat Detail

Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang manajemen sumber daya manusia dalam konteks pelayanan publik dan administrasi pemerintahan. Jurusan Manajemen SDM Sektor Publik mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir dalam berbagai fungsi manajemen SDM di sektor publik, termasuk di lembaga pemerintah pusat, daerah, atau lembaga negara lainnya. Lulusan dari program ini dapat mengejar berbagai posisi, seperti manajer SDM, analis kebijakan, konsultan sumber daya manusia, atau pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan SDM. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas organisasi pelayanan publik melalui manajemen sumber daya manusia yang baik dan terarah.

Lihat Detail

Keuangan Publik

Jurusan Keuangan Publik adalah program pendidikan tinggi yang fokus pada pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip keuangan dalam konteks pemerintahan, termasuk pengelolaan anggaran, pembiayaan publik, dan analisis keuangan sektor publik. Jurusan Keuangan Publik mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di berbagai sektor, termasuk pemerintah, lembaga non-profit, lembaga keuangan, dan lembaga internasional yang terlibat dalam manajemen keuangan publik. Lulusan dari program ini dapat mengejar berbagai posisi, seperti analis keuangan publik, manajer keuangan pemerintah, konsultan keuangan publik, atau pejabat keuangan pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan negara. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat membantu memastikan keberlanjutan keuangan pemerintah, mengelola anggaran dengan efisien, dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Lihat Detail
Halaman 1 dari 2

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat