logo

D3 - Administrasi Rumah Sakit

Politeknik Al-Islam Bandung

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Administrasi Rumah Sakit di Politeknik Al-Islam Bandung

Jurusan Administrasi Rumah Sakit adalah program studi yang mengkhususkan diri dalam manajemen dan administrasi yang berkaitan dengan operasi rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan. Program ini menekankan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen administratif rumah sakit. Mahasiswa mempelajari bagaimana mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan aset fisik yang diperlukan untuk menjalankan operasi rumah sakit secara efisien.Jurusan Administrasi Rumah Sakit mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pemimpin efektif dalam mengelola operasi rumah sakit yang kompleks dan menuntut. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang aspek-aspek klinis, kebijakan, dan manajemen yang berkaitan dengan penyediaan layanan kesehatan.

Prodi Administrasi Rumah Sakit Berdiri Sejak Tahun 2001. Sejalan dengan makin meningkatnya tuntutan pelayanan kesehatan yang profesional, baik manajemen maupun pelayanan medis, maka perlu didukung oleh tenaga manajemen menengah yang profesional. Disamping itu sarana kesehatan yang di prediksi memerlukan tenaga lulusan administrasi rumah sakit di Jawa Barat sebanyak 196 Rumah Sakit, 1292 Puskesmas dan 3250 Klinik Kesehatan.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Kesehatan dan Olahraga
Kedokteran
Kedokteran adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit serta cedera pada manusia. Praktik kedokteran melibatkan penggunaan pengetahuan ilmiah dan keterampilan klinis untuk mengobati pasien dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan. Untuk menjadi dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan medis yang meliputi kuliah kedokteran dan program residensi. Pendidikan ini mencakup studi mendalam tentang ilmu dasar seperti anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi, dan mikrobiologi, serta penerapan klinis dari pengetahuan ini. Dokter dilatih untuk mendiagnosis kondisi medis dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi seperti pemeriksaan fisik, tes laboratorium, pencitraan medis, dan prosedur diagnostik lainnya. Mereka kemudian meresepkan perawatan yang tepat, termasuk obat-obatan, terapi fisik, intervensi bedah, atau tindakan medis lainnya sesuai dengan kondisi pasien. Selain mengobati penyakit, dokter juga berperan penting dalam mendorong pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Mereka memberikan nasihat kepada pasien tentang gaya hidup sehat, vaksinasi, skrining penyakit, dan tindakan pencegahan lainnya guna mencegah penyakit dan memelihara kesehatan secara keseluruhan. Kedokteran meliputi berbagai spesialisasi yang memungkinkan dokter untuk fokus pada bidang-bidang khusus seperti bedah, pediatri, kardiologi, onkologi, neurologi, psikiatri, dan banyak lagi. Spesialisasi ini membutuhkan pelatihan tambahan yang mendalam setelah menyelesaikan pendidikan medis dasar. Kedokteran adalah salah satu profesi paling mulia yang menuntut dedikasi, komitmen, dan pelayanan yang berkelanjutan terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat