logo

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

Lokasi Kabupaten Bangka
Jenis Swasta
Akreditasi B
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polmanbabel) berdiri di tahun 1994 (akte notaris nomor 17 tanggal 31 Januari 1994) dengan nama Akademi Teknik Polman Timah yang merupakan salah satu satu bentuk sumbangsih bidang Pendidikan PT.Timah.Tbk kepada masyarakat Bangka Belitung khususnya dan kepada masyarakat global umumnya. Saat itu menyelenggarakan dua program studi yaitu Diploma-3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin dan Diploma-3 Teknik Gambar dan Perancangan Mekanik dengan kapasitas maksimal 144 mahasiswa baru

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Mekatronika

Mekatronika adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu dan teknologi dari mekanika, elektronika, dan rekayasa kontrol. Jurusan mekatronika biasanya menawarkan pendidikan yang mencakup berbagai bidang teknik, seperti mekanik, elektronik, komputer, dan kontrol. Jurusan mekatronika mengajarkan siswa untuk memahami prinsip-prinsip dasar mekanika dan elektronika serta cara mengintegrasikan keduanya. Ini meliputi studi tentang sistem mekanis, sensor, aktuator, dan elektronika daya. Jurusan mekatronika memberikan landasan yang kuat bagi siswa yang tertarik pada pengembangan dan desain sistem otomatis, robotika, kendaraan otonom, dan berbagai aplikasi teknologi canggih lainnya. Dengan kombinasi pengetahuan dalam mekanika, elektronika, dan kontrol, lulusan mekatronika sering kali sangat dicari di berbagai industri yang membutuhkan keahlian teknis tinggi dalam pengembangan sistem otomatis dan mekatronik.

Lihat Detail

Teknik Permesinan

Jurusan Teknik Permesinan adalah salah satu cabang dalam ilmu teknik yang fokus pada desain, produksi, dan pemeliharaan komponen-komponen mesin. Siswa yang belajar di jurusan ini akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar mekanika, material, dan proses manufaktur. Siswa akan belajar tentang prinsip-prinsip desain mesin, termasuk pemodelan 2D dan 3D menggunakan perangkat lunak CAD (Computer-Aided Design). Mereka akan mempelajari bagaimana merancang komponen-komponen mesin seperti poros, gigi, bantalan, dan struktur mesin lainnya. Banyak program Teknik Permesinan menawarkan peluang untuk proyek-proyek praktis dan magang di industri. Ini memberikan siswa pengalaman langsung dalam mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam lingkungan kerja nyata. Jurusan Teknik Permesinan menawarkan berbagai peluang karir di berbagai sektor industri, termasuk manufaktur, otomotif, dirgantara, energi, dan banyak lagi. Lulusan dari program ini memiliki keterampilan yang sangat dicari dalam desain, produksi, dan pemeliharaan sistem mekanis yang kompleks.

Lihat Detail

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat