logo

D4 - Elektro Mekanika

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D4 - Elektro Mekanika di Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

Jurusan Elektromekanika adalah program pendidikan tinggi yang menggabungkan prinsip-prinsip elektronika dan mekanika untuk mempersiapkan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem yang menggunakan komponen elektronik dan mekanik. Program ini bertujuan untuk melatih para profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang integrasi antara teknologi elektronik dan mekanik dalam berbagai aplikasi industri dan teknologi Memahami prinsip-prinsip dasar elektronika, termasuk sirkuit listrik, komponen elektronik, dan analisis sinyal. Program Jurusan Elektromekanika bertujuan untuk melatih para profesional yang memiliki kemampuan multidisiplin dalam bidang elektronika dan mekanika. Para lulusan diharapkan dapat bekerja dalam berbagai industri seperti otomotif, manufaktur, otomasi industri, teknologi medis, dan lain-lain, serta dapat menghadapi tantangan kompleks dalam pengembangan sistem elektromekanik yang inovatif dan efisien.

Program Studi elektro mekanika dirancang khusus sebagai tanggapan atas kebutuhan di industri dan pemerintahan untuk merekrut lulusan teknologi rekayasa dengan kemampuan pemecahan masalah lintas disiplin listrik dan mekanik. Program Studi Elektro Mekanika menyiapkan lulusan dengan kompetensi di berbagai bidangseperti system elektrikal, manufaktur, mekanika, pengujian, control proses, otomasi dan system computer terintegrasi. Mahasiswa yang menyelesaikan studi pada program ini dipersiapkan untuk berkarir di bidang-bidang aeperti system control, otomasi, manufaktur, dan industry 4.0 dalam aktivitas desain, aplikasi, operasi dan perawatan system elektromekanika.

Profil lulusan :

  1. Ahli Perawatan Elektro Mekanika
  2. Pengelola/Pengawas Proyek
  3. Rekayasa Elektro Mekanika
  4. Praktisi Elektronika Mekanika

Visi:

Menjadi program studi vokasi berdaya saing global dalam pelaksanaan Tri
Dharma Pendidikan Tinggi pada bidang teknologi dan rekayasa Elektro Mekanika

Misi:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi teknologi rekayasa Elektro Mekanika dengan menyediakan lingkungan dan suasana akademik yang berkualitas.
  2. Membekali lulusan dengan penguasaan dan penerapan teknologi rekayasa Elektro Mekanika serta memenuhi standar kompetensi industri.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang teknologi rekayasa Elektro Mekanika.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan bermitra dengan Industri dan atau masyarakat dalam bidang teknologi rekayasa Elektro Mekanika.
  5. Melaksanakan kolaborasi dengan stakeholder pada bidang teknologi rekayasa Elektro Mekanika.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat