logo

D3 - Teknologi Laboratorium Medis

Poltekkes Kemenkes Palembang

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Teknologi Laboratorium Medis di Poltekkes Kemenkes Palembang

Teknologi Laboratorium Medis (TLM) adalah pelayanan laboratorium kesehatan untuk mengetahui keadaan tubuh seseorang terhadap kondisi suatu penyakit dengan cara melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia.

Pendidikan Diploma III Teknologi Laboratorium Medik melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik yang religius dan berkarakter dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga kesehatan.

Visi:

Menjadi  Program Studi  yang  Menghasilkan  Ahli Teknologi   Laboratorium   Medik  Profesional yang  Unggul di Bidang  pemeriksaan   Parasitologi  Klinis  tingkat Nasional Tahun 2024

Misi:

  1. Melaksanakan Pendidikan yang berkualitas dibidang laboratorium medis serta mengembangkan pemeriksaan Parasitologi Klinis sesuai perkembangan IPTEK.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan   Penelitian Dasar dan   kegiatan    Pengabmas  melalui pemanfaatan teknologi informasi yang diintegrasikan dengan mata kuliah di bidang Laboratorium Medis.
  3. Mengembangkan Jejaring Kerjasama  dengan  Pengguna, Pemangku  Kepentingan  dan Organisasi Profesi.

Kompetensi:

Kompetensi Utama

1. Teknisi flebotomi

Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengambilan spesimen darah, penanganan cairan dan jaringan tubuh manusia untuk pemeriksaan laboratorium medik.

2. Teknisi laboratorium medik dan teknisi Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pemeriksaan darah dan bahan biologis lainnya serta bertanggung jawab terhadap kualitas hasil pemeriksaan di laboratorium medis.

3. Verifikator proses pemeriksaan laboratorium medis

Pembukti (verifikator) kesesuaian proses dengan standar dalam pemeriksaan di laboratorium medis.

4. Pelaksana promosi pelayanan laboratorium medis

Pelaku penyampaian informasi pelayanan laboratorium medis melalui komunikasi secara efektif baik interpersonal maupun profesional terhadap pasien, teman sejawat, klinisi dan masyarakat.

5. Asisten peneliti

Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik yang mempunyai kemampuan dalam membantu proses penelitian dasar dan terapan dibidang laboratorium medis.

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yang bersifat khusus dan terpaut dengan kompetensi utama program studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis adalah unggul dibidang parasitologi klinis.

Capaian Pembelajaran:

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Diploma III Teknologi Laboratorium Medik

Sikap

CPL 1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

CPL 2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

CPL 3:Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia

CPL 4:Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa bernegara, dan kemampuan peradaban berdasarkan Pancasila

CPL 5:Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

CPL 6:Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

CPL 7:Bersikap demokratis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dan berperan mencari solusi terhadap masalah sosial budaya dan lingkungan hidup secara arif

CPL 8:Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CPL 9:Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Poltekkes Kemenkes Palembang?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Kesehatan dan Olahraga
Ilmu Keperawatan
Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih calon perawat yang dapat memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, dan masyarakat. Program ini mencakup kombinasi pengetahuan ilmiah, keterampilan klinis, dan aspek etika serta sosial yang berkaitan dengan profesi keperawatan. Mahasiswa Ilmu Keperawatan memperoleh pemahaman dasar tentang ilmu kesehatan, termasuk anatomi, fisiologi, dan patologi. Ini membantu mereka memahami dasar-dasar kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi pasien. Program ini mencakup studi tentang konsep-konsep keperawatan, teori keperawatan, dan prinsip-prinsip asuhan keperawatan yang melibatkan pemahaman holistik tentang pasien dan proses penyembuhan. Mahasiswa belajar mengembangkan keterampilan klinis yang diperlukan untuk memberikan asuhan keperawatan yang efektif. Ini melibatkan keterampilan fisik, seperti tindakan medis dan pemeriksaan fisik, serta keterampilan komunikasi dan interaksi dengan pasien. Lulusan dari jurusan Ilmu Keperawatan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai setting, termasuk rumah sakit, klinik, puskesmas, pelayanan kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan lainnya. Mereka dapat memilih untuk bekerja di berbagai spesialisasi, termasuk perawatan medis, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan gerontik, atau keperawatan masyarakat. Profesi keperawatan adalah salah satu profesi yang sangat dihargai dan memberikan dampak yang signifikan dalam perawatan kesehatan.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat