logo

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

Lokasi Kabupaten Bantul
Jenis Swasta
Akreditasi B
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta berdiri tahun 2001 dengan nama waktu itu AKADEMI PARIWISATA AMBARRUKMO (AKPRAM) Yogyakarta. Saat itu AKPRAM mempunyai program studi tunggal yaitu Program Studi Perhotelan, dengan jurusam Perhotelan UNTUK JENJANG diploma tiga (D-3). Tahun 2004, AKPRAM telah memperoleh Akreditasi dari BAN-PT dengan nilai B dan seiring dengan pesatnya perkembangan pariwisata di Indonesia maka pada awal tahun 2008, pariwisata telah disahkan pemerintah sebagai suatu KEILMUAN dan tidak menebeng pada rumpun ilmu yang lain. Maka pada tahun 2008, AKPRAM meningkat status menjadi SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMBARRUKMO (STIPRAM) dengan menambanh program studi Hospitality jurusan Hospitality untuk jenjang STRATA-SATU (S1). Seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap STIPRAM, maka Akreditasipun meningkat menjadi A baik untuk program studi Perhotelan maupun Hospitality/ Pariwisata. Dan pada tahun 2015, STIPRAM telah memperoleh Akreditasi Institusi dari BAN-PT dengan nilai B dan pada tahun 2016 STIPRAM kembali diberi kepercayaan mengelola program Studi Pasca Sarjana (S-2) program Studi Pariwisata.Tahun 2019, program studi Hospitality berubah nama menjadi program studi Pariwisata, hal ini Berdasarkan Keputusan menteri Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 872/KPT/I/2019 Tanggal 27 September 2019 Tentang Nama Program Study Hospitality Program Sarjana menjadi Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. Tahun 2022, STIPRAM membuka program studi S3 (Doktor) Pariwisata dengan Surat Keputusan Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 248/E/O/2022.

Lihat Lokasi

Kontak Kampus

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta.

Bingung memilih jurusan kuliah?

Temukan rekomendasi jurusan yang sesuai
kepribadianmu dengan Tes Minat Bakat.
Mulai Tes Sekarang

Rekomendasi Kampus

Ingin tahu kampus lainnya yang cocok untukmu? Cek rekomendasi kampus lainnya, yuk!

university
Swasta
logo
STKIP Taman Siswa Bima
STKIP Taman Siswa Bima terinspirasi dari pengalaman panjang sang Pendiri (pemilik) Yayasan Drs. H Sudirman yang sejak tahun 1980-2002 mendirikan dan mengelola sekolah-sekolah menengah, termasuk Lembaga-lembaga kursus. Di dukung oleh latar belakang pendidikannya sebagai guru (pengajar) lahirkan tekad dan semangat dengan daya juang tinggi untuk mendirikan dan mengelola perguruan tinggi dan perguruan tinggi tersebut bernama STKIP Taman Siswa Bima. Dengan visi, misi dan rencana strategis (renstra) yang terukur dan dengan dukungan tenaga pengajar / dosen yang telah memiliki jabatan fungsional dan kepangkatan akademik, STKIP Taman Siswa terus membuktikan eksistensinya, hal itu terlihat dari dosen STKIP Taman Siswa yang tengah studi lanjut (S2 dan S3) di perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Saat ini seluruh prodi tersebut telah terdaftar di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal tersebut menandakan bahwa kami telah menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar nasional. Adapun visi misi STKIP Taman Siswa Bima adalah sebagai berikut: Visi : Menghasilkan Sarjana Pendidikan yang BERADAB dengan keunggulan Kewirausahaan yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2029. Misi : 1. Menyelenggarakan tridarma untuk memenuhi tuntutan masyarakat atau pengguna lulusan Pendidikan Tinggi. 2. Menyiapkan Lulusan atau Ilmuwan dibidang Kependidikan yang memiliki kemampuan, keahlian Akademik dan ketrampilan menuju manusia yang beradab dan berdaya saing. 3. Menyelenggarakan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional. 4. Menyelenggarakan penerapan kurikulum kewirausahaan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional. Tujuan : 1. Meningkatkan keunggulan institusi dan program studi dalam peringkat nilai akreditasi dan pengembangan sumber daya manusia yang Beradab. 2. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang profesional, kreatif, inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. 3. Mengembangkan kurikulum pendidikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa yang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 4. Meningkatkan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional 5. Meningatkan kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional dalam pengembangan ipteks dan riset.
university
Swasta
logo
Institut Teknologi Calvin
Di tengah jaman modern yang telah dipengaruhi oleh filsafat pragmatisme, nilai manusia telah diukur dari produktifitas dan nilai ekonomi yang dapat dia berikan. Perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menciptakan pekerja-pekerja terampil yang siap bersaing di dalam dunia kerja. Bekerja memang adalah aspek penting di dalam hidup, tetapi hidup tidak dapat direduksi ke dalam aspek bekerja saja. Lulusan perguruan tinggi tidak lagi dipersiapkan untuk suatu kehidupan yang lebih luas. Hal ini memang tidak mungkin karena pendidikan tinggi modern telah membiarkan dirinya terfragmentasi oleh filsafat sekularisme dan relativisme. Lebih disayangkan lagi, Kekristenan yang dangkal tidak lagi merasa mungkin untuk menjawab tantangan sekularisme dan relativisme ini dan lebih memilih untuk menarik dirinya dari segala kemungkinan memberikan peran yang penting dan relevan di dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Meyakini bahwa usaha mengejar pengetahuan tidak dapat dipisahkan dari iman Kristen, Calvin Institute of Technology berkomitmen untuk menghadirkan penguruan tinggi Kristen Reformed dengan keunggulan akademis tanpa mengkompromikan iman. Sebagai pendidikan tinggi Kristen Reformed, Calvin Institute of Technology tidak hanya mempersiapkan anak didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang terkini serta mengekspos mereka terhadap perkembangan teknologi yang termutakhir melalui kesempatan riset dan magang (internship) yang relevan. Lebih dari pada itu, melalui Reformed Liberal Arts Curriculum, Calvin Institute of Technology mencetak anak didik yang berbudaya, berwawasan luas, dan memiliki cara berpikir yang komprehensif, integratif, dan lintas disiplin (interdisipliner). Pendidikan kognitif harus disertai dengan pembentukan karakter. Program social works disiapkan untuk mengembangkan empati dari anak didik agar timbul kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar mereka. Dosen adalah anak-anak Tuhan yang telah dipersiapkan untuk menjadi mentor hidup bagi setiap anak didik sehingga interaksi antara dosen dan anak didik terjadi baik di dalam maupun di luar kelas. Kehidupan dormitory menjadi wadah yang membentuk anak didik di dalam kehidupan bersama. Ibadah dan persekutuan akan senantiasa mewarnai kehidupan spiritualitas setiap anak didik. Lahir dari pergumulan Pdt. Dr. (H.C.) Stephen Tong, Calvin Institute of Technology hadir sebagai perguruan tinggi Kristen Reformed yang akan mendatangkan shalom penebusan Kristus di jaman Revolusi Industri 4.0 melalui pemimpin, akademisi, dan profesional yang akan memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia dan dunia.
Lihat Kampus Lainnya
Menu
Profil
Riwayat Tes