Galeri Kampus STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi
Intip foto-foto keren—dari gedung kampus hingga kegiatan mahasiswa.
Tentang Kampus
Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!
Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Al-Hikmah (STAIS) awalnya adalah kelas jauh dari STAIS Al—Hikmah Medan, Dengan adanya peraturan UU tidak di benarkannya pembukaan kelas jauh, maka Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Al-Hikmah (STAIS) Kota Tebing Tebing ini sejak tahun 2004 telah berdiri sendiri. Agar tidak terjadinya keresahana di kalangan masyarakat sebagai pengguna jasa kependidikan pada perguruan ini maka, sambil menunggu proses pendirian penyelengaraan dari Dirjen bagiian Departemen Agama Pusat, Kopertais wil. IX Sumatera Utara Mengeluarkan Keputusan Nomor : 02 Tahun 2004 Tentang Pemberian Izin Penyelangara Program Pendidikan Guru Agama Islam (PAI) Selanjutnya pada Tahun 2007 Berdasarkan Keputusan Diretur Jendral Pendidikan Islam Nomor : Dj.I/177/2007 Tentang Persetujuan pendirian Perguaran Tinggi Agama Islam Swasta Tahun 2007. Serta Berubah Nama Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Al-Hikmah (STAIS) Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Tebing Tinggi (STIT). dan pada tahun 2011 Perpanjangan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Isla Nomor : Dj.I/1470/2011 Tentang Perpanjangan Izin Penyelengaraan Program Studi Strata Satu Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Tahun 2011. Pada Tahun 2010 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah mendapatkan Izin Akreditasi dari BAN-PT dengan Peringkat ”B” dengan nomor : 018/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IX/2010. Dan Sedang mengajukan Pembukaan Program Studi baru Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Kemudian Pada Tahun 2015 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Membuka Program Studi Baru yang di perkuat dengan Keluarnya Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomo : 5257 Tahun 2015 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Program Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun 2015. Pada Tahun 2017 Program Studi Pendidikan Agama Islam mendapat peringkat B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 1993/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017 tentang Status Akrditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam paada Program Sarjana STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Sedangkan Prodi Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Masih Dalam Pengajuan. Pada Saat Ini Sekolah Tinggi Al-Hikmah Tebing Tinggi adalah satu-satunya perguruan Tinggi Islam yang berada di Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara, yang Terakreditasi “ B “ dengan didukung oleh para ‘ulama, tokoh masyarakat dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi daerah Kabupaten Serdang Bedagai dan Simalungun.
Kontak Kampus
Program Studi
Temukan beragam program studi yang tersedia di STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi.
Pendidikan Agama Islam
Lihat Detail
"Program studi Pendidikan Agama Islam adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru, pendidik, dan akademisi yang memiliki pemahaman mendalam tentang ajaran, nilai-nilai, dan praktik Islam serta keterampilan dalam mengajar dan mendidik bidang agama Islam. Program ini biasanya mencakup berbagai aspek Islam, termasuk teologi, sejarah, hukum Islam, etika, pendidikan Islam, dan studi Al-Qur'an. Mahasiswa mempelajari teks Al-Qur'an dan Hadis serta metode interpretasi dan aplikasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa mempelajari konsep-konsep dasar dalam iman Islam, termasuk konsep Allah, keimanan, dan aspek-aspek teologis lainnya. Sebagian program mungkin memasukkan pembelajaran bahasa Arab sebagai komponen penting, karena Al-Qur'an dan Hadis ditulis dalam bahasa Arab. Mempelajari psikologi individu dan kelompok serta penerapannya dalam konteks pendidikan dan pembelajaran agama Islam. Program studi Pendidikan Agama Islam biasanya menekankan kombinasi antara pemahaman teoritis dan praktik lapangan, dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mampu mengajar, mendidik, dan memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam."
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Lihat Detail
"Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru yang berkualitas dan profesional untuk mengajar di madrasah ibtidaiyah. PGMI dirancang khusus untuk membekali calon guru dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mengajar pada jenjang pendidikan dasar di lingkungan madrasah. Memahami ajaran, nilai-nilai, dan praktik Islam yang akan diajarkan kepada siswa dalam kurikulum madrasah. Meliputi mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Mempelajari berbagai metode pengajaran yang efektif untuk mengajar anak-anak pada jenjang pendidikan dasar, termasuk metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan pembelajaran berbasis proyek. Memahami proses perancangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum madrasah yang sesuai dengan standar pendidikan nasional dan kebutuhan siswa.Memahami prinsip-prinsip psikologi perkembangan anak, motivasi belajar, pembelajaran individual dan kelompok, serta keterampilan manajemen kelas. Mempersiapkan materi pembelajaran, media pembelajaran, dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di madrasah. Program studi PGMI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap untuk mengajar di madrasah ibtidaiyah dengan penuh dedikasi, pengetahuan yang mendalam tentang Islam dan ilmu pengetahuan umum, serta keterampilan pedagogis yang efektif. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung bagi siswa madrasah dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam serta memperoleh pengetahuan dan keterampilan akademik yang diperlukan."
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Lihat Detail
"Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) merupakan program pendidikan tinggi yang difokuskan pada pengembangan keterampilan dan pemahaman dalam mendidik anak-anak usia dini dengan pendekatan Islam. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi pendidik yang efektif dalam konteks pendidikan anak usia dini yang berbasis nilai-nilai Islam. Memahami prinsip-prinsip dasar dalam pendidikan anak usia dini, termasuk perkembangan anak, teori belajar, dan praktik-praktik terbaik dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini. Meliputi pemahaman yang mendalam tentang ajaran, nilai-nilai, dan praktik Islam serta penerapannya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Mempelajari berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, termasuk pendekatan bermain, cerita, seni, dan musik. Memahami konsep-konsep dasar dalam bahasa Arab dan mengajarkan pengenalan awal terhadap Al-Qur'an dengan pendekatan yang sesuai dengan pemahaman anak usia dini. Merancang dan mengevaluasi kurikulum yang relevan dan bermakna untuk anak usia dini dengan memperhatikan aspek-aspek keislaman, perkembangan anak, dan kebutuhan masyarakat. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjadi agen perubahan dalam pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada nilai-nilai Islam, serta mampu memahami dan merespons secara efektif kebutuhan anak-anak dan masyarakatnya."
Tadris Matematika
Lihat Detail
"Program studi Tadris Matematika adalah bidang pendidikan yang berfokus pada pengajaran dan pembelajaran matematika, dengan tujuan utama mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru matematika yang kompeten dan inspiratif. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep matematika serta metode pengajaran yang efektif dan inovatif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai topik matematika, seperti aljabar, geometri, kalkulus, dan statistik, serta bagaimana mengkomunikasikan konsep-konsep tersebut kepada siswa dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Dalam program ini, mahasiswa terlibat dalam metode pembelajaran yang mencakup kuliah teori, diskusi kelompok, dan praktik mengajar. Mereka akan belajar tentang strategi pengajaran, pengembangan kurikulum, serta evaluasi dan asesmen pembelajaran. Praktik mengajar di sekolah menjadi bagian integral dari kurikulum, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah dipelajari dalam lingkungan kelas nyata. Melalui praktik ini, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan pedagogis dan interpersonal yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif. Program studi Tadris Matematika juga menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pengajaran matematika. Mahasiswa akan mempelajari cara menggunakan alat dan perangkat lunak pendidikan, seperti kalkulator grafis, aplikasi matematika, dan platform e-learning, untuk mendukung pembelajaran siswa. Selain itu, mereka akan diajarkan tentang pentingnya menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa yang beragam. Dengan pemahaman ini, lulusan diharapkan dapat mengembangkan pendekatan pengajaran yang adaptif dan inovatif untuk memfasilitasi pemahaman siswa terhadap matematika. Terakhir, program ini memberikan wawasan tentang peran dan tanggung jawab guru dalam mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa. Mahasiswa akan mempelajari tentang etika profesional dan tanggung jawab sosial dalam pengajaran, serta pentingnya membangun hubungan yang baik dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi, lulusan program studi Tadris Matematika siap untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan sebagai pendidik yang berdedikasi, mampu menginspirasi dan memotivasi siswa untuk mencapai potensi penuh mereka dalam bidang matematika."
Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id
Yuk, ikuti tesnya!