logo

PROF - Profesi Guru

Universitas Pasundan

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang PROF - Profesi Guru di Universitas Pasundan

Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Universitas Pasundan?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program studi yang bertujuan mendidik calon guru untuk tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang khusus sesuai dengan kebutuhan pendidikan Islam pada tingkat awal perkembangan anak. Kamu juga akan diajarkan untuk memahami kurikulum pendidikan Islam, metode pengajaran yang efektif, serta strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di tingkat pendidikan dasar. Program studi ini tidak hanya memberikan dasar-dasar umum pendidikan, tetapi juga menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu fokus utama jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pengembangan karakter dan moral siswa sesuai dengan ajaran Islam. Kamu akan didorong untuk menjadi panutan moral, memahami etika mengajar, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran sehari-hari. Kamu juga diajak untuk mengenali dan mengelola beragam kebutuhan belajar siswa, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Dengan pengembangan keterampilan pedagogis yang kokoh, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip Islam, dan kesadaran akan nilai-nilai pendidikan Islam, lulusan jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas, menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan, dan berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda sesuai dengan ajaran agama Islam.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Ilmu Agama Islam
Ilmu Agama Islam merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mengkaji secara mendalam ajaran, nilai, dan norma dalam agama Islam. Fokus utamanya adalah pemahaman terhadap ajaran Islam sebagai suatu sistem kepercayaan, moralitas, dan pandangan hidup. Di jurusan in kamu akan lebih mendalami Ilmu Agama dengan memahami Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama hukum dan pedoman hidup umat Islam. Selain itu, kamu juga akan mendalami sejarah perkembangan Islam, pemikiran ulama, dan berbagai aspek kehidupan sosial-keagamaan dalam konteks keberagaman dan pluralisme. Jurusan ini tidak hanya menawarkan pemahaman teoritis, tetapi juga mendorong untuk mengembangkan keterampilan praktis, seperti keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan analisis. Kamu akan belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari, serta memahami isu-isu kontemporer yang relevan dengan kehidupan umat Islam saat ini. Selain itu, kamu juga dapat memilih bidang spesialisasi seperti studi tafsir, fiqh, sejarah kebudayaan Islam, atau studi perbandingan agama. Pentingnya Ilmu Agama Islam tidak hanya terbatas pada lingkup akademis, tetapi juga memiliki dampak signifikan dalam membentuk karakter dan etika seseorang. Melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam, lulusan Ilmu Agama Islam diharapkan dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, mempromosikan toleransi, saling penghargaan, dan kerjasama antarumat beragama.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Sejarah adalah program studi yang menawarkan pemahaman mendalam tentang berbagai peristiwa, tokoh, dan budaya yang membentuk perjalanan waktu manusia. Kamu tidak hanya belajar fakta-fakta historis, tetapi juga mengembangkan keterampilan analisis, penelitian, dan penyampaian informasi sejarah secara sistematis. Mereka mempelajari perkembangan masyarakat, politik, ekonomi, dan budaya dari masa ke masa, melacak transformasi peradaban, serta memahami dampaknya pada dunia kontemporer. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai metodologi penelitian sejarah, sehingga mereka dapat menyusun narasi sejarah yang kritis dan objektif. Sebagai seorang calon pendidik, tentunya kamu juga dibekali dengan keterampilan komunikasi, baik secara tertulis maupun lisan, untuk menyampaikan cerita sejarah dengan gaya yang menarik dan relevan bagi berbagai kalangan. Salah satu aspek menarik dari jurusan ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami perbedaan sudut pandang dalam sejarah, mempertimbangkan berbagai narasi, dan menggali aspek-aspek yang mungkin terabaikan. Dengan demikian, mahasiswa Pendidikan Sejarah tidak hanya menjadi penjaga warisan budaya, tetapi juga agen perubahan yang dapat membentuk cara pandang masyarakat terhadap masa lalu. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan, jurusan Pendidikan Sejarah tidak hanya membentuk sejarawan masa depan, tetapi juga pendidik yang mampu menyampaikan sejarah dengan penuh semangat.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat