1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Cara Sukses Hadapi Lika-liku Kehidupan Perkuliahan 
Dunia Mahasiswa | Info Mahasiswa | Tips & Trik

5 Cara Sukses Hadapi Lika-liku Kehidupan Perkuliahan 

193   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 March 2021

Kata siapa masuk kuliah itu mudah dan selalu bahagia. Jangan salah guys! Justru saat masuk kuliah adalah masa dimana kamu harus menentukan arah dan tujuan masa depanmu. Di masa-masa ini lah seharusnya kamu harus mulai untuk mengenali diri kamu sendiri.

Kalau kamu gak bisa mengendalikan diri kamu sendiri, bisa jadi kamu malah gak ngerti arah dan tujuan setelah lulus. Gak ngerti kudu apply kerja apa, bahkan gak ngerti kudu gimana untuk memulai kerja. Hm, kan runyam banget gak sih 🙁  

Eits, jangan parno dulu, kita bakalan ngasih solusi bareng kok ke kamu. Bagaimana melalui lika-liku kehidupan dunia perkuliahan. Yuk simak!

1. Buat manajemen waktu yang baik

Banyak banget tuh mahasiswa yang ngerasa kurang bisa memaknai waktu. Kebanyakan main, hang out, bahkan hura-hura gak jelas. 

Nah, biar kamu gak kejebak dengan indahnya dunia di luar perkuliahan, yuk mulai sekarang atur waktu dengan baik. Kamu kudu bisa mengatur waktu dengan baik. 

Baca juga: 5 Kunci Sukses Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, No 5 Hukumnya Wajib!

2. Atur keuangan dengan baik

Yakin deh, banyak banget mahasiswa yang gak bisa atur uang dengan baik. Alhasil mereka gak punya tabungan karena kebanyakan jajan. 

Whoops, jangan sampai kamu kayak gitu yah! Sebagai anak yang baik dan berbakti kepada orangtua, kamu kudu bisa mengatur keuangan dengan baik. Inget ya, cari uang itu susah! Gak semudah minta transferan dari ortu. Hihi

3. Bisa memprioritaskan kepentingan 

Di dunia perkuliahan, pasti banyak banget kegiatan organisasi bahkan aktivitas yang bisa kamu lakukan. Makanya, jangan sampai kamu kelabakan gak bisa atur prioritas yang paling penting. 

Perkirakan kegiatan yang paling penting buat kamu dulu. Jangan sampai kamu mendahulukan hal-hal yang gak penting. 

4. Asah skill yang ada di dalam diri

Masa kuliah adalah masa dimana kamu harus mengasah skill yang kamu miliki. Di masa inilah saatnya kamu harus berproses dan berkembang. Malahan sekarang ini sudah ada program kampus merdeka dari pemerintah. Nah, melalui program ini kamu bisa memanfaatkan untuk terus mengasah potensi yang ada di dalam diri kamu ya. 

5. Perluas pertemanan

Perluas pertemanan sama saja dengan memperluas circle untuk terus berkarya di masa depan. Di sini kamu bakal mendapatkan banyak insight dari orang-orang yang ada di sekelilingmu. 

Bisa dibilang sih ika networking kamu bagus maka akan memperluas kesempatan kamu untuk masuk di dunia kerja. So, kamu harus memanfaatkan dengan baik ya. 

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan Offline & Daring

Memang masuk perkuliahan gak semudah pergi main dan nongkrong sama temen. Tapi, di masa ini kamu juga jangan sampai kehilangan masa indahmu ya. Makanya, dengan melakukan tips di atas kamu bisa tuh menyeimbangkan kehidupan kuliah dan kehidupan di luar kuliah dengan seimbang. Selamat mencoba ya sobat!

Kalau mau kepoin seputar dunia perkuliahan, kamu bisa langsung cek di maukuliah.id. Semua informasi kehidupan kuliah bakal mudah ditemukan di laman ini. 

Tags tidak ada

Komentar Anda