1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Tips Berorganisasi di Masa Pandemi, Tetap Aktif dan...
Dunia Mahasiswa | Info Mahasiswa

Tips Berorganisasi di Masa Pandemi, Tetap Aktif dan Berkonstribusi

14   |   Posted by M. Fadholi   |   06 August 2021

SEVIMA.COM – Tips aktif berorganisasi di masa pandemi. Pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan berorganisasi gak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Banyak program kerja yang terpaksa dibatalkan atau ditunda. Tentunya perlu ada berbagai penyesuaian yang harus dilakukan agar organisasi bisa tetap berjalan sesuai rencana. Berikut ada beberapa tips buat kamu yang ingin berorganisasi di masa pandemi.

6 Tips Berorganisasi di Masa Pandemi

  1. Selalu jaga komitmen
  2. Tetap terhubung dan aktif
  3. Selalu adakan pertemuan rutin
  4. Siapkan kuota data internet
  5. Buat action plan yang jelas dan saling mengingatkan satu sama lain
  6. Ambil kesempatan untuk kenal lebih banyak orang

1. Selalu jaga komitmen

Kendala utama yang terjadi dalam berorganisasi di masa pandemi ialah komunikasi. Segala kegiatan diadakan secara daring, tak terkecuali rapat dan koordinasi. Hal ini bisa jadi tantangan tersendiri bagi kamu. 

Kegiatan yang hanya dilakukan secara daring mungkin akan membuat kamu merasa tanggung jawabmu berkurang. Misalnya: menjadi malas mengikuti rapat, pasif ketika rapat, melalaikan tugas dan lain sebagainya. Bahkan gak sedikit panitia yang melakukan ghosting ke teman-teman kepanitiaannya yang lain dengan menghilang begitu saja tanpa kabar. 

Tentu hal itu bukanlah hal yang baik. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari berorganisasi, maka kondisi ini pas untukmu untuk belajar bertanggung jawab dan berkomitmen atas tugas-tugas yang kamu miliki.

Baca juga : Keuntungan Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa, Auto Cepet Dapat Kerja!

2. Tetap terhubung dan aktif

Seperti yang sudah disinggung tadi, kendala utama berorganisasi dalam kondisi pandemi seperti ini adalah komunikasi. Tips yang kedua untuk kamu ialah terus jaga komunikasi dan tetap terhubung dengan panitia atau anggota organisasi yang lain. 

Sebagai contoh: aktif di grup, menjawab ketika ada yang bertanya, dan lain sebagainya. Ini akan menjaga kalian untuk tetap memiliki rasa kebersamaan sebagai bagian dari organisasi tersebut.

3. Selalu adakan pertemuan rutin

Pertemuan rutin perlu diadakan untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah bagian dari sebuah organisasi. Di pertemuan ini kamu bisa membahas perkembangan organisasi kalian, target-target, rencana dan lain sebagainya. Selain itu, juga perlu untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bisa mempererat satu sama lain, misalnya mengadakan game atau kuis untuk bisa mengakrabkan anggota satu dan anggota lainnya.

Baca juga: Maba Wajib Tahu! 10 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa di Awal Kuliah

4. Siapkan kuota data internet

Meski terkesan remeh, tapi hal ini cukup penting loh untuk kamu siapkan. Mengikuti organisasi di masa pandemi seperti ini mengharuskan kamu untuk mengikuti berbagai macam kegiatan secara daring. Terlebih lagi kegiatan tersebut mewajibkan kamu untuk menyalakan kamera saat pertemuan daring. Sudah tentu hal ini akan meningkatkan konsumsi kuota internet yang lebih tinggi daripada sebelumnya. 

Jadi, dalam mengikuti organisasi di masa pandemi ini, jangan lupa untuk menyiapkan kuota internet lebih, ya.

5. Buat action plan yang jelas dan saling mengingatkan satu sama lain

Salah satu hal yang terpengaruh akibat pandemi adalah bagaimana kamu mengatur waktu. Saat kamu di rumah, kamu mungkin akan menghadapi tantangan dalam membedakan waktu kuliah, organisasi, dan waktu bebasmu. Hal ini dapat terjadi karena selama masa pandemi ini kita melakukan aktivitas perkuliahan dan organisasi di tempat dan suasana yang sama ketika kita menghabiskan waktu santai di rumah.

Oleh karena itu penting untuk kamu membuat action plan dan timeline tugas-tugas yang kamu miliki, hal ini bertujuan agar kamu tetap bisa fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas organisasimu. Selain itu, penting juga bagi kamu untuk mengingatkan teman-temanmu berkaitan dengan tugas yang mereka miliki.

Baca juga : 6 Kampus Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja

6. Ambil kesempatan untuk kenal lebih banyak orang

Tips mengikuti organisasi di masa pandemi yang terakhir adalah dengan memanfaatkan masa pandemi ini untuk mengikuti organisasi-organisasi tingkat nasional. Mungkin sebelum pandemi, kamu gak akan bisa mengikuti organisasi-organisasi tersebut karena keterbatasan jarak dan waktu. 

Kini, kamu bisa bergabung ke berbagai organisasi, kepanitiaan, volunteering di lokasi manapun karena kegiatannya hanya dilakukan secara daring. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas relasimu, loh.

Jadi itu keenam tips berorganisasi di masa pandemi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan berorganisasimu. Menurutmu, selain keenam hal di atas, apa aja sih tips yang perlu diketahui oleh orang lain berkaitan dengan berorganisasi di masa pandemi?

Untuk kamu yang tertarik mencari informasi seputar kuliah lainnya, jangan lupa untuk cek maukuliah.id, ya! Kamu bisa dapetin berbagai macam informasi tentang perkuliahan, beasiswa, dan artikel menarik lainnya.

Tags tidak ada

Komentar Anda