Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

MABA, Ini 5 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

27   |   Posted by M. Fadholi   |   19 February 2021

Hallo para Maba ketemu lagi nih sama Miku, Kamu tahu gak kalau masuk dunia perkuliahan adalah salah satu tonggak sejarah yang harus kamu siapkan dengan matang lho. Karena masa-masa awal perkuliahan sebagai mahasiswa baru sangat mempengaruhi perjalanan perkuliahanmu di kemudian hari.

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan dengan baik dan melaluinya dengan semaksimal mungkin ya. Yuk simak 7 tips supaya kamu bisa melakukan start dengan baik di dunia kampus, Cekidot:

5 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

1. Manfaatkan Masa Pengenalan Akademik (MPA)

Biasanya sebelum mulai kuliah kamu harus melalui Masa Pengenalan Akademik terlebih dahulu. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kamu tentang dunia kampus mulai dari kegiatan belajar, sistem perkuliahan, fasilitas, hingga kegiatan mahasiswa.

Jadi MPA ini adalah waktu yang tepat untuk kamu berkenalan dengan sebanyak mungkin teman ya. Semakin banyak teman yang kamu kenal akan semakin banyak informasi yang bisa kamu raih yang nantinya akan berguna dalam proses adaptasi mengawali perkuliahanmu di kampus.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, No 5 Hukumnya Wajib!

2. Kenalan Dengan Senior/Kating (Kaka Tingkat)

Kamu gak boleh hanya bergaul dengan teman seangkatan saja. Kenalan juga dengan para senior ya, karena mereka memiliki segudang pengalaman yang bisa membantumu untuk akselerasi lebih cepat baik dari segi akademik ataupun akademik.

3. Beli Buku Atau Meminjam di Perpus atau Kating

Untuk mendalami materi perkuliahan kamu bisa menyiapkan dengan membeli buku. Kalau Uang saku dirasa kurang kamu juga bisa pinjam pada Senior. Dan kalau Senior gak punya? Kamu bisa pinjam ke perpustakaan kamu bisa ke perpustakaan fakultas ataupun perpustakaan universitas.

Kamu harus secepat mungkin meminjamnya karena akan bersaing dengan teman-temanmu dari lintas fakultas juga.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan Offline & Daring

4. Ikut Organisasi dan Memberikan Kontribusi untuk Sekitar

Kamu tahu gak kalau ikut organisasi itu bisa berpengaruh kepada kesuksesanmu. Karena ikut dan aktif berorganisasi nanti kamu dapat melatih sikap Jujur, Disiplin, Interpersonal Skil, pekerja keras, encintai apa yang dikerjakan, Kepemimpinan Yang Baik dan Kuat, dll banyak banget deh manfaat ikut organisasi.

5. Cari Peluang Beasiswa Untuk Semester Berikutnya

Cari tahu peluang beasiswa yang bisa kamu raih di semester berikutnya. Beasiswa adalah impian setiap orang, salah satunya kamu kan? Jadi kamu harus cari tahu sebanyak mungkin peluang beasiswa dan apa saja syarat-syaratnya. Berapa IPK minimumnya? mulai semester berapa bisa menerima beasiswa? Haruskah berprestasi? apa saja fasilitasnya.

Mengumpulkan informasi sejak awal perkuliahan tentunya sangat membantu kamu untuk memilih apa beasiswa terbaik yang bisa kamu raih. Kamu juga bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca Ini!

Itulah 5 tips produktif ketika mengawali perkuliahanmu. Jangan lupa share ke teman-teman Maba ya kalau kamu rasa bermanfaat. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda