logo

S1 - Sejarah Peradaban Islam

Institut Agama Islam Negeri Langsa

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Sejarah Peradaban Islam di Institut Agama Islam Negeri Langsa

Jurusan Sejarah Peradaban Islam merupakan bidang studi yang mempelajari tentang ilmu dan juga materi mengenai sejarah dan peradaban Islam, yang ditopang oleh pengenalan terhadap berbagai persoalan nilai-nilai sejarah.

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Institut Agama Islam Negeri Langsa?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Ilmu Agama Islam
Ilmu Agama Islam merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mengkaji secara mendalam ajaran, nilai, dan norma dalam agama Islam. Fokus utamanya adalah pemahaman terhadap ajaran Islam sebagai suatu sistem kepercayaan, moralitas, dan pandangan hidup. Di jurusan in kamu akan lebih mendalami Ilmu Agama dengan memahami Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama hukum dan pedoman hidup umat Islam. Selain itu, kamu juga akan mendalami sejarah perkembangan Islam, pemikiran ulama, dan berbagai aspek kehidupan sosial-keagamaan dalam konteks keberagaman dan pluralisme. Jurusan ini tidak hanya menawarkan pemahaman teoritis, tetapi juga mendorong untuk mengembangkan keterampilan praktis, seperti keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan analisis. Kamu akan belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari, serta memahami isu-isu kontemporer yang relevan dengan kehidupan umat Islam saat ini. Selain itu, kamu juga dapat memilih bidang spesialisasi seperti studi tafsir, fiqh, sejarah kebudayaan Islam, atau studi perbandingan agama. Pentingnya Ilmu Agama Islam tidak hanya terbatas pada lingkup akademis, tetapi juga memiliki dampak signifikan dalam membentuk karakter dan etika seseorang. Melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam, lulusan Ilmu Agama Islam diharapkan dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, mempromosikan toleransi, saling penghargaan, dan kerjasama antarumat beragama.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Psikologi Islam
Jurusan Psikologi Islam merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan dua dimensi penting dalam pemahaman manusia, yaitu ilmu psikologi dan nilai-nilai Islam. Kamu akan diajak untuk menjelajahi dan memahami kompleksitas psikologi manusia dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pemahaman dan penanganannya. Kamu akan belajar mengenai berbagai aspek kepribadian, perkembangan, dan perilaku manusia. Kamu diajak memahami teori-teori psikologi modern dan aplikasinya dalam berbagai konteks kehidupan. Namun, yang membuat jurusan ini unik adalah pendekatan khusus terhadap pemahaman psikologi, yaitu dengan memasukkan perspektif Islam dalam menganalisis dan mengatasi tantangan psikologis. Selain itu, dalam jurusan Psikologi Islam, mahasiswa juga mempelajari sejarah perkembangan psikologi dalam tradisi Islam, mengeksplorasi konsep-konsep psikologis yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis, serta meresapi hikmah-hikmah yang terkandung dalam literatur keislaman yang dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan dalam memberikan layanan psikologis. Jurusan Psikologi Islam bukan hanya sekadar menciptakan para profesional psikologi, tetapi juga mendidik individu yang mampu menggabungkan pengetahuan psikologi dengan spiritualitas Islam, menciptakan keseimbangan holistik dalam memahami dan membantu sesama. Lulusan Jurusan Psikologi Islam diharapkan menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, membawa dampak positif dalam bidang kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis dengan landasan keislaman.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat