logo

Institut Agama Islam Negeri Palopo

Lokasi Kota Palopo
Jenis Negeri
Akreditasi B
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Didirikan pada 27 Maret 1968 berdasarkan SK Menteri Agama No. 168 Tahun 1968. Berdiri dengan status Filial (cabang) dari IAIN Alauddin di Ujung Pandang
Berdasarkan SK Menteri Agama No. 65 Tahun 1982, Fakultas Filial/Cabang tersebut dinaikkan statusnya menjadi Fakultas Madya dengan sebutan Fakultas Ushuluddin IAIN Alauddin di Palopo
Alihstatus menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo berdasarkan Keputusan Presiden No. 11 Tahun 1997
Dialihstatuskan menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo berdasarkan Peraturan Presiden No. 141 Tahun 2014

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Sosiologi Agama

Jurusan Sosiologi Agama adalah program studi yang memfokuskan pada pemahaman dan analisis terhadap peran agama dalam masyarakat. Sosiologi Agama berusaha memahami bagaimana agama mempengaruhi dinamika sosial, budaya, dan struktur masyarakat. Mahasiswa dalam jurusan ini mempelajari dampak agama terhadap berbagai aspek kehidupan sosial, termasuk struktur sosial, kebijakan publik, konflik, dan integrasi sosial. Mereka belajar menganalisis peran agama dalam membentuk nilai-nilai, norma, dan perilaku sosial. Lulusan dari jurusan Sosiologi Agama dapat mengejar berbagai karier, termasuk menjadi peneliti, analis sosial, konsultan kebijakan, pendidik, atau pekerja sosial di berbagai lembaga dan organisasi yang berfokus pada isu-isu keagamaan dan sosial. Selain itu, pemahaman mendalam tentang dinamika antaragama juga dapat menjadi nilai tambah bagi mereka yang tertarik bekerja dalam bidang diplomasi atau pekerjaan lintas budaya.

Lihat Detail

Bimbingan dan Konseling Islam

Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam adalah program studi yang mengkombinasikan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan utamanya adalah melatih profesional yang dapat memberikan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan aspek spiritual, etika Islam, dan nilai-nilai agama. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip ajaran Islam, etika, dan moralitas dalam konteks bimbingan dan konseling. Mereka belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai agama dalam memberikan dukungan kepada individu atau kelompok. Lulusan dari jurusan Bimbingan dan Konseling Islam dapat mengejar karier sebagai konselor, psikoterapis, atau pengajar dengan keahlian khusus dalam memberikan bimbingan dan konseling berbasis nilai-nilai Islam. Mereka dapat bekerja di berbagai lembaga, termasuk sekolah, pusat kesejahteraan, rumah sakit, atau lembaga keagamaan. Selain itu, mereka juga dapat membantu dalam upaya penanggulangan masalah sosial dan kesehatan mental dalam komunitas Muslim.

Lihat Detail

Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir merupakan salah satu cabang ilmu keislaman yang memfokuskan pada kajian Al-Quran, kitab suci dalam agama Islam, serta penafsirannya. Jurusan ini memberikan pemahaman mendalam tentang teks Al-Quran, metode penafsiran, dan konteks sejarah serta budaya di sekitarnya. Mahasiswa dalam jurusan ini belajar membaca, memahami, dan menghafal Al-Quran. Mereka juga mempelajari aturan tajwid (kaidah bacaan Al-Quran) untuk memastikan pembacaan yang benar dan baik. Lulusan dari jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir biasanya memiliki pemahaman mendalam tentang Al-Quran dan keterampilan untuk melakukan penelitian serta memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang ajaran Islam. Mereka dapat bekerja sebagai peneliti, pengajar, pemimpin keagamaan, atau di berbagai bidang lain yang membutuhkan keahlian dalam ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Lihat Detail

Pendidikan Agama Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah program studi yang dirancang untuk melatih calon pendidik atau guru agar memiliki keahlian khusus dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan utamanya adalah menciptakan pendidik yang mampu mengembangkan pemahaman keislaman, moralitas, dan spiritualitas pada peserta didik. Mahasiswa belajar memahami dan mengajarkan isi Al-Quran dan hadis sebagai sumber utama ajaran Islam. Mereka mempelajari metode interpretasi (tafsir) dan konteks historis untuk menyampaikan materi dengan pemahaman yang mendalam. Mahasiswa dilatih dalam metode-metode pengajaran yang efektif untuk menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam. Ini mencakup penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan materi ajar, dan penerapan strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Lulusan dari jurusan Pendidikan Agama Islam biasanya dapat bekerja sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah Islam atau sekolah-sekolah umum yang menyediakan mata pelajaran tersebut. Selain itu, mereka dapat menjadi pengembang kurikulum, penulis buku pelajaran, atau terlibat dalam penelitian dan pengembangan pendidikan Islam. Pendidik agama Islam juga dapat berperan dalam memberikan pembinaan moral dan spiritual di masyarakat.

Lihat Detail

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah program studi yang membahas penerapan prinsip-prinsip komunikasi dalam konteks Islam. Program ini dirancang untuk melatih calon profesional yang dapat mengomunikasikan ajaran Islam dengan baik, baik melalui media massa, penyiaran, maupun berbagai bentuk komunikasi lainnya. Mahasiswa memahami teori komunikasi dengan penerapan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam. Hal ini mencakup etika komunikasi, pemahaman audiens, dan strategi komunikasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mahasiswa belajar tentang teknik penyiaran dan produksi media yang mendukung penyampaian pesan Islam. Ini melibatkan pemanfaatan teknologi dalam produksi video, audio, dan konten multimedia yang bersifat edukatif dan informatif. Lulusan dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dapat mengejar karier sebagai penyiar, wartawan keagamaan, produser media Islam, penulis, public relations di lembaga-lembaga keagamaan, atau ahli komunikasi di organisasi-organisasi keagamaan. Mereka juga dapat berkontribusi dalam pengembangan konten digital keagamaan, manajemen acara keagamaan, atau menjadi konsultan komunikasi untuk lembaga-lembaga keagamaan.

Lihat Detail

Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika adalah program studi yang dirancang untuk melatih calon guru matematika di tingkat pendidikan dasar (SD/MI) dan menengah (SMP/MTs). Fokus utama dari program ini adalah mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep matematika serta keterampilan mengajar yang efektif. Mahasiswa memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep matematika mulai dari dasar hingga tingkat yang lebih kompleks. Ini melibatkan kajian tentang aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, statistik, dan topik-topik matematika lainnya. Lulusan dari jurusan Pendidikan Matematika dapat mengejar karier sebagai guru matematika di sekolah-sekolah dasar dan menengah. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum, konsultan pendidikan matematika, atau peneliti di bidang pendidikan matematika. Pendidik matematika juga dapat terlibat dalam proyek-proyek inovatif dalam pengajaran matematika dan mengambil peran penting dalam meningkatkan literasi matematika di masyarakat.

Lihat Detail

Manajemen Pendidikan Islam

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam adalah program studi yang mempersiapkan calon profesional untuk mengelola dan memimpin institusi pendidikan Islam. Fokus utamanya adalah pada aspek manajerial dan kepemimpinan dalam konteks pendidikan Islam. Mahasiswa mempelajari teori-teori manajemen pendidikan yang relevan, dengan penekanan khusus pada aplikasinya dalam lembaga pendidikan Islam. Ini mencakup konsep-konsep manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Lulusan dari jurusan Manajemen Pendidikan Islam dapat mengejar karier sebagai kepala sekolah, manajer pendidikan, administrator lembaga pendidikan Islam, atau konsultan pendidikan Islam. Selain itu, mereka juga dapat terlibat dalam pengembangan kebijakan pendidikan Islam di tingkat pemerintah atau organisasi-organisasi pendidikan Islam. Keahlian manajerial dan kepemimpinan yang diperoleh dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada peningkatan mutu dan efektivitas lembaga pendidikan Islam.

Lihat Detail

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah program studi yang dirancang khusus untuk melatih calon guru yang akan mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI), yaitu tingkat pendidikan dasar pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia. PGMI memiliki tujuan untuk menghasilkan pendidik yang memiliki pemahaman mendalam tentang Islam dan mampu menyampaikan materi ajar Islam dengan baik. Mahasiswa memperoleh pemahaman mendalam tentang ajaran Islam, termasuk pemahaman Al-Quran, hadis, fiqh, dan akidah. Mereka belajar mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan pengajaran mereka. Lulusan dari jurusan PGMI dapat mengambil peran sebagai guru di Madrasah Ibtidaiyah, koordinator MI, atau pengembang kurikulum MI. Mereka juga dapat terlibat dalam pengembangan program-program pendidikan Islam, menulis buku pelajaran, atau menjadi konsultan pendidikan Islam. PGMI memberikan landasan yang kuat untuk menjadi pemimpin pendidikan yang berkualitas dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Islam di tingkat pendidikan dasar.

Lihat Detail

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah program studi yang dirancang khusus untuk melatih calon guru dan pendidik yang fokus pada tahap perkembangan anak usia dini dalam konteks pendidikan Islam. Anak usia dini mencakup rentang usia dari lahir hingga sekitar 6 tahun, dan pendidikan pada tahap ini sangat penting karena memberikan dasar untuk perkembangan selanjutnya. Mahasiswa mempelajari teori-teori perkembangan anak usia dini dan cara mengidentifikasi dan merespon kebutuhan perkembangan anak pada rentang usia tersebut. Ini melibatkan pemahaman tentang perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Lulusan dari jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dapat bekerja sebagai guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), pengelola lembaga pendidikan anak usia dini, atau konsultan pendidikan khususnya di tahap anak usia dini. Mereka juga dapat terlibat dalam penelitian dan pengembangan program-program pendidikan Islam untuk anak usia dini. Pendidikan pada tahap ini memiliki dampak besar pada perkembangan awal anak, dan lulusan PIAUD memiliki peran kunci dalam membentuk fondasi pendidikan dan karakter anak-anak sejak dini.

Lihat Detail

Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah program studi yang bertujuan untuk melatih calon guru bahasa Inggris di tingkat pendidikan dasar (SD/MI), menengah (SMP/MTs), atau menengah atas (SMA/MA). Program ini dirancang untuk mempersiapkan lulusannya menjadi pendidik yang kompeten dalam mengajar bahasa Inggris dengan pendekatan yang efektif dan inovatif. Mahasiswa diberikan pemahaman yang mendalam tentang struktur bahasa Inggris, termasuk tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Penguasaan bahasa ini penting agar mereka dapat mengajar dengan efektif dan memberikan model bahasa yang baik kepada siswa. Lulusan dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dapat bekerja sebagai guru bahasa Inggris di sekolah-sekolah dasar, menengah, atau menengah atas. Selain itu, mereka dapat mengejar karier sebagai pengembang kurikulum, pelatih pengajaran bahasa Inggris, atau konsultan pendidikan. Pendidikan Bahasa Inggris memberikan landasan yang kuat bagi lulusannya untuk memberikan kontribusi pada peningkatan keterampilan berbahasa Inggris dan pemahaman budaya di kalangan siswa.

Lihat Detail
Halaman 1 dari 2

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat