logo

S1 - Pendidikan Matematika

Institut Agama Islam Negeri Palopo

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Matematika di Institut Agama Islam Negeri Palopo

Jurusan Pendidikan Matematika adalah program studi yang dirancang untuk melatih calon guru matematika di tingkat pendidikan dasar (SD/MI) dan menengah (SMP/MTs). Fokus utama dari program ini adalah mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep matematika serta keterampilan mengajar yang efektif. Mahasiswa memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep matematika mulai dari dasar hingga tingkat yang lebih kompleks. Ini melibatkan kajian tentang aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, statistik, dan topik-topik matematika lainnya. Lulusan dari jurusan Pendidikan Matematika dapat mengejar karier sebagai guru matematika di sekolah-sekolah dasar dan menengah. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum, konsultan pendidikan matematika, atau peneliti di bidang pendidikan matematika. Pendidik matematika juga dapat terlibat dalam proyek-proyek inovatif dalam pengajaran matematika dan mengambil peran penting dalam meningkatkan literasi matematika di masyarakat.

Visi:

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan guru Pendidikan Matematika yang berintegritas, professional, dan unggul dalam pembelajaran matematika berbasis ilmu, teknologi, dan keislaman berciri kearifan lokal pada tahun 2044.

Misi:

  • Berintegritas berarti setiap mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika memiliki komitmen, kejujuran, dan konsisten dalam mengerjakan kegiatan yang telah direncanakan.
  • Profesional berarti setiap mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika telah memiliki kompetensi lulusan di bidang Pendidikan Matematika.
  • Unggul berarti setiap mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika memiliki kecakapan dalam menguasai bidang Pendidikan Matematika sehingga mampu bersaing dengan calon guru Pendidikan Matematika lainnya.
  • Berbasis ilmu, teknologi, dan keislaman berciri kearifan lokal berarti setiap mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika harus mampu mengintegrasikan sikap dan kepribadiannya berdasarkan keilmuan dan kultur yang ada, diikuti dengan kemampuan menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang relevan, serta mengamalkan nilai-nilai keislaman sebagai filter dari pengaruh-pengaruh negatif globalisasi berdasarkan kearifan lokal.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Psikologi Islam
Jurusan Psikologi Islam merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan dua dimensi penting dalam pemahaman manusia, yaitu ilmu psikologi dan nilai-nilai Islam. Kamu akan diajak untuk menjelajahi dan memahami kompleksitas psikologi manusia dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pemahaman dan penanganannya. Kamu akan belajar mengenai berbagai aspek kepribadian, perkembangan, dan perilaku manusia. Kamu diajak memahami teori-teori psikologi modern dan aplikasinya dalam berbagai konteks kehidupan. Namun, yang membuat jurusan ini unik adalah pendekatan khusus terhadap pemahaman psikologi, yaitu dengan memasukkan perspektif Islam dalam menganalisis dan mengatasi tantangan psikologis. Selain itu, dalam jurusan Psikologi Islam, mahasiswa juga mempelajari sejarah perkembangan psikologi dalam tradisi Islam, mengeksplorasi konsep-konsep psikologis yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis, serta meresapi hikmah-hikmah yang terkandung dalam literatur keislaman yang dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan dalam memberikan layanan psikologis. Jurusan Psikologi Islam bukan hanya sekadar menciptakan para profesional psikologi, tetapi juga mendidik individu yang mampu menggabungkan pengetahuan psikologi dengan spiritualitas Islam, menciptakan keseimbangan holistik dalam memahami dan membantu sesama. Lulusan Jurusan Psikologi Islam diharapkan menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, membawa dampak positif dalam bidang kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis dengan landasan keislaman.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Sekolah
Saat mendengar nama jurusan ini kamu mungkin bingung karena tidak familiar. Pada dasarnya jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan bidang studi yang memfokuskan pada pendidikan di luar lingkungan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. Pendidikan luar sekolah mencakup kegiatan pembelajaran di luar kelas, seperti pendidikan masyarakat, pelatihan keterampilan, dan berbagai bentuk pendidikan non-formal lainnya. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai tingkatan. Kamu akan diajarkan untuk memahami diversitas peserta didik, baik dari segi usia, latar belakang, maupun kebutuhan pendidikan mereka. Kreatif dan inovatif merupakan sifat yang dibutuhkan dalam jurusan ini. Kamu akan menerapkan teknologi, seni, dan pendekatan partisipatif dalam desain dan implementasi program-program pendidikan. Dalam pengembangan keterampilan tersebut, kamu juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pendidikan, sosiologi, dan psikologi yang relevan dengan konteks pendidikan di luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menyentuh aspek formal pembelajaran, tetapi juga mengakui nilai dan potensi pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan menjadi fasilitator pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Oleh karena itu, jurusan Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menawarkan wawasan mendalam tentang pendidikan, tetapi juga menantang mahasiswa untuk menjadi inovator dan pemimpin yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di luar batas dinding kelas formal.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat