logo

Institut Agama Islam Tasikmalaya

Lokasi Kabupaten Tasikmalaya
Jenis Swasta
Akreditasi Baik
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Institut Agama Islam Tasikmalaya (IAIT) merupakan nama yang digunakan sejak tahun 2021 berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 1207 tahun 2021. Sebelumnya ia bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya yang disingkat STAI Tasikmalaya.

STAI Tasikmalaya merupakan nama yang digunakan sejak tahun 1995 berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 315 tahun 1995. Sebelumnya ia bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tasikmalaya yang disingkat STIT Tasikmalaya. Nama STIT Tasikmalaya tersebut digunakan sejak tahun 1988 berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 219 tahun 1988. STIT Tasikmalaya yang kemudian menjadi STAI Tasikmalaya tersebut, sejak tahun 1988 menyelenggarakan Program Sarjana (S1) yang sebelumnya, sesuai ketentuan yang berlaku waktu itu, hanya menyelenggarakan Program Sarjana Muda.

Institut Agama Islam Tasikmalaya (IAIT), yang sebelumnya bernama STIT Tasikmalaya tersebut, merupakan kelanjutan dari Fakultas Tarbiyah YPPI Tasikmalaya yang berdiri pada tahun 1974 dan mendapat pengesahan Menteri Agama RI pada tahun 1975 dengan SK Nomor : Kep/D.14/176/1975 tertanggal 27 Juni 1975. Pada waktu itu hingga tahun 1987, Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan Program Sarjana Muda.

Perubahan nama tersebut merupakan adaptasi atas Peraturan Menteri Agama RI yang mengharuskan PTAIS mengakhiri penyelenggaraan program sarjana muda dan harus diganti dengan program sarjana (S.1) sebagaimana teruang pada surat edaran Direktur Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan (Binbaga) Departemen Agama RI Nomor : E/PO.009/ED/AZ/32/1987 tertanggal 27 Oktober 1987.

Pembenahan dan peningkatan penyelenggaraan program studi terus dilakukan, terutama sejak dibukanya program S. 1 pada tahun 1988, sehingga pada tahun 1991, STIT ( Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Tasikmalaya ini mendapat peningkatan status menjadi Diakui berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 201 tahun 1991 yang kemudian diperpanjang melalui SK Menteri Agama RI Nomor 315 tahun 1995.

Sejak membuka program S.1 pada tahun 1988, STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Tasikmalaya menyelenggarakan satu jurusan yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI). Kemudian pada tahun 1995, sesuai tuntutan peraturan waktu itu berkenaan dengan keharusan pemakaian nama STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam), dengan memiliki minimal dua jurusan bagi sekolah tinggi di lingkungan Departemen Agama RI, maka seiring dengan perubahan nama dan STIT menjadi STAI sejak tahun 1995 tersebut dibuka jurusan Akhwal al Syakhsyiyyah (AS/Syari’ah) hingga sekarang. Sejak berdirinya pada tahun 1974 sampai dengan tahun 1988 Sekolah Tinggi ini bernama Fakultas Tarbiyah YPPI Tasikmalaya dengan Program Sarjana Muda. Sejak tahun 1988 (bersamaan dengan dimulainya Program Sarjana S.1) sampai dengan tahun 1995 memakai nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tasikmalaya. Kini sekolah tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya. STIT menjadi STAI dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 315 tahun 1995. Mulai tahun 1999 telah dibuka program Diploma D2 PGTKI, PGSDI dan PGPAI. Sesuai dengan tuntutan BAN-PT, STAI Tasikmalaya telah diakreditasi dengan nilai B untuk jurusan PAI dan nilai C untuk jurusan Ahwal al Syakhsyiyyah (AS) berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 012 BAN-PT/AK-IV/2000 tanggal 23 Juni 2000. Mulai Tahun Akademik 2003/2004 telah dibuka Program Studi Bahasa Inggris jenjang D3 dan Akta IV yang telah ditutup penyelenggaraannya. Pada tahun 2010, telah dibuka program S1 Manajemen Keuangan Syariah yang telah mengalami penyesuaian nama menjadi Program Ekonomi Syariah, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 702 Tahun 2012. Pada tahun 2015, telah dibuka program S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Hukum Tata Negara, S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 5260 Tahun 2015. Pada tahun 2017, telah dibuka program S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 1354 Tahun 2017. Dan pada tahun 2021, telah dibuka program Pasca Sarjana PAI berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 60 Tahun 2021. Selanjutnya STAI mendapatkan alih bentuk mengisi Institut Agama Islam Tasikmalaya disingkat IAIT, dengan surat keputusan Menteri Agama Nomor : 1207 Tahun 2021

Sebagai salah satu Perguruan Tingi Agama Islam Swasta (PTAIS) yang berada dalam koordinasi KOPERTAIS (Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta) Wilayah II Jawa Barat yang berkedudukan di Bandung, kini Institut Agama Islam Tasikmalaya (IAIT) tengah terus berbenah dan berupaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pendidikannya antara lain dengan berbagai langkah evaluasi program studi. Ke depan Institut Agama Islam Tasikmalaya (IAIT) ini diharapkan dapat berkembang menjadi Universitas Agama Islam Tasikmalaya.

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Agama Islam Tasikmalaya.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah suatu bidang studi yang fokus pada pendidikan dan pengembangan anak-anak pada usia dini (0-6 tahun) dengan pendekatan Islam. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pendidik yang memahami kebutuhan perkembangan anak usia dini dan mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran mereka. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip dasar agama Islam yang sesuai dengan pemahaman anak usia dini. Ini mencakup ajaran dasar, akhlak, dan nilai-nilai Islami. Lulusan dari jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini diharapkan dapat menjadi pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, positif, dan mendukung perkembangan holistik anak-anak pada usia dini dengan nilai-nilai Islam sebagai landasan. Mereka dapat bekerja di taman kanak-kanak Islam, lembaga pendidikan anak usia dini yang berorientasi Islam, atau terlibat dalam proyek-proyek pembelajaran Islamik untuk anak-anak.

Lihat Detail

Hukum Tatanegara (Siyasah)

Jurusan Hukum Tata Negara adalah bidang studi yang mengkaji sistem hukum yang mengatur struktur dan fungsi pemerintahan suatu negara. Fokus utama dari program studi ini adalah pemahaman tentang konstitusi, kedaulatan hukum, dan hubungan antara warga negara dengan negara. Mahasiswa mempelajari konstitusi suatu negara, termasuk asas-asas dan nilai-nilai dasar yang menjadi landasan hukum bagi pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Lulusan jurusan Hukum Tata Negara diharapkan dapat bekerja sebagai ahli hukum tata negara, penasihat hukum pemerintah, pegawai administrasi negara, atau berkarier di lembaga-lembaga yang berhubungan dengan hukum tata negara. Mereka juga dapat terlibat dalam penelitian, advokasi kebijakan, atau kontribusi pada pembangunan hukum dan tata negara di tingkat nasional maupun internasional.

Lihat Detail

Pendidikan Agama Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam merupakan bidang studi yang mengkaji secara mendalam tentang ajaran Islam dan metode-metode pengajaran untuk menyampaikan nilai-nilai Islam kepada generasi muda. Tujuan dari program studi ini adalah untuk mempersiapkan calon pendidik yang dapat mengajarkan agama Islam dengan baik di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Mahasiswa belajar tentang pokok-pokok ajaran Islam, termasuk akidah, ibadah, akhlak, hukum Islam, dan sejarah perkembangan Islam. Mereka juga memahami prinsip-prinsip kehidupan Islami. Lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat menjadi pendidik yang mampu menyampaikan ajaran Islam secara efektif, menciptakan lingkungan belajar yang positif, dan berkontribusi pada pengembangan karakter dan moralitas generasi muda. Mereka dapat bekerja sebagai guru agama di sekolah-sekolah formal, lembaga-lembaga pendidikan agama, atau terlibat dalam pengembangan kurikulum dan program pendidikan Islam.

Lihat Detail

Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah adalah bidang studi yang mengkaji prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam konteks keuangan, bisnis, dan pembangunan ekonomi. Tujuan dari program studi ini adalah untuk mempersiapkan calon profesional yang memahami prinsip-prinsip ekonomi syariah dan dapat mengaplikasikannya dalam berbagai sektor ekonomi. Mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam, termasuk larangan riba (bunga), keadilan dalam pembagian risiko dan keuntungan, dan etika bisnis sesuai dengan ajaran Islam. Lulusan jurusan Ekonomi Syariah diharapkan dapat menjadi profesional ekonomi yang memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam berbagai konteks, termasuk perbankan, keuangan, dan bisnis. Mereka dapat bekerja di lembaga keuangan syariah, perusahaan syariah, lembaga pemerintah, atau organisasi non-profit yang berfokus pada pengembangan ekonomi berbasis syariah. Selain itu, mereka juga dapat terlibat dalam konsultasi ekonomi syariah atau penelitian di bidang ini.

Lihat Detail

Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

Jurusan Hukum Keluarga merupakan bidang studi yang fokus pada aspek-aspek hukum yang terkait dengan hubungan dan dinamika dalam keluarga. Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk memahami peraturan hukum yang mengatur pernikahan, perceraian, hak dan kewajiban orang tua, serta perlindungan anak dan anggota keluarga lainnya. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip hukum yang mengatur pernikahan, termasuk persyaratan sahnya pernikahan, hak dan kewajiban suami istri, serta berbagai aspek legal lainnya yang terkait dengan institusi pernikahan. Lulusan jurusan Hukum Keluarga diharapkan dapat bekerja sebagai ahli hukum keluarga, konselor hukum keluarga, mediator hukum, atau advokat yang mengkhususkan diri dalam kasus-kasus hukum keluarga. Mereka dapat bekerja di kantor hukum, lembaga pemerintah, atau lembaga nirlaba yang fokus pada pemberdayaan dan perlindungan keluarga. Selain itu, mereka juga dapat terlibat dalam advokasi dan penelitian di bidang hukum keluarga.

Lihat Detail

Manajemen Pendidikan Islam

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam adalah bidang studi yang menitikberatkan pada pengembangan keterampilan manajerial dan kepemimpinan dalam konteks lembaga pendidikan Islam. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin pendidikan Islam yang memiliki pengetahuan luas tentang prinsip-prinsip manajemen dan kepemimpinan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip manajemen yang sesuai dengan nilai-nilai dan etika Islam. Ini melibatkan pemahaman tentang kepemimpinan adil, transparan, dan berdasarkan keadilan sosial. Lulusan dari jurusan Manajemen Pendidikan Islam diharapkan memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang kuat untuk menjalankan lembaga pendidikan Islam secara efektif. Mereka dapat bekerja sebagai kepala sekolah atau administrator pendidikan di sekolah-sekolah Islam, lembaga-lembaga pendidikan Islam, atau organisasi-organisasi yang berfokus pada pengembangan pendidikan Islam. Selain itu, mereka juga dapat terlibat dalam konsultasi pendidikan, penelitian, dan pengembangan kebijakan di bidang pendidikan Islam.

Lihat Detail

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah suatu bidang studi yang khusus mempersiapkan calon guru untuk mengajar di tingkat madrasah ibtidaiyah, yaitu tingkat pendidikan dasar untuk jenjang pendidikan Islam. Program studi ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang metode pengajaran, kurikulum, dan tantangan khusus yang terkait dengan pengajaran di madrasah ibtidaiyah. Mahasiswa PGMI belajar mendalam tentang ajaran Islam, akhlak, hukum Islam, dan sejarah perkembangan Islam. Mereka juga memahami bagaimana menyampaikan materi-materi tersebut secara efektif kepada siswa di madrasah ibtidaiyah. Lulusan PGMI diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang kuat dalam mengajar mata pelajaran agama Islam dan umum di madrasah ibtidaiyah. Mereka dapat menjadi guru agama Islam, kepala sekolah, atau administrator pendidikan di madrasah ibtidaiyah. Selain itu, mereka dapat terlibat dalam pengembangan kurikulum, penelitian pendidikan, atau pekerjaan di lembaga-lembaga pendidikan Islam.

Lihat Detail

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat