logo

S1 - Ekonomi Syari'ah

Institut Ilmu Al Qur'an An-Nur Yogyakarta

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Ekonomi Syari'ah di Institut Ilmu Al Qur'an An-Nur Yogyakarta

Jurusan Ekonomi Syariah adalah program studi yang memfokuskan pada studi ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Program ini mencakup aspek-aspek ekonomi dan keuangan yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti larangan riba, keadilan sosial, dan keberlanjutan. Studi tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam, termasuk larangan riba (bunga), larangan judi, dan prinsip keadilan sosial. Mahasiswa memahami bagaimana prinsip-prinsip ini mempengaruhi struktur ekonomi dan keuangan Islam. Lulusan dari jurusan Ekonomi Syariah diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep ekonomi Islam dan mampu berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berbasis syariah. Mereka dapat bekerja di lembaga-lembaga keuangan syariah, perusahaan-perusahaan yang berbasis syariah, pemerintah, lembaga riset, atau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.

Kemajuan zaman sekarang yang diiringi dengan teknologi yang semakin canggih, meniscayakan umat islam untuk menilik kembali hukum-hukum syari’ah demi menemukan ide-ide baru yang dapat menumbuhkan dan memberikan kecerahan terhadap realitas yang semakin kompleks. Hal ini dapat dicontohkan dalam ranah fiqh muamalah, misalnya muncul akad jual beli yang motif dan caranya sangat beraneka ragam, dan perkembangan industri perbankan yang meniscayakan tanggapan dari ilmu-ilmu islam, terutama fiqh muamalah.

Sekolah Tinggi ilmu al-Qur’an (STIQ) An Nur yang secara notabene adalah berbasis al-Qur’an, mulai membuka jurusan baru, yakni ekonomi dan bisnis syariah untuk menjawab realitas perkembangan zaman, yang secara visi dan misinya tidak terlepas dari integrasi ilmu-ilmu keislaman.

Visi:

“Menjadi program studi yang unggul dan inovatif dalam pengembangan ilmu ekonomi syariah di Indonesia dengan berwawasan nilai-nilai Al-Qur’an dan kepesantrenan”.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ekonomi syariah yang memiliki wawasan al-Qur’an dan kepesantrenan.
  • Mengembangkan ilmu ekonomi konvensional dan syariah, baik secara teoritis maupun praktis.
  • Memperkuat jaringan tenaga profesional dalam bidang ekonomi syariah terutama di Kabupaten Bantul.

Kompetensi:

  • Akademisi ekonomi Islam.
  • Konsultan Keuangan Syari’ah.
  • Enterpreneur.
  • Analis Ekonomi Islam Praktisi pengelolaan ZISWAF (zakat, infak, shadaqah dan wakaf).

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat