logo

Institut Pendidikan Indonesia Garut

Lokasi Kabupaten Garut
Jenis Swasta
Akreditasi Baik Sekali
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Pendidikan Indonesia Garut.

Pendidikan IPS

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas tentang berbagai aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya masyarakat. Jurusan Pendidikan IPS bertujuan untuk mempersiapkan calon guru yang kompeten dalam mengajar mata pelajaran IPS di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Memahami konsep-konsep dasar dalam ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan ilmu politik serta cara menerapkan pengetahuan ini dalam pembelajaran. Jurusan Pendidikan IPS bertujuan untuk menghasilkan guru yang berkompeten dalam mengajar IPS dengan pendekatan yang holistik, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Lulusan diharapkan dapat menjadi agen perubahan sosial yang mampu mendorong kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Lihat Detail

Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi (SI) adalah program studi yang membahas pengembangan, implementasi, dan manajemen sistem informasi dalam organisasi dan bisnis. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang mampu merancang, mengembangkan, dan mengelola sistem informasi yang efektif dan efisien. Memahami konsep dan prinsip dasar dalam teknologi informasi, termasuk pemrograman, basis data, jaringan komputer, analisis sistem, dan keamanan informasi. Jurusan Sistem Informasi bertujuan untuk menghasilkan profesional TI yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi informasi dan mampu mengintegrasikan solusi TI dengan kebutuhan bisnis dan organisasi. Lulusan diharapkan dapat menjadi pemimpin dalam mengelola proyek TI, meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, dan mendukung inovasi dan pertumbuhan melalui penerapan teknologi informasi yang tepat.

Lihat Detail

Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah program studi yang dirancang untuk membekali calon guru dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam tentang bahasa Inggris serta metode pengajaran yang efektif. Program ini mencakup berbagai aspek, mulai dari linguistik terapan hingga strategi pengajaran bahasa. Pembelajaran tentang struktur bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik bahasa Inggris, serta perbandingan dengan bahasa lainnya.Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mempersiapkan calon guru untuk mengajar bahasa Inggris di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Selain menjadi guru, lulusan juga dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum, peneliti pendidikan, atau konsultan pendidikan bahasa Inggris. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat menjadi agen perubahan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan membangun hubungan yang positif dengan siswa serta komunitas belajar mereka.

Lihat Detail

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah program studi yang bertujuan untuk mendalami aspek-aspek bahasa dan sastra Indonesia serta metode pengajaran yang efektif dalam konteks pendidikan. Program ini mencakup studi tentang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan berbagai pendekatan dalam pengajaran bahasa dan sastra. Pembelajaran tentang struktur bahasa Indonesia, termasuk fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik, serta perbandingannya dengan bahasa lain. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempersiapkan calon guru untuk mengajar bahasa dan sastra Indonesia di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Lulusan juga dapat bekerja sebagai pengembang kurikulum, peneliti pendidikan, atau konsultan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat menjadi agen perubahan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif serta memperkuat kecintaan siswa pada bahasa dan sastra Indonesia.

Lihat Detail

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah program studi yang memfokuskan pada pemahaman dan pengajaran nilai-nilai Pancasila serta konsep-konsep kewarganegaraan dalam konteks Indonesia. Pembelajaran mendalam mengenai nilai-nilai dasar Pancasila, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bertujuan untuk mempersiapkan calon guru dan pemimpin masa depan yang memahami, menginternalisasi, dan mampu mengajarkan nilai-nilai Pancasila serta konsep-konsep kewarganegaraan kepada generasi muda. Melalui pendidikan ini, diharapkan lulusan dapat berperan dalam membentuk masyarakat yang berbudaya, demokratis, inklusif, dan berkeadilan.

Lihat Detail

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah program studi yang dirancang khusus untuk mempersiapkan calon guru yang berkualifikasi untuk mengajar di tingkat pendidikan dasar atau SD. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi guru yang efektif dan berpengaruh di tingkat SD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar berfokus pada persiapan calon guru untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang efektif dan berperan dalam pembentukan karakter, pengetahuan, dan keterampilan siswa di tingkat pendidikan dasar. Lulusan diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan dasar dengan memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa serta mempromosikan lingkungan pembelajaran yang inklusif, responsif, dan bermakna.

Lihat Detail

Pendidikan Biologi

Jurusan Pendidikan Biologi adalah program studi yang menggabungkan pemahaman mendalam tentang ilmu biologi dengan metode pengajaran yang efektif untuk mendidik siswa tentang prinsip-prinsip dasar kehidupan, keragaman hayati, dan hubungan antara organisme hidup dengan lingkungannya. Jurusan Pendidikan Biologi bertujuan untuk menghasilkan guru biologi yang kompeten, kreatif, dan berdedikasi dalam mengajar, serta mampu menginspirasi siswa untuk mengembangkan minat dan keterampilan dalam ilmu biologi. Lulusan diharapkan dapat berperan dalam mendukung pembelajaran ilmu biologi yang bermakna, memberdayakan siswa untuk memahami peran penting biologi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjaga keseimbangan ekosistem global.

Lihat Detail

Pendidikan Fisika

Jurusan Pendidikan Fisika adalah program studi yang didedikasikan untuk mempersiapkan calon guru yang kompeten dalam mengajar ilmu fisika di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas.Memahami konsep-konsep dasar dalam fisika, termasuk mekanika, termodinamika, listrik dan magnet, optika, serta fisika modern seperti mekanika kuantum dan relativitas. Jurusan Pendidikan Fisika bertujuan untuk menghasilkan guru fisika yang berkualitas, memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu fisika serta keterampilan pedagogis yang kuat dalam mengajarkannya kepada siswa. Lulusan diharapkan dapat menginspirasi minat siswa dalam ilmu fisika, mengembangkan pemikiran kritis dan analitis, serta membantu mereka memahami peran fisika dalam dunia nyata. Melalui pendidikan ini, diharapkan akan tercipta generasi yang terampil dan terinspirasi dalam bidang sains dan teknologi.

Lihat Detail

Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika adalah program studi yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru yang berkualifikasi dalam mengajar matematika di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Jurusan Pendidikan Matematika bertujuan untuk menghasilkan guru matematika yang kompeten dan berpengalaman, memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu matematika dan keterampilan pedagogis yang kuat dalam mengajarkannya kepada siswa. Lulusan diharapkan dapat menginspirasi minat siswa dalam matematika, membantu mereka memperoleh pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep matematika, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang akan berguna dalam kehidupan mereka di masa depan. Melalui pendidikan ini, diharapkan akan tercipta generasi yang terampil dalam matematika dan mampu menghadapi tantangan dunia modern yang semakin tergantung pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lihat Detail

Pendidikan Teknologi Informasi

Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi (TI) adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan calon guru yang berkualifikasi untuk mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Memahami konsep-konsep dasar dalam teknologi informasi, termasuk jaringan komputer, sistem operasi, basis data, pemrograman, keamanan informasi, dan manajemen proyek TI. Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi bertujuan untuk menghasilkan guru TI yang kompeten, kreatif, dan berdedikasi dalam mengajar, serta mampu memotivasi dan membimbing siswa dalam memahami dan menguasai teknologi informasi dengan baik. Lulusan diharapkan dapat berperan dalam mendukung transformasi digital di sekolah, meningkatkan literasi digital siswa, dan mempersiapkan mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang terampil dalam teknologi di era digital ini.

Lihat Detail

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat