logo

S1 - Pendidikan Teknologi Informasi

Institut Pendidikan Indonesia Garut

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Teknologi Informasi di Institut Pendidikan Indonesia Garut

Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi (TI) adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan calon guru yang berkualifikasi untuk mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Memahami konsep-konsep dasar dalam teknologi informasi, termasuk jaringan komputer, sistem operasi, basis data, pemrograman, keamanan informasi, dan manajemen proyek TI. Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi bertujuan untuk menghasilkan guru TI yang kompeten, kreatif, dan berdedikasi dalam mengajar, serta mampu memotivasi dan membimbing siswa dalam memahami dan menguasai teknologi informasi dengan baik. Lulusan diharapkan dapat berperan dalam mendukung transformasi digital di sekolah, meningkatkan literasi digital siswa, dan mempersiapkan mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang terampil dalam teknologi di era digital ini.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Biasa
Jurusan Pendidikan Luar Biasa, seringkali disebut juga sebagai pendidikan khusus, merupakan bidang studi yang memfokuskan diri pada pembelajaran dan pengajaran bagi individu dengan kebutuhan khusus. Keberagaman kebutuhan ini melibatkan berbagai macam kondisi seperti gangguan perkembangan, ketidakmampuan belajar, hingga disabilitas fisik atau mental. Jurusan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik dan kebutuhan unik setiap individu, sehingga para pendidik luar biasa dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dan inklusif. Kamu akan diajarkan tentang berbagai metode dan teknik pengajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik para siswa mereka. Kamu juga belajar tentang pendekatan kolaboratif dengan orang tua, terapis, dan para profesional kesehatan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung secara menyeluruh. Pendidikan ini tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kemandirian. Selain itu, kamu juga dipersiapkan untuk menjadi advokat bagi hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, mempromosikan inklusivitas di masyarakat dan sistem pendidikan. Kamu diberdayakan untuk memahami pentingnya kesetaraan dalam pendidikan dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap keberagaman. Dengan semangat penuh dedikasi, lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa diharapkan mampu menjadi agen perubahan positif dalam dunia pendidikan, menyumbang pada terwujudnya masyarakat yang inklusif dan memberikan peluang belajar yang setara bagi semua individu, tanpa memandang perbedaan.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program studi yang bertujuan mendidik calon guru untuk tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang khusus sesuai dengan kebutuhan pendidikan Islam pada tingkat awal perkembangan anak. Kamu juga akan diajarkan untuk memahami kurikulum pendidikan Islam, metode pengajaran yang efektif, serta strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di tingkat pendidikan dasar. Program studi ini tidak hanya memberikan dasar-dasar umum pendidikan, tetapi juga menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu fokus utama jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pengembangan karakter dan moral siswa sesuai dengan ajaran Islam. Kamu akan didorong untuk menjadi panutan moral, memahami etika mengajar, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran sehari-hari. Kamu juga diajak untuk mengenali dan mengelola beragam kebutuhan belajar siswa, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Dengan pengembangan keterampilan pedagogis yang kokoh, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip Islam, dan kesadaran akan nilai-nilai pendidikan Islam, lulusan jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas, menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan, dan berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda sesuai dengan ajaran agama Islam.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat