logo

Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Lokasi Kota Binjai
Jenis Swasta
Akreditasi Belum Terakreditasi
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai.

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) adalah cabang dari ilmu hukum yang memfokuskan pada studi dan aplikasi prinsip-prinsip hukum Islam dalam konteks ekonomi dan bisnis. Mahasiswa mempelajari dasar-dasar hukum Islam yang relevan dengan transaksi ekonomi dan bisnis, termasuk hukum-hukum yang terkait dengan muamalah (perdagangan), keuangan, investasi, dan kontrak.Program ini membahas prinsip-prinsip ekonomi syariah, seperti larangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian), maysir (perjudian), dan prinsip keadilan ekonomi dalam Islam. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) mempersiapkan mahasiswa untuk memahami, menerapkan, dan menangani aspek hukum yang terkait dengan ekonomi dan bisnis dalam konteks Islam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai ahli hukum syariah, konsultan hukum ekonomi syariah, pegawai lembaga keuangan syariah, atau peneliti di bidang hukum ekonomi syariah. Mereka juga dapat berkontribusi dalam pengembangan regulasi dan kebijakan ekonomi yang berbasis syariah.

Lihat Detail

Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang menitikberatkan pada prinsip-prinsip syariah Islam dalam melakukan analisis ekonomi dan pengambilan keputusan Mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam yang meliputi sistem keuangan Islam, hukum ekonomi Islam, distribusi kekayaan, dan sistem ekonomi syariah. Program ini menyediakan pemahaman yang mendalam tentang teori ekonomi Islam, termasuk konsep-konsep seperti zakat, infaq, shadaqah, dan muamalah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Jurusan Ekonomi Syariah mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di berbagai sektor, termasuk lembaga keuangan Islam, industri perbankan syariah, konsultasi ekonomi syariah, akademisi, dan peneliti di bidang ekonomi Islam. Program ini juga membekali mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip ekonomi yang dapat diterapkan dalam konteks bisnis dan kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam.

Lihat Detail

Perbankan Syari`ah

Jurusan Perbankan Syariah adalah bagian dari ilmu ekonomi yang fokus pada prinsip-prinsip ekonomi Islam dan praktik perbankan berdasarkan syariah. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam, termasuk konsep distribusi kekayaan, keadilan ekonomi, dan prinsip keuangan Islam.Program ini membahas aspek hukum ekonomi Islam yang mencakup berbagai aspek, seperti muamalah (transaksi bisnis), hukum kontrak, hukum keuangan, dan prinsip-prinsip bisnis dalam Islam. Jurusan Perbankan Syariah memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam dan aplikasinya dalam operasi perbankan. Mahasiswa dilatih untuk menjadi profesional di industri keuangan yang mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam praktik perbankan. Karier yang dapat ditempuh lulusan jurusan ini termasuk menjadi pegawai bank syariah, analis keuangan syariah, konsultan perbankan syariah, atau peneliti di bidang perbankan dan keuangan Islam.

Lihat Detail

Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah)

Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah) adalah salah satu cabang dari ilmu hukum yang memfokuskan pada studi tentang hukum-hukum yang mengatur hubungan dan permasalahan keluarga dalam Islam. Mahasiswa dalam jurusan ini mempelajari hukum Islam yang berkaitan dengan masalah keluarga, seperti pernikahan, perceraian, hak-hak anak, warisan, wakaf, wasiat, dan masalah-masalah hukum lainnya yang terkait dengan kehidupan keluarga. Program ini mengajarkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan keluarga dalam sistem hukum Islam. Mahasiswa mempelajari berbagai ketentuan hukum keluarga yang berlaku di negara-negara dengan sistem hukum berbasis Islam. Jurusan Hukum Keluarga mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan menangani berbagai masalah hukum dan sosial yang terkait dengan keluarga dalam konteks hukum Islam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai ahli hukum keluarga, konsultan hukum, mediator keluarga, atau pekerja sosial yang berfokus pada kesejahteraan keluarga. Mereka juga dapat berkontribusi dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks keluarga sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Lihat Detail

Pendidikan Agama Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah cabang ilmu kependidikan yang memfokuskan pada pengembangan pemahaman, praktik, dan penerapan ajaran Islam dalam konteks pendidikan. Mahasiswa mempelajari landasan dan prinsip-prinsip ajaran Islam serta bagaimana menerapkannya dalam konteks pendidikan formal dan non-formal. Program ini membekali mahasiswa dengan berbagai metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan agama Islam, termasuk ceramah, diskusi, simulasi, dan penggunaan teknologi pendidikan. Jurusan Pendidikan Agama Islam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik, pengajar, dan pemimpin di berbagai institusi pendidikan, termasuk madrasah, sekolah Islam, lembaga dakwah, dan organisasi keagamaan. Lulusan jurusan ini juga dapat bekerja sebagai peneliti, penulis, atau konsultan dalam bidang pendidikan agama Islam. Mereka berperan dalam mengembangkan generasi muda yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas tentang Islam, dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Lihat Detail

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah cabang ilmu pendidikan yang mengkhususkan diri dalam persiapan dan pelatihan pendidik untuk bekerja dengan anak usia dini dalam konteks pendidikan Islam. Mahasiswa mempelajari metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini dalam memahami konsep-konsep dasar Islam, seperti iman, ibadah, akhlak, dan sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kompeten dan peduli dalam mendidik anak-anak usia dini dalam konteks Islam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai guru, koordinator program pendidikan Islam, konsultan pendidikan, atau pemimpin lembaga pendidikan Islam untuk anak usia dini. Mereka juga dapat berkontribusi dalam pengembangan kurikulum, penelitian, dan advokasi untuk peningkatan kualitas pendidikan Islam anak usia dini.

Lihat Detail

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat