logo

D4 - Elektronika Instrumentasi

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D4 - Elektronika Instrumentasi di Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

Jurusan Elektronika Instrumentasi adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam bidang desain, pengembangan, instalasi, dan pemeliharaan sistem instrumentasi elektronik. Program ini memiliki fokus pada penerapan teknologi elektronika untuk mengukur, memantau, dan mengontrol berbagai parameter dalam berbagai konteks, seperti industri, laboratorium, dan lingkungan. Memahami prinsip-prinsip dasar elektronika, termasuk teori sirkuit, komponen elektronik, dan analisis sinyal. Mempelajari prinsip-prinsip instrumentasi, teknik pengukuran, dan peralatan pengukuran seperti oscilloscope, multimeter, dan sensor-sensor berbagai jenis. Program Jurusan Elektronika Instrumentasi bertujuan untuk melatih para profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang pengukuran dan kontrol elektronik. Para lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai teknisi instrumentasi, insinyur instrumentasi, atau spesialis pengukuran dan kontrol dalam berbagai industri dan organisasi yang membutuhkan sistem instrumentasi yang andal dan canggih.

Prodi Elektronika Instrumentasi merupakan dua disiplin ilmu yang tak terpisahkan. Perkembangan teknologi elektronika dan instrumentasi di industry yang pesat khususnya untuk aplikasi industri nuklir berimplikasi pada meningkatnya permintaan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang tersebut.

Profil Lulusan :

  1. Perekayasa system instrumentasi dan kendali
  2. Pengembang Teknologi Nuklir
  3. Ahli Keselamatan & Proteksi Radiasi

Visi:

Menyediakan SDM nuklir yang berkarakter, kompeten dan berdaya saing global dalam bidang kendali, fasilitas nuklir, dan keselamatan & keamanan radiasi.

Misi:

  1. Menyelanggarakan pendidikan vokasi nuklir yang mencakup bidang kendali, instrumentasi fasilitas nuklir, dan keselamatan & keamanan radiasi.
  2. Melaksanakan kegiatan riset dan inovasi teknologi nuklir dan aplikasinya.
  3. Membangun kerja sama regional dan internasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan teknologi nuklir.
  4. Membangun karakter sumber daya manusia yang memiliki iman, takwa dan wawasan kebangsaan. 

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat