S1 - Pendidikan guru sekolah dasar
Tentang Program Studi
Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, didirikan pada tahun 2014 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 95/E/0/2014 Tgl. 16 Mei 2014. Program Studi PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2. Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, dan bengkel kreativitas media pembelajaran. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Dinas terkait.
Visi:
Terwujudnya Program Studi PGSD Yang Unggul Dalam Menciptakan Pendidik Profesional, Berwirausaha Berlandaskan Imtaq dan Iptek di Tahun 2032
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi bidang kependidikan yang unggul, kreatif, dan inovatif
- Menyelenggarakan peserta didik menjadi guru sekolah dasar yang bermutu, sebagai insan ulul albab dan kader bangsa yang mandiri, profesional, kompetitif dan berakhlak mulia
- Menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dalam memajukan pendidikan di sekolah dasar
- Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal, nasional maupun internasional untuk dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam pembangunan pendidikan sekolah dasar
- Mewujudkan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam dan pelayanan pada masyarakat dalam upaya ikut serta meningkatkan mutu hidup dan kehidupan pada setiap pelaksanaan catur darma perguruan tinggi dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika pada Program Studi PGSD.
- Membangun jejaring dan kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan Program Studi PGSD yang memiliki keunggulan dan daya saing.
Kompetensi:
- Menjadi pusat pengembangan keilmuan Pendidikan Dasar di kalangan praktisi pendidikan formal dan non-formal
- Mampu menghasilkan tenaga pendidik yang : Memiliki kemampuan dan selalu berpegang teguh pada nilai moral dalam setiap landasan perbuatannya, Menjalankan profesi kependidikan sesuai dengan bidang keahliannya, Mampu memiliki keterampilan adaptasi dan keahlian paedagogik, Melakukan proses kegiatan kerja sesuai dengan aturan yang berlaku pada instansi tempat mengabdi, dan Memiliki sifat objektif dalam pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah yang muncul.
Capaian Pembelajaran:
- Mampu menguasai konsep teoretis pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan pemikiran logis dan kritis.
- Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan beradaptasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi. adaptif.
- Mampu menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran secara prosedural.
- Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural, baik mandiri dan/atau berkolaborasi berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan beradaptasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi. adaptif.
- Mampu menghasilkan karya inovatif sebagai solusi pemecahan masalah di sekolah dasar secara mandiri dan/atau berkolaborasi.
- Mampu melakukan pengembangan profesi berkelanjutan melalui penguasaan dan penerapan prinsip-prinsip pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran secara prosedural disertai sikap mandiri dan tanggung jawab.
- Mampu mengkomunikasi secara lisan maupun tulis pengetahuan, rancangan dan karya inovatif tentang pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di Sekolah Dasar
- Mampu merancang, mengelola, dan menjalankan usaha di bidang pendidikan sekolah dasar berbasis kearifan lokal dengan penuh tanggung jawab, mandiri, berintegritas, adaptif, kompetitif, dan belajar sepanjang hayat
Rekomendasi Jurusan
Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati
Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id
Yuk, ikuti tesnya!