Galeri Kampus Universitas Negeri Jakarta
Intip foto-foto keren—dari gedung kampus hingga kegiatan mahasiswa.
Tentang Kampus
Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!
Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-I, B-II, dan PGSLP yang bertugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan. Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri P dan K No. 382/Kab tahun 1954. PTPG ini didirikan di empat kota yakni Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Dengan demikian terdapat dua macam lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGSLP dan PTPG. Kedua lembaga ini kemudian diintegrasikan menjadi satu lembaga pendidikan melalui berbagai tahap. Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada universitas terdekat. Berdasarkan PP No. 51 tahun 1958 Fakultas Pedagogik diintegrasikan ke dalam FKIP. Pada tahun 1963, oleh Kementerian Pendidikan Dasar didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) untuk menghasilkan guru sekolah menengah; sementara berdasarkan Keputusan Menteri P dan K No. 6 dan 7, tanggal 8 Pebruari 1961 Kursus B-I dan B-II diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi yang juga menghasilkan guru sekolah menengah. Dualisme ini dirasakan kurang efektif dan mengganggu manajemen pendidikan guru. Untuk mengatasi ini maka kursus B-I dan B-II di Jakarta diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia. Melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru. Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta. FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta. Dalam perkembangan selanjutnya IKIP diberi perluasan mandat untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas. IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara. Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.
Program Studi
Temukan beragam program studi yang tersedia di Universitas Negeri Jakarta.
Administrasi Perkantoran Digital
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Administrasi Perkantoran Digital adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam mengembangkan keterampilan administrasi modern yang berfokus pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan perkantoran. Fokus utamanya adalah untuk mempersiapkan peserta didik agar siap terjun langsung ke dunia kerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan administrasi perkantoran dalam era digital. Mahasiswa akan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar manajemen, organisasi perkantoran, serta teknik-teknik administrasi modern yang meliputi penyusunan laporan, penyimpanan dan pengelolaan data secara elektronik, pengaturan rapat daring, dan penggunaan platform kolaborasi online. Selama studi, mahasiswa akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam situasi-situasi nyata di lingkungan perkantoran simulasi atau melalui magang di perusahaan-perusahaan mitra. Lulusan program D4 Administrasi Perkantoran Digital dapat mengejar berbagai karier di bidang administrasi, seperti asisten administrasi, sekretaris, staf administrasi umum, atau administrator data.
Akuntansi Sektor Publik
Lihat Detail
Program Sarjana Terapan (D4) Akuntansi Sektor Publik didesain untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidang akuntansi sektor publik, yang mencakup lembaga pemerintah, lembaga nirlaba, dan organisasi sektor publik lainnya. Program ini menawarkan pendekatan yang komprehensif dalam pembelajaran akuntansi sektor publik, yang mencakup pemahaman tentang prinsip-prinsip akuntansi keuangan, audit sektor publik, perpajakan, serta sistem dan prosedur yang diterapkan dalam lingkungan sektor publik. Selama studi, mahasiswa akan terlibat dalam studi kasus dan proyek-proyek praktis yang mencerminkan situasi nyata dalam manajemen keuangan sektor publik. Mereka akan belajar untuk menerapkan konsep dan teknik akuntansi dalam konteks situasi nyata, serta untuk menganalisis masalah dan membuat keputusan yang berkaitan dengan manajemen keuangan sektor publik. Mereka akan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang akuntansi sektor publik dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan kerja yang kompleks dan dinamis.
Desain Mode
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Desain Mode adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam bidang desain busana dan industri mode. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan kreativitas, keahlian teknis, dan pemahaman bisnis yang diperlukan untuk merancang, membuat, dan memasarkan produk-produk mode yang inovatif dan sesuai dengan tren pasar. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek desain mode, termasuk kreativitas dalam perancangan, konstruksi pola, pemilihan bahan, teknik menjahit, dan presentasi portofolio. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar manajemen bisnis dalam industri mode, seperti pemasaran produk mode, manajemen merek, strategi penjualan, dan aspek hukum dan keuangan yang terkait dengan bisnis mode. Mereka juga akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan desain mereka melalui proyek-proyek kreatif, workshop praktis, dan magang di perusahaan-perusahaan mode atau rumah mode terkemuka. Lulusan program D4 Desain Mode dapat mengejar berbagai karier di industri mode, seperti desainer busana, desainer tekstil, stylist, merchandiser, atau manajer produk. Mereka juga memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang terkait industri mode, seperti pemasaran mode, perencanaan acara mode, atau manajemen ritel.
Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam bidang hubungan masyarakat modern yang didukung oleh teknologi digital. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi komunikasi yang efektif untuk organisasi, perusahaan, atau entitas lainnya dalam era digital ini. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek hubungan masyarakat dan komunikasi digital, termasuk teori komunikasi, etika komunikasi, riset pasar, manajemen reputasi, pemasaran digital, dan analisis media sosial. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari tentang penggunaan alat-alat dan teknologi digital dalam praktik hubungan masyarakat, seperti pengelolaan situs web, produksi konten digital, analisis data media sosial, dan penerapan strategi SEO (Search Engine Optimization). Mereka juga akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi mereka melalui proyek-proyek praktis, studi kasus, dan simulasi situasi nyata yang sering dihadapi oleh praktisi hubungan masyarakat dan komunikasi digital. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di bidang hubungan masyarakat, pemasaran digital, manajemen merek, atau komunikasi korporat.
Kosmetik dan Perawatan Kecantikan
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Kosmetik dan Perawatan Kecantikan adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang dirancang untuk melatih peserta didik dalam berbagai aspek kosmetik, perawatan kulit, dan kecantikan. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merawat dan meningkatkan penampilan fisik seseorang, serta memahami prinsip-prinsip ilmiah di balik perawatan kulit, rambut, dan tubuh. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek kecantikan dan kosmetik, termasuk pemahaman tentang struktur dan fungsi kulit, teknik aplikasi makeup, perawatan rambut, perawatan tubuh, dan pemilihan produk kosmetik yang tepat. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari tentang standar keamanan dan kebersihan dalam melakukan layanan kecantikan, termasuk sterilisasi peralatan, sanitasi, dan prosedur keamanan kerja. Mereka akan dilatih untuk mengidentifikasi jenis kulit dan masalah kulit, serta untuk merancang dan melaksanakan program perawatan kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan individu. Mereka juga akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui praktek langsung dalam menyediakan layanan kecantikan seperti facial, waxing, manicure, pedicure, dan makeup application. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di industri kecantikan, seperti estetikawan, ahli kecantikan, terapis spa, penata rambut, atau makeup artist.
Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam manajemen operasi pelabuhan dan logistik maritim. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola berbagai aspek kegiatan operasional di pelabuhan serta proses logistik dalam industri maritim. Mahasiswa akan mempelajari tentang prosedur-prosedur operasional yang terkait dengan kegiatan pelabuhan, seperti pemuatan kapal, bongkar muat barang, penanganan kargo, dan pengelolaan stok gudang. Mereka juga akan belajar tentang penggunaan perangkat lunak manajemen logistik dan sistem informasi untuk memantau dan mengendalikan aliran barang dan informasi di pelabuhan. Selama studi, mahasiswa akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengunjungi pelabuhan-pelabuhan yang beroperasi dan mendapatkan pengalaman langsung dalam mengelola operasi pelabuhan serta proses logistik. Mereka juga akan dilibatkan dalam proyek-proyek penelitian dan studi kasus yang relevan dengan industri maritim untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang isu-isu terkini dalam manajemen pelabuhan dan logistik. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di industri maritim, termasuk sebagai manajer pelabuhan, koordinator logistik, analis rantai pasok, atau agen pelayaran.
Pemasaran Digital
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Pemasaran Digital adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam strategi pemasaran yang berbasis pada platform dan teknologi digital. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan pemahaman yang kuat tentang konsep pemasaran modern dan menguasai berbagai alat dan teknik pemasaran digital yang efektif dalam menghadapi tantangan era digital. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek pemasaran digital, termasuk pemasaran melalui media sosial, pemasaran konten, optimasi mesin pencari (SEO), iklan online, analisis data digital, dan strategi pemasaran email. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari tentang penggunaan alat-alat pemasaran digital, seperti Google Analytics, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan perangkat lunak manajemen kampanye email. Mereka akan dilatih untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran digital menggunakan berbagai platform dan alat yang tersedia. Mereka juga akan terlibat dalam pembelajaran praktis di mana mereka akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui proyek-proyek praktis, studi kasus, dan simulasi situasi nyata yang sering dihadapi oleh praktisi pemasaran digital. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di bidang pemasaran digital, seperti spesialis pemasaran digital, manajer konten digital, analis pemasaran web, spesialis SEO, atau manajer media sosial.
Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam seni memasak dan manajemen operasional di industri jasa makanan. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam memasak makanan berkualitas tinggi serta memahami aspek-aspek manajemen yang terkait dengan pengelolaan usaha kuliner. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek seni kuliner, termasuk teknik memasak, penanganan bahan makanan, kreativitas dalam penyusunan menu, kebersihan dan sanitasi, serta presentasi hidangan. Mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen operasional yang terkait dengan industri jasa makanan, seperti perencanaan menu, manajemen inventaris, manajemen staf, pengaturan layanan pelanggan, dan prinsip-prinsip keuangan dalam bisnis kuliner. Mereka akan dilatih untuk merancang dan mengelola operasi dapur yang efisien serta menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas. Mereka juga akan terlibat dalam proyek-proyek praktis yang menekankan kreativitas dalam merancang menu dan pengelolaan operasional restoran. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di industri kuliner, seperti koki eksekutif, koki garis, manajer restoran, kepala dapur, atau pemilik usaha kuliner.
Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung
Lihat Detail
Program Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung adalah sebuah program pendidikan tinggi yang menawarkan pendalaman yang lebih lanjut dalam bidang rekayasa konstruksi bangunan gedung. Dibandingkan dengan program sarjana biasa, program ini memiliki fokus yang lebih kuat pada penerapan teknologi dalam proses desain, konstruksi, dan manajemen proyek bangunan. Kurikulum program ini mencakup mata kuliah inti yang mencakup teori dan praktek dalam rekayasa struktur, desain bangunan, manajemen proyek, serta teknologi konstruksi. Selama studi, mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai jenis material bangunan, metode konstruksi terbaru, serta teknologi informasi dan perangkat lunak desain yang digunakan dalam industri konstruksi. Selain itu, mahasiswa juga akan terlibat dalam proyek-proyek rekayasa yang melibatkan perancangan, simulasi, dan pembangunan bangunan gedung. Mereka akan memperoleh pengalaman praktis dalam mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang rekayasa struktur, teknologi material, dan teknologi informasi untuk menghasilkan desain yang inovatif dan efisien. Nantinya, lulusan akan bekerja sebagai desainer struktur, manajer proyek konstruksi, atau konsultan rekayasa bangunan di berbagai organisasi konstruksi, perusahaan pengembang, atau lembaga pemerintah.
Teknologi Rekayasa Manufaktur
Lihat Detail
Program Diploma 4 (D4) Teknologi Rekayasa Manufaktur adalah program pendidikan tingkat menengah kejuruan yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam pengembangan, penerapan, dan pengelolaan teknologi dalam proses manufaktur. Fokus utamanya adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang kuat tentang proses produksi, teknologi manufaktur modern, dan prinsip-prinsip rekayasa yang terkait dengan pembuatan produk. Kurikulum program ini mencakup berbagai aspek teknologi rekayasa manufaktur, termasuk desain produk, proses produksi, otomatisasi, kontrol kualitas, dan manajemen rantai pasok. Mahasiswa akan mempelajari tentang teknologi terkini dalam industri manufaktur, seperti manufaktur aditif, robotika industri, Internet of Things (IoT), dan big data analytics. Mereka akan dilatih untuk menggunakan perangkat lunak dan peralatan teknis terkait dengan proses produksi modern, serta memahami konsep-konsep dasar dalam mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas dalam lingkungan manufaktur. Mereka juga akan terlibat dalam proyek-proyek praktis yang menekankan penggunaan teknologi dalam proses produksi dan menyelesaikan tantangan rekayasa yang nyata dalam lingkungan industri. Nantinya, lulusan program ini dapat mengejar berbagai karier di industri manufaktur, seperti operator mesin CNC, teknisi produksi, perencana manufaktur, atau insinyur rekayasa.
Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id
Yuk, ikuti tesnya!