Featured | Info Jurusan | Info Kuliah

10 Jurusan Kuliah Terbaik dan Ideal untuk Lulusan SMK

293   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 November 2020

Lulusan SMK biasanya masih identik dengan sekolah yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan kerja. Nah, tapi gak selamanya anggapan tersebut benar, lho. Dewasa ini banyak sekali anak lulusan SMK yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Banyak dari mereka yang ingin memperdalam ilmu yang sudah mereka miliki dengan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi impian mereka. 

Bagi teman maukuliah lulusan SMK dan ingin melanjutkan kuliah, berikut adalah 10 jurusan terbaik yang bisa kamu masuki. Yuk simak!

1. Desain Komunikasi Visual

Setelah melakukan pendalaman praktik selama sekolah di bangku SMK, pasti para siswa yang memiliki skill di dalam dunia animasi. Dengan berbekal skill yang sudah dimiliki ini, maka para siswa akan dengan mudah memperdalam ilmunya ketika mengambil jurusan perkuliahan Desain Komunikasi Visual. 

Dengan memelajari berbagai macam konsep tentang animasi, ketika lulus pun kamu akan siap dalam produksi animasi dalam bentuk film maupun TV. Jadi bagi kamu lulusan SMK jurusan animasi, jurusan ini bisa jadi salah satu opsi terbaik yang bisa kamu ambil dalam perguruan tinggi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan ini, kamu bisa mencari informasi di Institit Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Binus University. 

2. Multimedia

Multimedia merupakan salah satu jurusan yang digadang-gadang bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi. Belajar di program studi ini, kamu akan lebih mengenal lebih dalam mengenai pengembangan web, pengembangan multimedia, pengembangan permainan, dan pengembangan aplikasi digital lain. Terlebih di era digital seperti ini, jurusan ini bisa menjadi salah satu pintu pembuka bagi kamu yang ingin berkarir di dunia digital. 

Seperti yang kita tahu, terjun di dunia multimedia memang memerlukan skill yang sangat tinggi. Nah, bagi kamu siswa lulusan SMK pastinya sudah memiliki skill praktik yang tinggi. So, dengan memasuki perguruan tinggi di jurusan ini, kemampuanmu akan tersalurkan dengan baik jika memilih jurusan ini. Buat kamu ingin melanjutkan studi ke jurusan ini, langsung aja pantau informasi lebih lanjut di Telkom University, Politeknik Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Jakarta. 

3. Broadcasting

Tidak hanya jurusan multimedia, jurusan broadcasting merupakan salah satu jurusan yang menjadi idola bagi para siswa lulusan SMK untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Banyaknya media massa dan telekomunikasi saat ini, sangat membantu kamu untuk berkarir di bidang ini. 

Dengan berbekal ilmu pratik selama SMK ditambah lagi dengan pendalaman materi selama kuliah, maka bisa dipastikan kamu bisa mendapatkan benefit yang sangat banyak dari jurusan ini. Untuk mendalami ilmu broadcasting di jenjang perguruan tinggi, kamu bisa melanjutkan studi di Universitas Padjajaran, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Indonesia. 

4. Farmasi

Menjadi jurusan favorit di Indonesia, jurusan farmasi ini bisa dijadikan salah satu opsi terbaik bagi siswa SMK Farmasi yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Dengan pengalaman yang sudah dimiliki selama sekolah di SMK, pasti para siswa ini dinilai sudah mahir dalam skill praktik mereka.

Seperti yang kita ketahui, setelah lulus dari perguruan tinggi pun prospek kerja di bidang farmasi ini masih sangat dibutuhkan di dunia kesehatan. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi disini, kamu bisa mengambil jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga. 

5. Analis Kimia

Masih di bidang sains, jurusan analis kimia ini adalah jurusan yang dinilai punya daya saing tinggi. Kebanyakan dari lulusan SMK Analis Kimia bisa melanjutkan studinya di jurusan Analis Kimia saat di jenjang perguruan tinggi. Ketrampilan yang dimiliki oleh siswa SMK Analis Kimia bisa memberikan bekal yang cukup ketika mereka masuk di perguruan tinggi. 

Tingkat kesulitan dan kerumitan yang dimiliki jurusan ini ternyata membuka peluang lapangan pekerjaan yang sangat besar, lho. Untuk melanjutkan studi ini, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di beberapa perguruan tinggi ini, seperti Politeknik Negeri Bandung, Universitas Jambi, dan Institut Pertanian Bogor.

6. Tata Boga

Cukup populer di kalangan masyarakat, jurusan Tata Boga merupakan salah satu jurusan yang bisa diambil oleh para lulusan SMK Tata Boga untuk melanjutkan studinya. Jurusan ini ternyata memiliki prospek yang cukup luas, lho. Lulusan dari siswa SMK Tata Boga, pasti sudah memiliki bekal yang cukup bila melanjutkan studinya di jurusan ini. 

Banyak dari mereka bisa mendalami ilmu ini dan menjadikannya sebagai pintu gerbang untuk karir mereka di masa depan. Beberapa dari mereka ada yang membuka bisnis kuliner atau bahkan ada yang sukses menjadi koki di berbagai restoran maupun hotel. Jurusan tata boga ini bisa kamu ambil di beberapa perguruan tinggi ini, yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Jakarta. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Universitas Jurusan Tata Boga

 

7. Tata Busana

Tata Busana, salah satu jurusan yang akan berkecimpung di bidang industri garmen dan fashion. Berbekal ilmu menggambar, menggunting pola pakaian dan pelajaran mengenai tekstil ini akan membuat kamu lebih mudah saat mendalami jurusan tersebut di jurusan tata busana atau fashion design

Dunia fashion dan design yang berkembang pesat akhir-akhir ini, membuat jurusan ini sedang banyak dicari kalangan masyarakat luas. Lulusan dari jurusan tata busana bisa melebarkan sayapnya di bisnis butik dan pakaian fabrik. Mau melanjutkan studi di jurusan ini? Kamu bisa melanjutkan studi di Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Malang. 

Baca juga: 5 Jurusan  yang Paling Cocok untuk Anak Seni 

 

8. Teknik Otomotif

Berbekal ilmu merakit kendaraan bermotor, jurusan teknik otomotif ini adalah jurusan yang sangat menjanjikan,lho. Lulusan SMK Teknik otomotif ini tentunya sudah memiliki ilmu dan bekal praktik yang cukup, jadi jika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pasti kamu sudah memiliki persiapan yang sangat matang.

Di Indonesia sendiri, jurusan teknik otomotif memang sedang banyak dicari. So, bagi kamu anak lulusan SMK, jurusan ini bisa jadi opsi untukmu. Sekarang ini, terdapat beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini, yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yogyakarta,dan Universitas Negeri Malang. 

9. Teknik Elektronika

Setara dengan jurusan teknik otomotif, jurusan teknik elektronika ini juga menjadi salah satu jurusan idaman lulusan anak SMK. Mendalami ilmu dan praktik selama tiga tahun di jurusan ini, pastinya lulusan teknik elektronika sudah siap dan mampu ketika melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Gak cuma favorit saja,guys. Jurusan teknik eletronika ini juga memiliki masa depan yang cukup cerah. Banyak industri dan perusahaan di Indonesia membutuhakan tenaga ahli elektronika ini. Wah pas banget deh kalau kamu mau mendalami ilmu ini. Untuk bisa melanjutkan studi di jurusan ini, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan  beberapa Politeknik Negeri di Indonesia

10 Akuntansi

Di bidang ekonomi dan bisnis, ada pula jurusan Akuntansi. Keunggulan jurusan yang satu ini memang gak bisa diragukan lagi. Semua sektor industri, perusahaan dan perdagangan pasti membutuhkan jurusan ini. Lulusan SMK jurusan akuntansi bisa banget untuk melanjutkan studi di jurusan akuntansi. 

Buat kamu yang ingin mendalami studi di jurusan ini, kamu bisa melanjutkan studi di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Airlangga

Baca juga: Kelebihan Jurusan Akuntansi dan Prospek Kerjanya

 

Nah, buat kamu para siswa SMK, jurusan tadi adalah rekomendasi jurusan yang bisa kamu ambil di perguruan tinggi. Meskipun bersekolah di SMK berorientasi pada praktik dan kerja, namun bukan suatu hal yang tidak mungkin jika mereka melanjutkan studi di perguruan tinggi. Jadi kesempatan kamu untuk mengenyam dunia perguruan tinggi masih sangat terbuka luas. 

Kalau kamu belum menemukan kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id.

Tags tidak ada

Artikel Terkait

Info Jurusan | Info Kuliah

Tak Suka Matematika, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Posted by Seprila Mayang   |   23 November 2020
Dunia Mahasiswa | Featured | Tips & Trik

Mahasiswa Baru, Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

Posted by Seprila Mayang   |   17 September 2020
Info Jurusan | Info Kuliah

Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

Posted by Seprila Mayang   |   01 September 2020
Info Kampus | Info Kuliah

10 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2020

Posted by Seprila Mayang   |   18 August 2020

Komentar Anda