Info Jurusan

Aktuaria, Prodi Baru dengan Prospek Menjanjikan

32   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 February 2021

Halo Sobat! Siapa yang masih belum tau jurusan Aktuaria? Yups, Jurusan Aktuaria bisa dibilang jurusan baru di tingkat sarjana. Jurusan Aktuaria merupakan jurusan yang membahas tentang matematika asuransi.

Jurusan yang satu ini bisa dibilang sebagai jurusan yang membahas tentang ilmu asuransi, matematika, dan statistika. Menariknya lagi jurusan ini banyak banget diminati oleh para peserta SBMPTN lho. Berdasarkan data SBMPTN tahun 2019, jurusan Aktuaria langsung menempati passing grade tertinggi di bidang saintek.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya

Lebih dekat dengan jurusan Aktuaria

Jurusan Aktuaria sangat dekat dengan ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Saat masuk jurusan ini, kamu  akan mendalami tentang peluang, matematika, statistika, dan pemrograman komputer.

Gak hanya itu saja lho, kamu juga akan belajar tentang komputerisasi dan pemrograman aktuaria, manajemen klaim, hukum, matematika asuransi jiwa, matematika dana pensiun , SDM dalam industri asuransi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

Prospek kerja jurusan Aktuaria

Menarik peminat yang banyak tentunya jurusan ini punya kelebihan tersendiri kan? Di masa yang akan datang, jurusan ini sangat dicari karena keahliannya dibutuhkan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Melihat peluang kerja yang terbuka lebar, maka banyak siswa yang berburu jurusan ini.

Setelah lulus, para mahasiswa bisa melanjutkan pekerjaan sebagai seorang aktuaris, pemeriksa klaim dan asuransi properti, penilai, pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi. Di Indonesia sendiri, tenaga ahli aktuaria masih bisa dibilang jarang. Sedangkan pemerintah Indonesia mewajibkan setiap perusahaan memiliki minimal satu orang aktuaris.

Yaps, bisa dibayangkan kan. Peluang kerja jurusan Aktuaria di masa depan sangat berpeluang besar. So, jurusan ini memang benar-benar berpeluang besar dalam karier.

Baca juga: Siapa Sangka, 7 Jurusan Langka ini Ternyata Memiliki Peluang Karir yang Bagus

Beberapa kamu di Indonesia ternyata juga punya program studi ini lho. Seperti halnya di IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, ITS Surabaya, dan Universitas Airlangga.

Masih bingung juga sama jurusan masa depan? Langsung aja yuk kunjungi maukuliah.id. Informasi seputar perguruan tinggi bakal banyak kamu temukan disana. Gak bakal bingung lagi deh. hehe

Tags tidak ada

Komentar Anda