Pendidikan Agama Islam

Ilmu Pendidikan dan Agama

Tentang Jurusan

Ini dia info lengkap tentang jurusan impianmu. Yuk, kenalan lebih dekat!

Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah suatu program studi yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan mendalam tentang ajaran-ajaran Islam, sejarah perkembangannya, serta metode pengajaran yang efektif. Melalui kurikulumnya, jurusan ini tidak hanya fokus pada aspek teologis Islam, tetapi juga membahas konteks sosial, budaya, dan historis yang memengaruhi pemahaman dan praktik Islam.
Pada jurusan ini kamu juga akan diajak untuk menjelajahi kekayaan ajaran Islam, mulai dari pemahaman tentang Tafsir Al-Quran, Hadis, Fiqih, Akhlak, hingga sejarah perkembangan pemikiran Islam. Kamu juga diperkenalkan pada metode-metode pengajaran yang inovatif dan dapat diadaptasi dalam konteks pendidikan modern.
Jurusan ini mempersiapkan kamu untuk menjadi fasilitator pengembangan karakter dan spiritualitas siswa, membimbing mereka dalam memahami ajaran Islam sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa, mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan kepedulian sosial yang mendasarkan diri pada prinsip-prinsip Islam. Jurusan ini memberikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam mendidik generasi penerus yang memiliki pemahaman yang mendalam, toleran, dan berdaya saing, sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang mengedepankan pengetahuan, etika, dan keseimbangan hidup.

Prospek Karier

Sudah terbayang mau jadi apa setelah lulus? Ini beberapa pilihan karier yang bisa jadi pilihanmu.

Lihat Karier Lainnya

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang

Rekomendasi Kampus

Temukan kampus yang banyak diminati dengan reputasi baik, lulusan berkualitas, dan prospek kerja yang cerah

university
Negeri
logo
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Untuk merespon tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan mendasar atas lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.2 tahun 1989 di mana jenjang pendidikan pada Departemen Pendidikan Nasional R.I dan Departemen Agama R.I, telah disamakan kedudukannya khususnya jenjang pendidikan menegah, serta untuk menampung lulusan jenjang pendidikan menengah di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional R.I dan Departemen Agama R.I, diperlukan perubahan status Kelembagaan dari Institut menjadi Universitas, maka atas prakarsa pimpinan IAIN Alauddin periode 2002-2006 dan atas dukungan civitas Akademika dan Senat IAIN Alauddin serta Gubernur Sulawesi Selatan, maka diusulkanlah konversi IAIN Alauddin Makassar menjadi UIN Alauddin Makassar kepada Presiden R.I melalui Menteri Agama R.I dan Menteri Pnedidikan Nasional R.I. Mulai 10 Oktober 2005 Status Kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar berubah menjadi (UIN) Universitas Islam Negeri Alauddinn Alauddin Makassar berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No 57 tahun 2005 tanggal 10 Oktober 2005 yang ditandai dengan peresmian penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Bapak DR H Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 4 Desember 2005 di Makassar. Dalam perubahan status kelembagaan dari Institut ke Universitas , UIN Alauddin Makasar mengalami perkembangan dari lima (5) buah Fakutas menjadi 7 (tujuh) buah Fakultas dan 1 (satu) buah Program Pascasarjana (PPs) berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 5 tahun 2006 tanggal 16 Maret 2006, yaitu: Fakuktas Syariah dan Hukum (FSH), Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FIK),Prgoram Pascasarjana(PPs)
Lihat Kampus Lainnya
Menu
Profil
Riwayat