logo

Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Lokasi Kota Kupang
Jenis Negeri
Akreditasi Baik
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Institut Agama Kristen Negeri Kupang.

Sosiologi Agama

Jurusan Sosiologi Agama merupakan bidang studi yang mengkaji interaksi sosial dan struktur sosial dalam konteks keberagaman agama. Program ini mengeksplorasi bagaimana agama memengaruhi dan dipengaruhi oleh dinamika sosial, serta bagaimana praktek-praktek keagamaan berinteraksi dalam masyarakat. Mahasiswa mempelajari teori-teori sosiologi yang berkaitan dengan fenomena keagamaan, seperti teori fungsi sosial, konflik sosial, interaksi simbolik, dan teori pertukaran sosial. Lulusan dari jurusan Sosiologi Agama diharapkan dapat bekerja sebagai peneliti, analis keagamaan, konsultan keberagaman, atau advokat kebebasan beragama. Mereka juga dapat terlibat dalam kegiatan pengembangan masyarakat, penelitian keagamaan, atau advokasi hak asasi manusia. Selain itu, lulusan ini dapat berkontribusi pada pekerjaan di lembaga-lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, atau lembaga internasional yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang hubungan antara agama dan masyarakat.

Lihat Detail

Pendidikan Penyuluh Agama

Jurusan ini mungkin memiliki fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan agama kepada masyarakat. Memahami dan mengajar ajaran agama yang menjadi fokus, seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, atau agama-agama lainnya. Ini mencakup pemahaman mendalam tentang teks-teks suci, tradisi, dan praktik-praktik keagamaan. Pengembangan keterampilan dalam merancang dan menyampaikan materi penyuluhan agama. Ini melibatkan penguasaan teknik-teknik penyampaian informasi, penggunaan media pendidikan, dan interaksi dengan audiens. Pengembangan kurikulum untuk program penyuluhan agama, yang mencakup pemilihan materi ajar, struktur pembelajaran, dan metode evaluasi.

Lihat Detail

Seni Pertunjukan Keagamaan

Mahasiswa dapat mempelajari dasar-dasar teologi yang terkait dengan agama tertentu dan bagaimana prinsip-prinsip keagamaan ini tercermin dalam seni pertunjukan. Ini bisa mencakup pemahaman tentang ritual, simbolisme keagamaan, dan nilai-nilai spiritual yang ingin diungkapkan melalui seni pertunjukan. Studi seni pertunjukan tradisional yang terkait dengan keagamaan, seperti tarian, drama, musik, dan bentuk seni pertunjukan lainnya yang digunakan dalam upacara keagamaan. Studi seni pertunjukan tradisional yang terkait dengan keagamaan, seperti tarian, drama, musik, dan bentuk seni pertunjukan lainnya yang digunakan dalam upacara keagamaan. Studi tentang musik keagamaan, termasuk lagu-lagu keagamaan, musik liturgis, dan penggunaan alat musik dalam ibadah.

Lihat Detail

Psikologi Kristen

Jurusan Psikologi Kristen adalah suatu bidang studi yang menggabungkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Kristen dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang psikologi. Program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi secara holistik, sejalan dengan keyakinan dan nilai-nilai Kristen. Mahasiswa mempelajari konsep-konsep psikologi umum seperti perkembangan manusia, kepribadian, motivasi, emosi, dan proses kognitif. Ini membentuk dasar pemahaman mereka tentang psikologi sebagai ilmu. Lulusan dari jurusan Psikologi Kristen diharapkan dapat menggabungkan pemahaman psikologi dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Kristen dalam memberikan pelayanan konseling, dukungan psikologis, dan pelayanan rohaniah. Mereka dapat bekerja sebagai konselor Kristen, konselor pastoral, atau dalam berbagai konteks pelayanan gereja, organisasi Kristen, atau lembaga pendidikan Kristen. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan studi ke tingkat lanjut atau terlibat dalam penelitian dan pengembangan dalam bidang psikologi Kristen.

Lihat Detail

Misiologi

Jurusan Misiologi adalah bidang studi yang memfokuskan pada studi dan pemahaman tentang misi Kristen, baik dalam konteks nasional maupun internasional. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk terlibat dalam pekerjaan misi, penginjilan, dan pelayanan lintas-budaya. Pemahaman dan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar teologis dari misi Kristen. Ini mencakup pemahaman terhadap panggilan misi, pemahaman Alkitab terhadap misi, dan kerangka teologis untuk penginjilan. Lulusan jurusan Misiologi dapat mengejar berbagai karier, termasuk menjadi misionaris, konsultan misi, pendeta, pendidik misi, atau terlibat dalam pekerjaan penginjilan dan pelayanan lintas-budaya. Mereka juga dapat terlibat dalam pekerjaan bantuan dan pembangunan di berbagai konteks lintas-budaya atau berkontribusi pada organisasi-organisasi nirlaba dan gereja-gereja yang berfokus pada misi.

Lihat Detail

Pendidikan Agama Kristen

Jurusan Pendidikan Agama Kristen adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan calon pendidik yang memiliki pemahaman mendalam tentang ajaran dan nilai-nilai agama Kristen. Tujuan utama dari jurusan ini adalah mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa agar dapat memberikan pendidikan agama Kristen dengan efektif. Pemahaman mendalam terhadap ajaran-ajaran fundamental dalam Kekristenan, termasuk doktrin-doktrin pokok seperti Tritunggal, Kristologi, Pneumatologi, dan etika Kristen. Studi intensif tentang Alkitab, termasuk metode eksegese untuk memahami dan menginterpretasikan teks-teks Alkitab dengan benar. Mahasiswa belajar untuk mengajarkan dan menerapkan pesan-pesan Alkitab dalam konteks pendidikan. Lulusan dari jurusan Pendidikan Agama Kristen diharapkan dapat menjadi pendidik agama Kristen yang berkualitas, mampu memimpin siswa ke dalam pemahaman dan penghayatan ajaran Kristen. Mereka dapat bekerja di sekolah-sekolah Kristen, lembaga-lembaga pendidikan agama Kristen, gereja, atau terlibat dalam pekerjaan pelayanan dan pengembangan masyarakat Kristen. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan studi ke tingkat lanjut atau terlibat dalam pengembangan program pendidikan agama Kristen.

Lihat Detail

Bimbingan Dan Konseling Kristen

Jurusan Bimbingan dan Konseling Kristen adalah program studi yang menggabungkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling dengan perspektif dan nilai-nilai Kristen. Program ini dirancang untuk mempersiapkan calon konselor yang dapat memberikan dukungan rohaniah dan konseling yang sesuai dengan ajaran dan etika Kristen. Mahasiswa mempelajari teori-teori bimbingan dan konseling, termasuk pendekatan kognitif, behavioral, humanistik, dan psikoanalisis. Mereka juga memahami prinsip-prinsip etika dalaLulusan dari jurusan Bimbingan dan Konseling Kristen diharapkan dapat menggabungkan pengetahuan dan keterampilan konseling dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Kristen untuk memberikan pelayanan konseling yang holistik dan mendalam. Mereka dapat bekerja di gereja, lembaga pendidikan Kristen, lembaga konseling, atau membuka praktik konseling rohaniah mereka sendiri. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan studi ke tingkat lanjut atau terlibat dalam penelitian dan pengembangan di bidang bimbingan dan konseling Kristen.

Lihat Detail

Pastoral Konseling

urusan Pastoral Konseling adalah program studi yang menggabungkan prinsip-prinsip konseling dengan pandangan dan nilai-nilai pastoral, khususnya dalam konteks keagamaan. Fokus utama dari jurusan ini adalah mempersiapkan calon konselor pastoral yang dapat memberikan bimbingan dan dukungan konseling dengan memperhatikan dimensi spiritual dan rohaniah. Mahasiswa belajar teori-teori konseling dan teknik-teknik bimbingan, termasuk pendekatan kognitif, behavioral, humanistik, dan psikoanalitis. Mereka juga memahami etika konseling dan prinsip-prinsip dasar dalam membina hubungan konseling yang sehat. Lulusan dari jurusan Pastoral Konseling diharapkan dapat menjadi konselor pastoral yang kompeten, mampu memberikan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan dimensi spiritual dan rohaniah. Mereka dapat bekerja di gereja, lembaga keagamaan, lembaga kesehatan mental, atau membuka praktik konseling pastoral mereka sendiri. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan studi ke tingkat lanjut atau terlibat dalam penelitian dan pengembangan di bidang pastoral konseling.

Lihat Detail

Manajemen Pendidikan Kristen

Jurusan Manajemen Pendidikan Kristen adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan calon pemimpin atau manajer dalam konteks pendidikan Kristen. Tujuan utama dari jurusan ini adalah mengembangkan keterampilan kepemimpinan, manajerial, dan administratif yang dibutuhkan untuk mengelola lembaga-lembaga pendidikan Kristen dengan efektif. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip dasar manajemen, termasuk perencanaan strategis, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan, dan evaluasi. Ini mencakup penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam konteks pendidikan Kristen. Lulusan dari jurusan Manajemen Pendidikan Kristen diharapkan dapat mengelola lembaga-lembaga pendidikan Kristen dengan visi Kristen yang kuat, memimpin dengan integritas, dan memastikan bahwa nilai-nilai Kristen tercermin dalam seluruh aspek operasional lembaga pendidikan. Mereka dapat bekerja sebagai kepala sekolah, administrator pendidikan, atau manajer di berbagai lembaga pendidikan Kristen atau organisasi-organisasi terkait. Selain itu, mereka juga dapat terlibat dalam konsultasi pendidikan Kristen atau melanjutkan studi ke tingkat lanjut di bidang manajemen atau pendidikan Kristen.

Lihat Detail

Pendidikan Musik Gereja

Jurusan Pendidikan Musik Gereja adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan calon musisi dan pemimpin musik di lingkungan gereja. Tujuan utama dari jurusan ini adalah mengembangkan pemahaman mendalam tentang musik rohani, kekristenan, dan kemampuan praktis dalam memimpin dan mengelola musik dalam konteks keagamaan. Pemahaman tentang peran dan makna musik dalam konteks kekristenan. Mahasiswa mempelajari dasar-dasar teologi musik, memahami cara musik dapat menyampaikan pesan keagamaan, dan menggabungkan prinsip-prinsip teologi dalam pengembangan musik gereja. Lulusan dari jurusan Pendidikan Musik Gereja diharapkan dapat menjadi pemimpin musik yang terampil dan berkomitmen di lingkungan gereja. Mereka dapat menangani peran musik dalam konteks keagamaan dengan pemahaman mendalam tentang aspek teologis dan praktis. Karir potensial melibatkan pelayanan musik di gereja, lembaga keagamaan, atau pendidikan musik gereja di sekolah atau lembaga pendidikan tinggi. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan studi ke tingkat lanjut atau terlibat dalam produksi musik gereja secara profesional.

Lihat Detail
Halaman 1 dari 2

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat