logo

Politeknik Tempo

Lokasi Kota Jakarta Selatan
Jenis Swasta
Akreditasi Belum Terakreditasi
Ajukan Pendaftaran

Tentang Kampus

Yuk, kenalan dan temukan info yang perlu kamu tahu tentang kampus impianmu!

Politeknik Tempo Jakarta didirikan oleh PT Tempo Inti Media Tbk., bersama para tokoh pendidikan, bisnis, dan industri melalui Yayasan Rumah Edukasi Tempo. Pendirian politeknik ini didasari oleh keinginan untuk ikut serta mengatasi kesenjangan (gap) yang terus terjadi antara lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jumlah lulusan perguruan tinggi melimpah, kesempatan kerja sebetulnya juga cukup banyak. Sayangnya, tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi masih besar. Rendahnya keterampilan dan kemampuan teknis seringkali menjadi ganjalan dunia kerja untuk merekrut lulusan perguruan tinggi.

Selain itu, pendirian Politeknik Tempo juga diilhami cita-cita agung yang tertera dalam UUD 1945: "...memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa..." Pemerintah tak mungkin sendirian menanggung tugas mulia itu. Atas dasar beberapa alasan tersebut, Yayasan Rumah Edukasi Tempo membangun sebuah perguruan tinggi yang diharapkan mampu menjawab tantangan kesenjangan itu atau yang kita kenal dengan istilah "Link & Match". Karena itulah, bentuk politeknik yang dipilih, bukan universitas atau institut. Sistem pembelajaran politeknik yang 60 persen praktik terbukti andal untuk melahirkan lulusan yang punya keahlian teknis disamping pengetahuan teoritis.

Dengan latar belakang pengalaman bisnis di industri media selama 50 tahun, dan sokongan para tokoh yang sudah malang melintang di dunia pendidikan, bisnis, dan industri, Politeknik Tempo berharap dapat menularkan pengetahuan dan best practices kepada para calon mahasiswa. Itu sebabnya, tiga program studi yang kami pilih berkaitan erat dengan bisnis Tempo Inti Media karena kami memiliki pengalaman dan kompetensi, yakni: Desain Media, Produksi Media, dan Manajemen Pemasaran Internasional.

Kompetisi, perkembangan sebuah perusahaan atau lembaga, bisnis atau produk baru, aksi-aksi korporasi, terutama juga krisis yang tak jarang menerpa sebuah perusahaan atau lembaga pemerintah, memerlukan solusi komunikasi total, tidak hanya dalam bentuk konvensional, tapi tentu saja juga dalam platform digital. Tidak hanya dalam bentuk teks, tapi juga video, infografik, motion graphics, atau videografik. Kami ingin mahasiswa Politeknik Tempo mampu menangkap peluang bisnis seperti itu, juga bagi mereka yang ingin membangun usaha sendiri.

Dunia bisnis saat ini juga sudah sangat terdisrupsi oleh kemajuan teknologi digital, dan pada saat yang sama, pasar atau konsumen kian didominasi kaum milenial dan Gen Z yang sejak lahir sudah sangat karib dengan dunia digital. Informasi, hiburan, games, keuangan, dan sebut apa saja, semuanya sudah serba digital dan bisa diunduh dengan mudah melalui gadget kita, baik smartphone atau tablet. Konsumen makin terbiasa dengan e-commerce atau uang elektronik.

Politeknik Tempo Jakarta hadir memberikan solusi bagi kaum muda yang berpikir jauh ke depan, kreatif, mandiri, dan siap kerja.

Program Studi

Temukan beragam program studi yang tersedia di Politeknik Tempo.

Desain Media

Jurusan Desain Media adalah program pendidikan tinggi yang menyelidiki kreativitas, teknologi, dan konsep desain dalam konteks media digital. Mahasiswa dalam program ini dipersiapkan untuk mengembangkan keterampilan dalam mendesain konten visual, grafis, interaktif, dan multimedia yang efektif untuk berbagai platform media modern. Memahami prinsip-prinsip dasar desain grafis dan multimedia, termasuk komposisi, tipografi, warna, dan hierarki visual. Mempelajari teknik-teknik desain grafis untuk pengembangan materi promosi, identitas merek, publikasi, dan media cetak lainnya. Program Jurusan Desain Media bertujuan untuk melatih mahasiswa menjadi desainer yang kreatif, berpengetahuan luas, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren desain yang terus berubah. Para lulusan diharapkan dapat bekerja dalam berbagai industri, termasuk periklanan, penerbitan, industri kreatif, produksi multimedia, desain web, dan lain-lain.

Lihat Detail

Produksi Media

Jurusan Produksi Media adalah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam produksi konten media yang berkualitas tinggi untuk berbagai platform, termasuk televisi, film, radio, dan media digital. Program ini mencakup berbagai aspek produksi media, mulai dari perencanaan dan pengembangan ide hingga produksi, post-produksi, dan distribusi. Memahami prinsip-prinsip dasar dalam produksi media, termasuk konsep naratif, penulisan skenario, dan peran produksi dalam proses kreatif. Mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar yang efektif, termasuk pencahayaan, framing, komposisi visual, dan penggunaan peralatan kamera. Program Jurusan Produksi Media bertujuan untuk melatih para profesional yang memiliki kemampuan kreatif dan teknis dalam produksi konten media yang beragam. Para lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai produser, sutradara, editor, penulis, dan profesional media lainnya di berbagai industri media, termasuk televisi, film, radio, dan media digital.

Lihat Detail

Manajemen Pemasaran Internasional

Jurusan Manajemen Pemasaran Internasional adalah program pendidikan tinggi yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan bisnis global. Program ini fokus pada konsep-konsep pemasaran yang berlaku secara internasional dan strategi bisnis yang diperlukan untuk beroperasi di pasar global yang semakin kompleks dan terhubung. Memahami konsep-konsep dasar dalam pemasaran, termasuk perilaku konsumen, segmentasi pasar, branding, dan promosi. Mempelajari dinamika ekonomi global, perdagangan internasional, kebijakan perdagangan, dan faktor-faktor yang memengaruhi pasar global. Program Jurusan Manajemen Pemasaran Internasional bertujuan untuk melatih para profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang pasar global dan keterampilan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses di tingkat internasional. Para lulusan diharapkan dapat bekerja dalam berbagai peran pemasaran internasional, termasuk manajer pemasaran global, analis pasar internasional, atau konsultan bisnis internasional.

Lihat Detail

Jalur Pendaftaran

Mau kuliah tapi bingung soal jalur pendaftaran? Lihat opsi-opsinya di sini, biar makin yakin!

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat