D3 - Kesekretariatan
Universitas Jember
Akreditasi
Baik Sekali
Tentang Program Studi
Yuk, cari tahu tentang D3 - Kesekretariatan di Universitas Jember
Program Diploma III (D3) Kesekretariatan adalah sebuah program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menjadi seorang sekretaris yang profesional dan terampil dalam mengelola tugas-tugas administratif, koordinasi, dan komunikasi di berbagai jenis organisasi. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam manajemen kantor, pengelolaan jadwal, komunikasi interpersonal, serta penguasaan teknologi informasi yang relevan. Mahasiswa juga akan mempelajari etika bisnis, protokol perusahaan, organisasi acara, serta pengelolaan dokumen dan informasi.
Selama studi, mahasiswa akan dilatih dalam keterampilan teknis seperti mengetik cepat, menyusun laporan, serta mengelola database dan sistem pengarsipan. Mereka akan belajar tentang cara menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi dalam lingkungan kerja, serta mengelola komunikasi internal dan eksternal secara efektif. Selain itu, mahasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk melaksanakan magang di perusahaan atau lembaga di mana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari. Setelah menyelesaikan studi, lulusan diharapkan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja sebagai sekretaris atau asisten administratif di berbagai jenis organisasi, termasuk perusahaan swasta, lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, atau praktik profesi.
Rekomendasi Jurusan
Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati
Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id
Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu.
Yuk, ikuti tesnya!
Yuk, ikuti tesnya!