logo

D3 - Akuntansi

Universitas Sangga Buana

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - Akuntansi di Universitas Sangga Buana

"Program studi Akuntansi adalah sebuah program akademik yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan mengelola informasi keuangan suatu entitas, baik itu perusahaan, organisasi nirlaba, atau lembaga pemerintah. Program ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam bidang akuntansi untuk menjadi profesional yang kompeten dalam merekam, menganalisis, menginterpretasi, dan melaporkan informasi keuangan yang relevan dan akurat. Kurikulum program studi Akuntansi mencakup mata kuliah yang mencakup dasar-dasar akuntansi, seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, audit, perpajakan, sistem informasi akuntansi, hukum bisnis, ekonomi, dan etika profesi akuntan. Kurikulum ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip dasar akuntansi dan aplikasinya dalam berbagai konteks bisnis. Mahasiswa dalam program ini terlibat dalam berbagai metode pembelajaran, termasuk kuliah, studi kasus, diskusi, analisis laporan keuangan, penugasan individu dan kelompok, serta pengalaman praktis melalui studi lapangan atau magang di perusahaan akuntansi atau departemen keuangan. Program ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami dan menerapkan standar akuntansi yang relevan, seperti standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK), standar pelaporan keuangan internasional (IFRS), dan peraturan perpajakan yang berlaku. Program studi Akuntansi memainkan peran penting dalam mendukung keberhasilan bisnis dan organisasi dengan menyediakan informasi keuangan yang relevan dan akurat untuk pengambilan keputusan yang baik dan berkelanjutan."

Visi:

Menjadi Program Studi terapan yang unggul pada bidang Akuntansi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berwawasan global serta berbasis kewirausahaan dilingkup nasional.

Misi:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan terapan yang unggul dengan kompetensi di bidang   Pelaporan Keuangan dan Perpajakan yang mengikuti perkembangan bisnis dan memanfaatkan teknologi informasi  dengan didukung tenaga  pengajar yang memiliki sertifikasi kompetensi serta sarana laboratorium yang dapat menunjang  keilmuan secara praktikal.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Penelitian Produk berupa Laporan Keuangan, Pelaporan 
  3. Perpajakan, Sistem Informasi Akuntansi, baik manual  maupun komputerisasi yang dapat memberi sumbangan teori dan praktik guna memperkuat pendidikan terapan berbasis kewirausahaan.
  4. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terkait keilmuan Akuntansi serta pengembangan keterampilan di bidang Kewirausahaan yang berguna bagi masyarakat.
  5. Mewujudkan kerjasama antar lembaga/ instansi baik di dalam maupun di luar negeri terkait pencapaian kompetensi serta penyerapan luluasan. 

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat