logo

S1 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir

IAIN Ternate

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir di IAIN Ternate

Ilmu al-Qur'an dan Tafsir adalah satu disiplin ilmu pengetahuan agama yang secara epistemologis berbeda dengan ilmu pengetahuan Islam lainnya.

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Ternate berdiri dengan Nomor SK Pendirian : Dj.I/614/2009, adapun tanggal SK Pendirian pada tanggal 22 Oktober 2009 yang ditandatangani oleh Direktur JenderalPendidikan Islam. Program Stusdi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ternate mulai diselenggarakan pada bulan Juni 2010 dengan jumlah mahasiswa 5 orang.

Visi:

Visi Program Studi IAT :

Menjadi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis Riset dalam pengembangan Masyarakat Islam Kepulauan pada tahun 2028

Misi:

Misi Program Studi IAT :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis riset dalam pengembangan Masyarakat Islam Kepulauan
  2. Menyelenggarakan Penelitian dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis riset dalam pengembangan Masyarakat Islam Kepulauan
  3. Menyelenggaran Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis riset dalam pengembangan Masyarakat Islam Kepulauan
  4. Menyelenggarakan kerja sama dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis riset dalam pengambangan Masyarakat Islam Kepulauan

Kompetensi:

  1. Mufasir Pemula
  2. Akademisi  Bidang Al-Qur’an dan Tafsir
  3. Asisten Peneliti Al- Qur’an, Tafsir dan Sosial Keagamaan

Capaian Pembelajaran:

A. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kpd Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
  2. Menjunjung tinggi nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Menunjukkan sikap taat  hukum dan disiplin  dalam kehidupan  bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung  jawab atas  pekerjaan  di bidang keahlianya secara mandiri;
  10. Menginternalisasikan semangat kemandirian,  kejuangan  dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
  11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di di masyarakat dan di negara;
  12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu  kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
  13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
  14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi  (adaptability), fleksibiltas  (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
  15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
  16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas penafsiran alqur’an dan pengembangannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan;
  17. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi  (adaptability), fleksibiltas  (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas; pekerjaan di bidang penafsiran Al-Qur’an dan pengembangannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan;
  18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan  dan inovasi dalam bidang  pengembangan  keilmuan  Al-Qur’an dan penafsirannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan

B. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Pengetahuan

  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam  komunitas  akademik  dan non akademik;
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah  integrasi  keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
  8. Menguasai pengetahuan tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan tafsir untuk membaca dan memahami tafsir Al-Qur’an secara baik dan tepat;
  9. Menguasai pengetahuan tentang metodologi penafsiran Al-Quran dan beragam aliran tafsir;
  10. Menguasai pengetahuan tentang sejarah Al-Qur’an dan tafsir serta perkembangan tafsir di nusantara;
  11. Menguasai ilmu alat berupa bahasa Arab untuk membaca dan memahami tafsir Al-Qur’an secara baik dan tepat.

C. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja  dengan  pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian  hasil  kerja  kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan,  dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi,  media  dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;
  13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
  14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
  15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik

D. CapaianPembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus

  1. Mampu mendesain dan mengembangkan syi’ar dan pemahaman kandungan Al-Qur’an dan tafsirnya berbasis teknologi informasi;
  2. Mampu mendesain aplikasi berdasarkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kaitan dengan ayat-ayat al-Qur’an dan tafsirnya dalam bentuk digital sesuai dengan kemajuan teknologi informasi;
  3. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ketentuan ilmu qira’at dan ilmu tajwid
  4. Mampu menerjemahkan al-Qur’an berdasarkan kaidah bahasa dan kaidah penerjemahan;
  5. Mampu menghafal al-Qur’an minimal dua juz selain juz 30 dalam al-Qur’an;
  6. Mampu membaca ragam kitab tafsir al-Qur’an dari sumber aslinya;
  7. Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsirnya dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  8. Mampu menyebarluaskan al-Qur’an  dan  tafsirnya  kepada masyarakat dalam rangka syi’ar agama di dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Sekolah
Saat mendengar nama jurusan ini kamu mungkin bingung karena tidak familiar. Pada dasarnya jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan bidang studi yang memfokuskan pada pendidikan di luar lingkungan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. Pendidikan luar sekolah mencakup kegiatan pembelajaran di luar kelas, seperti pendidikan masyarakat, pelatihan keterampilan, dan berbagai bentuk pendidikan non-formal lainnya. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai tingkatan. Kamu akan diajarkan untuk memahami diversitas peserta didik, baik dari segi usia, latar belakang, maupun kebutuhan pendidikan mereka. Kreatif dan inovatif merupakan sifat yang dibutuhkan dalam jurusan ini. Kamu akan menerapkan teknologi, seni, dan pendekatan partisipatif dalam desain dan implementasi program-program pendidikan. Dalam pengembangan keterampilan tersebut, kamu juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pendidikan, sosiologi, dan psikologi yang relevan dengan konteks pendidikan di luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menyentuh aspek formal pembelajaran, tetapi juga mengakui nilai dan potensi pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan menjadi fasilitator pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Oleh karena itu, jurusan Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menawarkan wawasan mendalam tentang pendidikan, tetapi juga menantang mahasiswa untuk menjadi inovator dan pemimpin yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di luar batas dinding kelas formal.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program studi yang bertujuan mendidik calon guru untuk tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang khusus sesuai dengan kebutuhan pendidikan Islam pada tingkat awal perkembangan anak. Kamu juga akan diajarkan untuk memahami kurikulum pendidikan Islam, metode pengajaran yang efektif, serta strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di tingkat pendidikan dasar. Program studi ini tidak hanya memberikan dasar-dasar umum pendidikan, tetapi juga menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu fokus utama jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pengembangan karakter dan moral siswa sesuai dengan ajaran Islam. Kamu akan didorong untuk menjadi panutan moral, memahami etika mengajar, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran sehari-hari. Kamu juga diajak untuk mengenali dan mengelola beragam kebutuhan belajar siswa, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Dengan pengembangan keterampilan pedagogis yang kokoh, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip Islam, dan kesadaran akan nilai-nilai pendidikan Islam, lulusan jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas, menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan, dan berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda sesuai dengan ajaran agama Islam.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat