logo

S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Prodi Pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar (SD).

Program Studi PGMI Suryalaya berdiri sejak tanggal 10 Juli 2007 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam nomor Dj.I/257/2007 tertanggal 10 Juli 2007.  Pada tahun 2010 PGMI terkreditasi “C” dengan SK BAN PT Nomor : 15/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2010 tertanggal 27 Agustus 2010, Tahun 2014 terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN PT Nomor : 483/SK/BAN-PT/Akred/S1/XII/2014 dan tahun 2020 terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN PT Nomor : 2171/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

Pimpinan Program PGMI Suryalaya Masa Khidmat 2021 -2025

Ketua Prodi                      : Nana Suryana, S.Ag. M.Pd.

Sekretaris Prodi                : Jonari Hanafi, M.Pd.

Ketua Lab. Microteaching            : Nita Anjung Munggaran, M.Pd.

Staf Administrasi              : Solihah Rohayani                                           :

Alamat                              : Kampus IAILM Suryalaya

Tasikmalaya Kode  Pos 46158 Telepon 0265 455808.

www.iailm.ac.id. http//pgmi.iailm.ac.id.

email: pgmisuryalaya@gmail.com 

Fb. PGMI  Suryalaya.IG : pgmiiailmsuryalaya_official

Visi:

Menjadi Program Studi Unggul dalam Menghasilkan Guru MI/SD Profesional  Berkarakter Sufistik pada tahun 2030 Tingkat Nasional.

Penjelasan Visi :

  1. Unggul : Lulusan Program Studi PGMI mampu bersaing dengan lulusan Prodi PGMI di luar IAILM dalam hal serapan dunia kerja.

  2. Berkarakter sufistik adalah sarjana pendidikan yang memiliki jiwa Spiritual, Utilitas, Futuristik, Integritas, Salik, Tawasut, dan Khidmat.

  3. Tahun 2030 adalah tahun target pencapaian visi dan misi.

  4. Tingkat Nasional : Wilayah pencapaian

 

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang mampu menghasilkan guru madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar (MI/SD) yang profesional berkarakter sufistik.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan yang inovatif dan akomodatif khususnya pada bidang pendidikan dasar (MI/SD) berkarakter sufistik.
  3. Menyebarluaskan gagasan, pengalaman, serta temuan-temuan inovatif, akomodatif, dan disiplin ilmu pendidikan dasar untuk kemajuan masyarakat, terutama dunia pendidikan.
  4. Membangun kemitraan dan kerja sama di tingkat lokal, regional, dan nasional, yang relevan dengan peningkatan mutu pendidikan guru MI/SD.

Kompetensi:

  1. Pendidik/Praktisi Pendidikan (Guru SD/MI).
  2. Assisten Peneliti.
  3. Pengembang Bahan Ajar.

Capaian Pembelajaran:

Guru SD/MI Profesional, Penulis Bahan Ajar SD/MI, Asisten Peneliti Pendidikan Dasar

Biaya Kuliah

Cek beragam biaya kuliah di Program Studi ini mulai dari pendaftaran hingga biaya semesternya, yuk!

Penasaran dengan biaya kuliah di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah?
Untuk melihat info detailnya, daftar atau masuk ke Maukuliah dulu, yuk!
Masuk atau Daftar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Ilmu Agama Islam
Ilmu Agama Islam merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mengkaji secara mendalam ajaran, nilai, dan norma dalam agama Islam. Fokus utamanya adalah pemahaman terhadap ajaran Islam sebagai suatu sistem kepercayaan, moralitas, dan pandangan hidup. Di jurusan in kamu akan lebih mendalami Ilmu Agama dengan memahami Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama hukum dan pedoman hidup umat Islam. Selain itu, kamu juga akan mendalami sejarah perkembangan Islam, pemikiran ulama, dan berbagai aspek kehidupan sosial-keagamaan dalam konteks keberagaman dan pluralisme. Jurusan ini tidak hanya menawarkan pemahaman teoritis, tetapi juga mendorong untuk mengembangkan keterampilan praktis, seperti keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan analisis. Kamu akan belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari, serta memahami isu-isu kontemporer yang relevan dengan kehidupan umat Islam saat ini. Selain itu, kamu juga dapat memilih bidang spesialisasi seperti studi tafsir, fiqh, sejarah kebudayaan Islam, atau studi perbandingan agama. Pentingnya Ilmu Agama Islam tidak hanya terbatas pada lingkup akademis, tetapi juga memiliki dampak signifikan dalam membentuk karakter dan etika seseorang. Melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam, lulusan Ilmu Agama Islam diharapkan dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, mempromosikan toleransi, saling penghargaan, dan kerjasama antarumat beragama.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program studi yang bertujuan mendidik calon guru untuk tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang khusus sesuai dengan kebutuhan pendidikan Islam pada tingkat awal perkembangan anak. Kamu juga akan diajarkan untuk memahami kurikulum pendidikan Islam, metode pengajaran yang efektif, serta strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di tingkat pendidikan dasar. Program studi ini tidak hanya memberikan dasar-dasar umum pendidikan, tetapi juga menitikberatkan pada pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu fokus utama jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah pengembangan karakter dan moral siswa sesuai dengan ajaran Islam. Kamu akan didorong untuk menjadi panutan moral, memahami etika mengajar, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran sehari-hari. Kamu juga diajak untuk mengenali dan mengelola beragam kebutuhan belajar siswa, termasuk yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Dengan pengembangan keterampilan pedagogis yang kokoh, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip Islam, dan kesadaran akan nilai-nilai pendidikan Islam, lulusan jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas, menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan, dan berkontribusi dalam membentuk karakter generasi muda sesuai dengan ajaran agama Islam.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Sekolah
Saat mendengar nama jurusan ini kamu mungkin bingung karena tidak familiar. Pada dasarnya jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan bidang studi yang memfokuskan pada pendidikan di luar lingkungan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. Pendidikan luar sekolah mencakup kegiatan pembelajaran di luar kelas, seperti pendidikan masyarakat, pelatihan keterampilan, dan berbagai bentuk pendidikan non-formal lainnya. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai tingkatan. Kamu akan diajarkan untuk memahami diversitas peserta didik, baik dari segi usia, latar belakang, maupun kebutuhan pendidikan mereka. Kreatif dan inovatif merupakan sifat yang dibutuhkan dalam jurusan ini. Kamu akan menerapkan teknologi, seni, dan pendekatan partisipatif dalam desain dan implementasi program-program pendidikan. Dalam pengembangan keterampilan tersebut, kamu juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pendidikan, sosiologi, dan psikologi yang relevan dengan konteks pendidikan di luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menyentuh aspek formal pembelajaran, tetapi juga mengakui nilai dan potensi pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan menjadi fasilitator pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Oleh karena itu, jurusan Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menawarkan wawasan mendalam tentang pendidikan, tetapi juga menantang mahasiswa untuk menjadi inovator dan pemimpin yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di luar batas dinding kelas formal.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat