image
image

Persiapkan kuliah dengan mudah ,
raih masa depan cerah
bersama Maukuliah.id

Mau kuliah di kampus favorit?

Temukan kampus yang banyak diminati dengan reputasi baik, lulusan berkualitas, dan prospek kerja yang cerah

university
Swasta
logo
Universitas Haji Sumatera Utara
Setelah diresmikannya Rumah Sakit Haji Medan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1992, yang masa itu ketua umum panitia pembangunan rumah sakit haji medan adalah Raja Inal Siregar (alm), yang juga Gubernur Sumatera Utara pada masa jabatannya,seiring telah dibukanya rumah sakit haji medan para pendiri terutama bapak Raja inal siregar (aml) berkeinginan membuka Sekolah Akademi Keperawatan (AKPER) dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan para perawat (SPK) yang ada di Rumah Sakit Haji Medan pada khususnya dan perawat (SPK) Sumatera Utara pada umumnya.   Untuk mendirikan suatu sekolah harus mempunyai lembaga yang berbentuk yayasan, sedangkan Rumah Sakit Haji Medan belum berbentuk yayasan namun masih panitia pembangunan. Atas izin dan instruksi Raja Inal Siregar (aml), pada tahun 1994 dibentuklah Yayasan Akademi Perawat Rumah Sakit Haji Medan oleh Notaris Ny. Chairani Bustami, S.H dengan Akte Nomor. 118 Tanggal 28 Juni 1994 tentang YAYASAN AKADEMI PERAWAT RUMAH SAKIT HAJI MEDAN dengan susunan pengurus sebagai berikut:   Setalah berdirinya Yayasan Akademi Perawat Rumah Sakit Haji Medan dan di bentuknya Akademi Keperawatan Rumah Sakit Haji Medan dengan izin pertama melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan Nomor: HK.00.06.1.1.3056 pada tanggal 19 Juli 1994 yang ditanda tangani oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Drs. Noegroho Imam Santoso, SKM.   Tahun 2002, Yayasan Akper RS Haji Medan menambah satu program studi yaitu Akademi Kebidanan dengan izin Mendiknas Nomor 179/D/O/2002. Pada tahun 2003. Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa institusi kesehatan harus berada dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), oleh sebab itu pada tahun 2003 Yayasan Akper RS Haji Medan melaksanakan alih bina dari Departemen Kesehatan (DepKes) ke Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).   Yayasan akper RS Haji Medan telah mengelola 2 institusi yang berbeda yaitu, akademi keperawatan dan akademi kebidanan, dimana keduanya berada dibawah Yayasan Akper RS Haji Medan, dan atas konsolidasi yang dilakukan sudah tidak sesuai nama yayasan tersebut. Untuk itu, pada tahun 2005 dilakukan perubahan nama yayasan dari Yayasan Akper RS Haji Medan menjadi Yayasan Pendidikan RS Haji Medan.   Pesatnya perkembangan pendidikan kesehatan pada masa itu dan banyaknya peminat masyarakat dibidang kesehatan membuat yayasan termotivasi untuk menambah program studi pada bidang kesehatan dengan merubah bentuk dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan dengan Nomor izin SK 252/D/O/2008 yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti dengan menambah 2 program studi baru, dimana terjadi perubahan nama program studi, sebagai berikut : Akademi Keperawatan menjadi Program Studi D.III.Keperawatan Akademi Kebidanan menjadi Program Studi D.III.Kebidanan Sebagai tambahan, Program Studi Ilmu Keperawatan (strata sarjana), dan Program Studi D.IV Bidan Pendidik Selanjutnya pada tahun 2013 diterimanya SK profesi Ners dengan Nomor 529/E/O/2013.   Sesuai dengan Surat Edaran Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.15 Tahun 2017, bahwasanya penamaan program studi D.IV Bidan Pendidik harus diubah menjadi Program studi Sarjana Sains Terapan Kebidanan. Dengan demikian Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara melakukan perubahan nama program Studi D.IV Bidan Pendidik menjadi Program Studi Sarjana Sains Terapan Kebidanan dengan Nomor: 764/KPT/I/2018.   Sesuai dengan Peraturan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penggabungan dan Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta, maka Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara melakukan penggabungan STIKes Nurliana kepada STIKes RS Haji Medan sekaligus melakukan perubahan bentuk menjadi Universitas dengan nama Universitas Haji Sumatera Utara dengan Nomor 382/M/2020, Tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan di Kota Medan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurliana Medan di Kota Medan menjadi Universitas Haji Sumatera Utama di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara Yang diselenggarakan Oleh Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara.   Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara menambah 3 program Studi Baru, yaitu; Program Studi Hukum, Manajemen dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dengan demikian Universitas Haji Sumatera Utara mengelola 2 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ekonomi, Sosial dan Pendidikan dengan 10 Program Studi, yaitu : Program Studi Ilmu Keperawatan (Strata 1) Program Pendidikan Ners, Program Studi Sarjana Kebidanan (Strata 1) Program Studi Farmasi (Strata 1) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Strata 1) Program Studi Hukum (Strata 1) Program Studi Ekonomi Manajemen (Strata 1) Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (Strata 1) Program Studi DIII Kebidanan dan Program Studi DIII Keperawatan.
university
Swasta
logo
Institut Teknologi Calvin
Di tengah jaman modern yang telah dipengaruhi oleh filsafat pragmatisme, nilai manusia telah diukur dari produktifitas dan nilai ekonomi yang dapat dia berikan. Perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menciptakan pekerja-pekerja terampil yang siap bersaing di dalam dunia kerja. Bekerja memang adalah aspek penting di dalam hidup, tetapi hidup tidak dapat direduksi ke dalam aspek bekerja saja. Lulusan perguruan tinggi tidak lagi dipersiapkan untuk suatu kehidupan yang lebih luas. Hal ini memang tidak mungkin karena pendidikan tinggi modern telah membiarkan dirinya terfragmentasi oleh filsafat sekularisme dan relativisme. Lebih disayangkan lagi, Kekristenan yang dangkal tidak lagi merasa mungkin untuk menjawab tantangan sekularisme dan relativisme ini dan lebih memilih untuk menarik dirinya dari segala kemungkinan memberikan peran yang penting dan relevan di dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Meyakini bahwa usaha mengejar pengetahuan tidak dapat dipisahkan dari iman Kristen, Calvin Institute of Technology berkomitmen untuk menghadirkan penguruan tinggi Kristen Reformed dengan keunggulan akademis tanpa mengkompromikan iman. Sebagai pendidikan tinggi Kristen Reformed, Calvin Institute of Technology tidak hanya mempersiapkan anak didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang terkini serta mengekspos mereka terhadap perkembangan teknologi yang termutakhir melalui kesempatan riset dan magang (internship) yang relevan. Lebih dari pada itu, melalui Reformed Liberal Arts Curriculum, Calvin Institute of Technology mencetak anak didik yang berbudaya, berwawasan luas, dan memiliki cara berpikir yang komprehensif, integratif, dan lintas disiplin (interdisipliner). Pendidikan kognitif harus disertai dengan pembentukan karakter. Program social works disiapkan untuk mengembangkan empati dari anak didik agar timbul kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar mereka. Dosen adalah anak-anak Tuhan yang telah dipersiapkan untuk menjadi mentor hidup bagi setiap anak didik sehingga interaksi antara dosen dan anak didik terjadi baik di dalam maupun di luar kelas. Kehidupan dormitory menjadi wadah yang membentuk anak didik di dalam kehidupan bersama. Ibadah dan persekutuan akan senantiasa mewarnai kehidupan spiritualitas setiap anak didik. Lahir dari pergumulan Pdt. Dr. (H.C.) Stephen Tong, Calvin Institute of Technology hadir sebagai perguruan tinggi Kristen Reformed yang akan mendatangkan shalom penebusan Kristus di jaman Revolusi Industri 4.0 melalui pemimpin, akademisi, dan profesional yang akan memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia dan dunia.
university
Swasta
logo
Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat
Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan Negara yang termaktub dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945. Sebagai salah satu komponen pendiri Bangsa Indonesia, Muhammadiyah berkewajiban turut mencerdaskan kehidupan bangsa bersama komponen-kompenen lain di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah amar makruf nahi munkar dengan maksud dan tujuan menegakan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya bersumber pada Al-Qur’an dan Sunah Rasul. Pendidikan merupakan salah satu kegiatan untuk mencapai tujuan Persyarikatan Muhammadiyah. Falsafah pendidikan dalam pandangan Muhammadiyah adalah penyiapan lingkungan yang memungkinkan seseorang tumbuh sebagai manusia yang menyadari kehadiran Allah SWT sebagai Rabb dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS). Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat (ITEKES MU KALBAR) merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor: 589/E/O/2022 tanggal 18 Agustus 2022, yang merupakan konversi dari STIK yang didirikan pada tahun 2006 berdasarkan izin dari Mendiknas Nomor: 88/D/0/2006, tanggal 15 Juni 2006. STIK ini juga merupakan konversi dari Akademi Keperawatan Muhammadiyah Pontianak yang berdiri pada tahun 1992 oleh Persyarikatan Muhammadiyah Pontianak dengan program studi Diploma III Keperawatan dibawah naungan Departemen Kesehatan, yang saat itu memiliki dua program studi yaitu Program studi Ners terdiri dari atas Tahap Akademik dan Tahap Profesi Keperawatan serta Diploma III Keperawatan. Perkembangan dan Kebutuhan serta Peluang kerja, memotivasi untuk melakukan transformasi/perubahan bentuk menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah (ITEKES MU) Kalimantan Barat serta berupaya secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas sumber daya lulusan. Untuk mencapai visi dan menjalankan misinya, ITEKES MU Kalimantan Barat menyelenggarakan kewajiban caturdharma hingga menghasilkan lulusan yang berkualitas melalui proses yang terintegrasi antara pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, Al Islam dan Kemuhammadiyahan. ITEKES MU Kalimantan Barat memegang prinsip-prinsip tatakelola institusi yang Baik (Good University Governance) dan nilai-nilai budaya organisasi yang telah ditetapkan yaitu amanah dan tanggungjawab, kebersamaan, kejujuran, kedisiplinan, keadilan, mawas diri, tulus ikhlas, kepedulian, serta profesionalitas. Pendidikan yang dilakukan berupa pendidikan sarjana keperawatan dengan program studi keperawatan terdiri atas Diploma III, Sarjana, Profesi (Ners) dan Magister, serta program studi Bioteknologi dan program studi Administrasi Kesehatan. Melalui program studi ini akan memberikan dasar atau pondasi pendidikan melalui kiat, ilmu, seni, perilaku, biofisika, dan program pendidikan ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis, bertanggung jawab, dan berkomunikasi secara efektif, terarah, dan terukur. Hal ini sesuai dengan Motto yang berbunyi; ”Profesional, Islami dan Kompetitif ”. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, saat ini telah dikembangkan metode tutorial dan metode lainnya yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menganalisa materi pembelajaran. Pendidikan tidak hanya meliputi pembelajaran di kelas dan laboratorium tetapi juga dilakukan di lapangan atau lahan praktik seperti Klinik atau Balai Pengobatan, Puskemas, dan Rumah Sakit, Komunitas, Perusahaan serta lembaga dan instansi pemerintah dan swasta yang dapat mendukung pencapaian kompetensi. Pendidikan ini berlandaskan dan bercerminkan kepada Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Sedangkan Praktek profesional adalah merupakan proses pembelajaran klinis yang terus menerus dilakukan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. ITEKES MU Kalimantan Barat adalah amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi yang berupaya untuk mencetak kader Muhammadiyah yang cerdas, Islami dan profesional demi kemajuan dan kemaslahatan umat manusia. Oleh karena itu, ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan fungsi, tugas dan tanggungjawabnya harus berpedoman kepada Statuta. Berkenaan dengan hal tersebut, dipandang perlu disusun Statuta ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat sebagai pedoman untuk penyusunan Rencana Induk Pengembangan, Rencana Strategis, pengembangan Peraturan Umum, Peraturan Akademik dan Prosedur Operasional yang berlaku dalam rangka penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam kerangka upaya pencapaian tujuan pendidikan tinggi Muhammadiyah.
university
Swasta
logo
Universitas Islam Ahmad Dahlan
Muhammadiyah Sinjai sejak tahun 1967 dibawah kepemimpinan bapak Muhammad Syurkati Said mulai memasuki bidang Amal Usaha di Lapangan Perguruan Tinggi dengan membuka FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) cabang dari Unismuh Makassar dan berhasil mendidik sampai Sarjana Muda dengan Gelar BA kepada beberapa praktisi pendidikan di Kabupaten Sinjai pada saat itu. Namun mereka hanya melaksanakan perkuliahan di gedung tua milik Muhammadiyah sendiri yang dibangun pada tahun 1935. Sampai hari ini, bangunan tersebut dapat difungsikan dan telah direnovasi tahun 2012. Sarjana-sarjana tersebut sebagian besar melanjutkan pendidikan sampai menyandang sarjana lengkap (Drs). sehingga dapat berkelayakan sebagaimana istilah sekarang. Karena peraturan dan perundang-undangan menghendaki ketika itu bahwa mahasiswa harus mengikuti ujian di Makassar dan tidak dibenarkan lagi ada Perguruan Tinggi yang berstatus cabang/kelas jauh maka FIB Unismuh Makassar cabang Sinjai dilebur ke induknya akibat adanya aturan itu. Dengan demikian maka guru dan alumni SLTA yang berminat melanjutkan pendidikan atau ingin menambah ilmunya mengalami kesulitan,beberapa tahun kemudian Muhammadiyah Bone dan Bulukumba membuka/mendirikan STIKPMuhammadiyah, sehingga para pendidik (guru) yang berminat untuk menambah tingkat pendidikannya memilih antara STIKP. Muhammadiyah Bone atau STIKP Muhammadiyah Bulukumba dan Makassar. Muhammadiyah Sinjai memahami kondisi itu, maka pengurus berusaha kembali untuk membuka perkuliahan dan yang berhasil dibuka adalah Fakultas Tarbiyah Unismuh Makassar cabang Sinjai pada tahun 1974, dua tahun kemudian pada tahun 1976 baru memperoleh Izin Operasional status terdaftar dari Menteri Agama RI dengan surat keputusan Nomor: Kep/D.5110/1976 tanggal 15 April 1976, jurusan pendidikan Agama Islam Program Sarjana Muda. Pada tahun 1986, Rektor Unismuh Makassar memberikan kesempatan untuk berdiri sendiri sehingga kesempatan itu dipergunakan dengan baik oleh Muhammadiyah Sinjai dengan merubah nama dari Fakultas Tarbiyah Unismuh Makassar cabang Sinjai menjadi Institut Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sinjai, jurusan Pendidikan Agama Islam program sarjana strata satu (S1) dan telah berdiri sendiri dan memperoleh Izin Operasional Menteri Agama RI. Status terdaftar dengan surat Keputusan Nomor: 61/1990 tanggal 25 April 1990. Pada tahun 1995, karena tuntutan dan peraturan pemerintah dalam hal ini Departemen Agama RI bahwa semua perguruan tinggi di bawah naungan Departemen Agama RI harus menyesuaikan diri dengan peraturan itu.sehingga INSTITUT ILMU TARBIYAH (STIT) Muhammadiyah sinjai berubah nama menjadi SEKOLAH TINGGIAGAMA ISLAM” (STAI) Muhammadiyah sinjai dengan menambah jurusan lagi, sehingga STAI Muhammadiyah Sinjai pada saat itu memiliki 2(dua) Program Studi strata satu (S1) yaitu: 1) Pendidikan Agama Islam (PAI)dan 2) Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).STAIM beralih status menjadi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6722 Tahun 2015 tanggal 24 November 2015, yang berkedudukan di Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan, didirikan untuk batas waktu yang tidak ditentukan.Sesuai dengan surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 226/1995 tanggal 16 juni 1995 tentang perubahan nama dan izin Operasional pembukaan jurusan serta pemberian status terdaftar kedua jurusan yang dimiliki tersebut.Periodisasikepemimpinan mulai dari tahun 1974 sampai sekarang adalah Salam Basyah SH tahun 1974-1976, Drs. H. M. Amir said tahun 1976-1982, Drs. H. Zainuddin Fatbang tahun 1982-1983, Drs. H. Amir Said tahun 1983-1986, Drs. A. Muh Nur Parolai tahun 1986-2004, Drs. A. Mucthar Mappatoba, M.Pd tahun 2005-2010, Muh. Judrah, S.Ag, M.Pd.I tahun 2010-2014, dan Dr.Firdaus, M.Ag tahun 2014-2018. Pada tahun 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam muhammadiyah Sinjai menjadi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjaidan rector pertama adalah Dr. Firdaus, M.Ag, masa jabatan 2016-2020.
Lihat Kampus Lainnya

Mau kuliah di kota impian?

Cek daftar kampus favorit di kota impianmu di sini, yuk!

Lihat Kota Lainnya

Jurusan kuliah terpopuler

Temukan beragam jurusan yang paling diminati

Lihat Jurusan Lainnya

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang

Mengapa mempersiapkan kuliah di Maukuliah.id?

pros

Banyak pilihan kampus

Pilih kampus impianmu dari > 3.000 kampus di Indonesia. Mulai dari kampus negeri, swasta, hingga kedinasan semua ada di Maukuliah.id.

pros

Mudah mengajukan pendaftaran

Mengajukan pendaftaran di banyak kampus jadi lebih mudah dan cepat di Maukuliah.id, yang sudah terintegrasi dengan beragam layanan SEVIMA.

pros

Akses di mana pun, kapan pun

Mempersiapkan kuliah kini lebih mudah dan fleksibel di Maukuliah.id yang mudah diakses agar tidak ketinggalan info terbaru.

Ketahui prospek karier incaranmu

Sudah tahu mau jadi apa setelah lulus kuliah? Cek prospek karier dan estimasi gajinya di sini

job
Teknologi Informasi
Profesi di bidang Teknologi Informasi (TI) merupakan ujung tombak dalam era digital modern. Profesi ini berperan dalam pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem teknologi yang mendukung operasional dan inovasi di berbagai sektor. Profesi Teknologi Informasi melibatkan pengelolaan dan penerapan teknologi komputer, jaringan, dan sistem informasi untuk mendukung tujuan bisnis atau organisasi. Profesional TI berfokus pada pemecahan masalah teknologi, keamanan informasi, dan pengelolaan data untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Tanggung jawab di dalam profesi TI sangat bervariasi. Para administrator sistem bertanggung jawab untuk memastikan bahwa infrastruktur TI suatu organisasi berjalan dengan lancar, termasuk server, jaringan, dan perangkat keras lainnya. Pengembang perangkat lunak merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik organisasi atau pengguna. Ahli keamanan informasi berfokus pada melindungi data dan sistem dari ancaman siber, serta mengimplementasikan kebijakan keamanan yang efektif. Analis data dan administrator basis data berkonsentrasi pada pengelolaan dan analisis data untuk memberikan wawasan yang berharga kepada organisasi. Skill yang dibutuhkan di dalam profesi TI mencakup keahlian teknis seperti pemrograman, administrasi sistem, dan keamanan siber. Kemampuan analitis dan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah teknologi yang kompleks. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi juga menjadi kunci, terutama ketika bekerja dengan pengguna non-teknis atau tim lintas fungsional. Kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat sangat penting dalam dunia TI yang dinamis. Secara keseluruhan, profesi Teknologi Informasi bukan hanya tentang pemahaman teknologi, tetapi juga tentang kemampuan untuk menggabungkan teknologi tersebut dengan kebutuhan bisnis dan strategi organisasi. Para profesional TI berperan sebagai penggerak inovasi, membantu organisasi untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman.
Lihat Karier Lainnya

Temukan inspirasi untuk kuliahmu

Baca tips dan berita seputar perkuliahan untuk mendukung persiapan kuliahmu

article
Artikel Terbaru

Mengenal Tes Bakat Holland RIASEC: Arti, Jenis, dan Template Tesnya

Lihat Artikel Lainnya

Baru! SEVIMA CRM untuk Operator Perguruan Tinggi.

Raih target mahasiswa baru bersama SEVIMA CRM. Dapatkan analisis data
akurat dan insight berharga untuk strategi pemasaran yang efektif.
Pelajari Lebih Lanjut
mascot
Menu
Profil
Riwayat